Nostalgia Es Jadul di Tepi Sawah

10/28/2015
Suatu siang yang terik, saya dan temen saya mengitari kota Jogja yang super panas. Namanya ya tugas kantor, hal yang sangat tidak menyenangkan harus saya dan temen saya lakukan. Padahal sejatinya ruangan ac nan dingin adalah ruangan kerja saya, apa boleh buat karena juga ada niatan ditraktir temen, saya ikut dia muter-muter.


Pikiran saya terfokus pada hal yang menyegarkan saat saya ditanya mau makan siang dengan apa. Ya, es dingin dengan semangkuk bakso atau mie ayam sangat cocok untuk siang yang ganas ini.

Melintasi daerah Janti, temen saya langsung kepikiran sebuah warung di tepi sawah. Warung bakso dan mie ayam yang katanya lumayan enak, tidak terlalu spesial sih katanya menu utamanya tapi ada satu menu yang patut dicoba, yakni Es Gosrok Tape. Wah itukan minuman jadul, klasik dan tempo dulu! Tanpa pikir panjang saya iyakan ajakan teman untuk menuju warung tersebut.

Tidak benar-benar pinggir sawah sebetulnya, warung ini berada di daerah belakang kampus AKAKOM Janti di pojok sebuah perempatan kecil yang juga tembus ke JEC jika terus keselatan. Mungkin, dulunya disekitar warung tersebut adalah hamparan sawah luas. Kini yang tersisa hanya sedikit sawah karena beberapa bagian terganti oleh bangunan rumah. Tapi warung tersebut tetap menggunakan nama warung mie ayam bakso pinggir sawah.

Sampai diwarung saya pesan mie ayam bakso sebagai menu utama dan tak lupa es gosrok tape yang legendaris dikalangan anak 90an. Bener, rasa mie ayam bakso hanya dalam taraf lumayan (biasa saja), tapi yang istimewa Es Tapenya begitu sejuk ditenggorokan. Manis yang pas, serat-serat tape yang lembut dan nikmat. Harga segelaspun cuma 3000 rupiah, murah dengan kesegaran dan memori kenangan jadul yang kita dapatkan.

Nah ingin coba juga? Ancer-ancernya Kampus AKAKOM Janti ke selatan sampai menemukan perempatan nah di pojok barat-selatan warung ini dapat ditemukan. Oh iya, warung ini tutup pada hari minggu. Oke, selamat mencoba.


Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
28 Oktober 2015 14.49 delete

Aku jajal tenan ini besok habis Jum'atan :D

Reply
avatar
29 Oktober 2015 08.30 delete

Ho o mas nyobo jajal, seger tenan es tape gosrok e

Reply
avatar
30 Oktober 2015 18.12 delete

wah es tape gosrok, baru denger kali ini :D kalau es gosrok dulu sering beli waktu kecil, tapi ya pake sirup, bukan pake tape :D

Reply
avatar
2 November 2015 10.13 delete

Es tape seger banget kalo lagi panas2 kemarau gini

Reply
avatar
4 November 2015 18.25 delete

Mas, saya jadi kepengen es tape gegera baca tulisan ini :D

Reply
avatar
5 November 2015 13.26 delete

Sekarang kalau yg itu belinya di burjo madura hehe.. mirip cuman ada kedelai sama ketannya :D

Reply
avatar