Ice Cream ala Kolonial di Toko “OEN” Malang

3/31/2016
Kota Malang yang dulunya menjadi tempat tinggal petinggi Belanda pada jamannya masih menyisakan beberapa tempat yang masih bisa kita temui. Ada salah satu tempat tersebut yang menjajakan Ice Cream dan panganan yang jadi favorit warga kolonial jaman dahulu. 


Yaitu Toko “OEN”, toko yang berada di sebelah utara alun-alun kota Malang ini masih eksis berdiri hingga saat ini untuk mengenalkan kita kuliner favorit bangsa kolonial jaman dulu dengan suasana yang masih dipertahankan keklasikannya. Bangunan masih dipertahankan bentuknya hingga kini.

Toko “OEN” berdiri dari tahun 1930, dan hingga sekarang bangunan dan sebagian yang ada didalamnya masih dipertahankan. Awal berdiri, pemilik mendirikan outlet di Yogyakarta, namun kemudian tutup hingga tersisa cabang yang berada di Semarang dan Malang ini. Dan dalam perkembangannya Toko “OEN” di Malanglah yang masih bisa bertahan hingga saat ini.

Di depan toko OEN Malang
Untuk menuju Toko “OEN” jika kita berangkat dari alun-alun Balaikota Malang yang berada dekat stasiun, kita dapat berjalan kaki ke selatan melalui jalan Majapahit yang kira-kira sekitar 10 menit berjalan. Atau kita dapat menuju alun-alun kota Malang dahulu, dan arahkan langkah ke utara alun-alun kota maka Toko “OEN” sudah terlihat, intinya toko ini cukup mudah untuk dicari.

Spanduk yang artinya selamat datang di Malang

Daftar menu yang klasik.

Meja-kursi di toko OEN
Kesan klasik akan terasa saat masuk toko ini. Perabotan yang jadul, dan suara musik kolonial yang menjadi latar toko ini akan membuat kita membayangkan bagaimana orang-orang kolonial dahulu menikmati sajian di sebuah restoran. Saat itu saya datang cukup pagi pukul 9, dan belum banyak orang yang datang. Hanya dua orang turis asing yang juga ikut menjajal makan di restoran ini.

Saya di Toko “OEN” Malang hanya mencoba 2 Es Krim saja, yang satu bernama “OEN” Special karena katanya paling hits di toko ini dan yang satu hehe… saya lupa namanya, tapi ada tambahan jagung manis di sela-sela Ice Creamnya. Untuk rasa Ice Cream lembut dan manis, dan penataannya yang cukup cantik. Sayang porsi nggak saya banget, maklum saya agak doyan makan banyak. Tapi kesimpulan okelah untuk tempat yang dapat diceritakan ke temen-temen.

OEN Special

Corn Ice Cream


Share this

Content Creator, Founder @nyetritbareng, Admin @kopi.web.id, 5th Place Winner APWI Kemenpar 2018 & 4th Place Winner APWI Kemenpar 2019.

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
20 Desember, 2016 18:53 delete

Saya pernah mampir ke Toko Oen, harganya lumayan mahal utk ukuran kantong saya hehehe ....

Reply
avatar
03 Januari, 2017 09:58 delete

Sekali-kali gpp om hehehehehe

Reply
avatar
11 September, 2018 10:56 delete

Resto ini sangat vintage. Suasana tempo doeloe nya sangat terasa. Dan ini yg dicari banyak pelanggan di resto ini. Selain tempat yg vintage, menu makanannya pun juga klasik banget... es krim nya juga sangat jadul.... we love it....

travel malang jember

Reply
avatar

Add your comment EmoticonEmoticon