Lontong Tahu Blora Bu Puji Yang Menggelora

11/12/2015
Suatu sore menjelang pulang kerja saya diajak teman kantor untuk icip-icip Lontong Tahu Blora "Bu Puji" yang kata dia istimewa. Sebelumnya saya sudah mencoba kuliner Kupat Tahu Telor Si Mbok, dan katanya lontong tahu Blora ini miriplah dengan tahu Gimbal Si Mbok tadi, kombinasi tahu dan telur digoreng yang disajikan dengan bumbu kacang. Lokasi warung yang dituju, berada di Jalan Kompol Suprapto, lebih tepatnya warung "Bu Puji" ini berada di seberang SPBU Lempuyangan.

Menu di Lontong Tahu Blora "Bu Puji"

Walau kelihatan hampir sama tentu tetep dong ada bedanya, yang pertama kuliner lontong tahu ini berasal dari Blora (ya iyalah...) lalu "tahu" yang digunakan sedikit lebih besar dan kelihatan utuh ketimbang tahu gimbal. Jadi "tahu"nya bener-bener ada didalam telor yang digoreng beda dengan tahu gimbal yang "tahu" dan telurnya tercampur seperti orak-arik. Lalu yang membedakan lagi lontong tahu Blora ini tidak ada krupuk sebagai pelengkap (yah...), cuman ada tambahan jeruk nipis di bumbu biar ada rasa asem-asemnya gitu deh. Jadi komposisi lengkap lontong tahu Blora adalah lontong, tahu berbalut telor, tauge, kol, kacang tanah, bawang goreng yang disiram dengan saus kacang yang diberi peresan jeruk nipis.

Cekatan banget Mbaknya.
Penyajian lontong tahu Blora "Bu Puji" cukup menarik, dengan gerobak panggul khas daerah yang sengaja ditaruh di tengah warung membuat kita dapat melihat proses peracikan lontong tahu Blora ini, jadi suasana warungnya kelihatan lebih klasik dan jadul. Mbak yang menyajikan cukup cekatan, terserah kita mau bumbunya berasa normal, pedes, pedes banget, bebas. Tidak perlu cukup waktu lama untuk membuat bumbu lontong tahu Blora pesanan kami, oh iya karena tutup jam 3 dan kami datang mepet jam tersebut maka saat itu kami memutuskan untuk bungkus pesenan kami, yang sedikit agak lama hanya proses penggorengan "tahu" dan telornya.

Cepet bumbunya, goreng tahu+telornya yang lama.

Nunggu telornya mateng, "agak" lama.

Bahan membuat bumbu yang dipakai.
Suasana warung Lontong Tahu Blora Bu Puji.
Sekitar 10 menitan akhirnya pesenan kami selesai juga. Lontong pesanan kami dibungkus dengan cekatan oleh mas-mas pegawai warung tersebut. Waktunya bayar, urusan temen saya dong, dia yang traktir (matur nuwun hehe). Harga satu porsinya cuman 13 ribu rupiah saja, ya masih bisa dibilang tidak begitu mahal. Sekilas sebelum pulang saya lihat di papan menu ternyata minuman di warung ini ada Teh Nasgitelnya, wah agak sedikit nyesel harus dibungkus, kan teh Nasgitel itu enaknya luar biasa tapi ya udah mepet jam tutup, bisa kapan-kapanlah balik lagi.

Terpaksa harus dibungkus.
Rasa tahu Blora kalau orang melihat komposisi-nya pasti mengira akan sama saja dengan kuliner "tahu" lainnya. Namun tetep ada bedanya loh, ya walaupun tetep harus merasakan semua varian kuliner "tahu". Yang bikin beda "tahu" dan telor di lontong tahu Blora ini lebih keliatan serta bumbu yang rasanya ada asem-asemnya karena dicampur dengan peresan jeruk nipis yang tentunya bikin nambah seger. Wislah ayo dicoba, selamat mencari lontong tahu Blora "Bu Puji".

Salam.

Lontong Tahu Blora "Bu Puji"
Alamat: Jalan Kompol Bambang Suprapto (Seberang SPBU Lempuyangan)
Jam Buka: 8.00 - 15.00 WIB
Koordinat GPS: -7.7907326,110.3800153,17z

Karena dibungkus maka nggak punya foto pas disajikan, nah kira-kira Lontong Tahu Blora "Bu Puji" kayak gini. Foto: www.hungerranger.com






Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
12 November 2015 14.49 delete

Duh mantep jam segini liat makanan lapeeeeer :G

Reply
avatar
12 November 2015 15.05 delete

Hahaha sama, aku juga malah laper...

Reply
avatar
12 November 2015 15.13 delete

Duhhhh mantep banget. Btw teh nasgitel itu apa ya?

Reply
avatar
12 November 2015 18.13 delete

Wohooo enak banget nih mas, ngiler liat foto terakhirnya. Di Jakarta ada gak yaa..

Reply
avatar
12 November 2015 19.17 delete

Teh Nasgitel itu singkatan dari teh yang panas wangi legi kentel.. jadi Teh Panas Manis agak sepet gitu...

Reply
avatar
13 November 2015 10.25 delete

Duh jam segini liat makanan yang enak bawaan'a jadi pengen makan :)

Reply
avatar