Mblusuk Demi Mie Des Khas Pundong "Pak Yono"

10/25/2015
Mie Des yang kepanjangannya adalah Bakmie Pedes, yang menjadi salah satu kuliner khas Jogja, berasal dari salah satu daerah di Bantul bernama Pundong. Di daerah Pundong inilah Mie unik yang bahan bakunya berasal dari pati ketela ini tercipta dan menjadi salah satu ciri khas kuliner malam di Jogja bagian selatan. 


Bentuk mie des ini lebih besar dari mie pada umumnya dan sekilas mirip kwetiaw. Soal rasa, mie ini lebih kenyal dan padat sehingga makan mie des sungguh mengenyangkan. Karena beberapa waktu terakhir mie des sedang booming, saya mencoba mencari dimana pelopor mie des khas pundong ini berasal, dan akhirnya saya menemukan warungnya yakni mie des "Pak Yono".

Mie Des "Pak Yono" berlokasi di sebelah utara pasar Pundong. Ancer-ancernya jika dari jalan Parangtritis lurus saja keselatan sampai menemukan Rumah Sakit Rahma Husada di kiri jalan, nah setelah rumah sakit ada jalan masuk ke kiri ikuti saja jalan tersebut hingga mencapai pasar Pundong. Warung "Pak Yono" berada 100 meter sebelum pasar atau kiri jalan jika dari utara.

Pak Yono membuat mie des dengan bahan baku pati ketela, ketela yang banyak ditanam di daerah pundong menjadi cikal bakal inovasi pembuatan mie des. Pak Yono membuka warungnya dari pukul 17.00 sore hingga tengah malam. Antrian cukup lumayan banyak namun dengan cekatan Pak Yono melayani pembeli dengan cukup cepat, memang temnpat yang kurang begitu luas  yang menjadi kendala di warung Pak Yono.

Pak Yono hanya menyajikan dua varian olahan mie des, yakni Mie Des Goreng dan Mie Des Godog. Setelah mencoba keduanya saya lebih suka mie des goreng yang tentunya saya tambah kepedesannya dengan cabai kering homemade yang disediakan Pak Yono sebagai penambah pedas. 

Pak Yono hanya mematok sepiring mie des dengan harga Rp 7.000,- saja, dan harga minuman yang juga cuma Rp 2.000,-an. Murah dengan kenikmatan unik dari mie des khas Pundong ini. Dan tentunya jangan terpaku dengan harga murah porsi pasti sedikit. Porsi mie des Pak Yono lumayan banyak dengan harga semurah itu. Niat ingin mencoba semua olahan mie des, saya kualahan menghabiskan satu mie des goreng dan satu mie des godog.

Nah jika ingin mencoba, jelajahilah daerah Bantul atau Jogja selatan, mie des ini akan anda temukan. Tapi jika mau yang rasa asli dan pelopor, cobalah Mie Des Khas Pundong "Pak Yono".




Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
28 Oktober 2015 14.50 delete

Sayang bukanya malem, mo nyepeda ke sini mesti NR.

Reply
avatar
28 Oktober 2015 22.00 delete

jogja ini kulinernya makin banyaaakk ^o^... aku udh kebayang pedesnya ini mie mas.... jd penginnnn....

Reply
avatar
29 Oktober 2015 08.32 delete

Rapopo mas NR aku tak melu maneh :D

Reply
avatar
29 Oktober 2015 08.33 delete

Ayo dicoba.. sekalian blusukan :D

Reply
avatar
2 November 2015 10.15 delete

Bantul ini ternayat banyak banget kuliner nya, tapi aku masih terhanyut sama sate klatak hehehe

Reply
avatar
4 November 2015 14.25 delete

Lain kali ke Jogja ke Sate Klatak Kang Bari om, Pak Pongnya kan udah...

Reply
avatar