Pertama Kali Ikut Acara Komunitas Blogger Jogja Road Blog 10 Cities

4/20/2016
Suatu sore saat menemani istri belanja di swalayan, sambil scroll beranda facebook saya menemukan poster acara blog yang menarik. Acaranya adalah akhir pekan dan mumpung saya juga lagi semangat-semangatnya untuk ikut acara blog maka saya langsung tanpa basa-basi mendaftar acara tersebut. Walau dengan handphone saya mendaftar untung saja saya tidak telat. 


Sejam setelah saya daftar, kuota kabarnya langsung penuh. Temen yang saya beritahu saja tidak kebagian, mungkin saya pendaftar ke 90 sekian karena kuota hanya pas maksimal di 100 peserta. Kabarnya dalam waktu 4 jam saja pendaftaran acara ini sudah penuh. Entah 4 jam itu hitungan total share di facebook atau total sisa-sisa jatah peserta umum yang belum masuk komunitas (abaikan).

Acara ini berlangsung pada Sabtu 16 April 2016 bertempat di Hotel Neo Malioboro. Saya datang tepat pukul 08.00 di Hotel Neo, sempat kesulitan mendapat parkir mobil karena tentu saja hotel dekat-dekat Malioboro sumpeknya bukan main untuk urusan parkir. Selesai parkir, saya langsung menuju lobby hotel untuk bertanya dimana SkyLounge yang menjadi lokasi acara.

Oh iya, saya datang bersama anak perempuan saya, Ranum. Agak repot juga sih ikut acara sambil menggendong, tapi tak apalah. Sampai meja registrasi saya mengambil goodie bag yang dibagikan. Didalamnya terdapat buku catatan, pensil, ballpoint dan tanda peserta acara. Jam menunjukan pukul 08.30 belum ada tanda-tanda acara aka dimulai, peserta hanya dipersilahkan untuk mengambil snack yang telah disediakan. Malah tanda-tanda Ranum mulai ngantuk terlihat.

Saya dan Ranum
Hampir jam 09.00 terpaksa saya pulang meninggalkan acara yang belum juga mulai. Ranum mulai mengantuk alias rewel. Untung saja jalan pulang tidak terlalu padat dan Ranum akhirnya tidur dipelukan saya. Buset, bayangkan nyetir mobil sambil pelukan. Sampai rumah Ranum malah melek dan sepertinya sudah tidak ngantuk lagi, hadeh, yo wis terpaksa saya dirumah sambil WhatsApp teman saya yang ada di acara siapa tahu ada info-info.

Pukul 11.00 ibu saya pulang. Saya bergegas menuju acara yang masih berlangsung. Kemungkinan sampai sana langsung makan siang. Sampai disana ternyata sesi sponsor dari Pegadaian baru akan mulai. Sebelum itu dari Traveloka dan Lembaga Sensor Film Indonesia, ternyata saya hanya melewatkan dua sesi tersebut. Jelas, acara ini fix molor menurut saya.

Poster Acara
Sesi pegadaian diisi dengan promosi produk tabungan emas dari pegadaian. Siapa yang pernah melakukan transaksi apapun, entah itu gadai atau menabung dipersilahkan menunjukan bukti untuk mendapat voucher senilai Rp50.000 dari pegadaian. Sempat senang dan kemudian saya mengurungkan niat walau sudah membawa surat gadai milik ibu saya. Ternyata voucher hanya digunakan untuk tabungan emas, yah.

Selesai sesi pegadaian akhirnya makan-makan. Makan siang kali ini adalah prasmanan. Menu hotel Neo terlihat sangat-sangat biasa banget menurut saya. Kurang begitu menarik dan rasa yang masih standar. Beberapa puding dan kue sebagai penutup pun saya icip tidak sebanding dengan mewahnya hotel. Hmmm perlu ganti chefnya menurut saya, ini saran.

Istirahat yang hampir 1,5 jam tentu membuat acara ini semakin molor. Menurut MC acara akan dilanjut pukul 01.00 namun pukul 01.30 baru mulai. Acara masih masuk dalam sesi sponsor, yaelah kapan mulai nih acara utama. Kali ini diisi oleh Bank Sinarmas. Bank yang lumayan jarang sih. Nah Bank Sinarmas menawarkan produk Tabungan Online, yaitu tabungan tanpa buku tabungan. Jadi kita hanya diberi kartu ATM dengan admin bulanan yang cukup murah yakni Rp6.000 saja.

Di sesi ini paling menarik menurut saya. Ya jelas karena siapa yang bertanya dan pertanyaan paling ciamik akan dapat 1 buah Mifi dari Smartfren, Sinarmas dan Smartfren kan satu grup perusahaan kan ya. Beberapa peserta dengan sigap mengangkat tangannya. Dengan deg-degan saya pun mengangkat tangan, namun berulang kali juga saya kalah cepat.

Saya sudah menyiapkan senjata pertanyaan saya. Berharap peserta lain tidak menanyakan pertanyaan yang sama dengan saya. Saya tahu kalau di PlayStore Bank Sinarmas memiliki aplikasi, nah saya buru-buru download dan mengexplore aplikasi yang bernama SiMobi ini. Mencari bahan untuk pertanyaan, nah disitulah kreatifnya saya hehe (bangga).

Tiba giliran saya, akhirnya batin saya. Saya sedikit grogi karena terlalu lama menanti giliran bertanya. Yang saya tanyakan adalah apa maksud dengan Bayar dengan QR. Aslinya saya tahu karena pasti itu adalah belanja namun pembayaran dengan cukup scan QR namun peserta lain belum menanyakan dan pastinya pertanyaan saya akan meningkatkan iklan dari Bank Sinarmas ini.

Benar saja, setelah selesai sesi Bank Sinarmas nama saya dipanggil didepan. Dengan muka pura-pura terkejut dan blo'on saya maju kedepan. Alhamdulillah Mifi ditangan, pikiran saya sudah berangan-angan jual kesiapa ya. Terimakasih Bank Sinarmas, terus maju dan berinovasi ya. Mau tak mau saya akhirnya juga mendaftar akun di Bank Sinarmas, malu dong menang doorprize tapi gak punya akun Bank Sinarmas.

Terimakasih Bank Sinarmas *salim

Sepanjang sisa acara sepertinya wajah saya semakin berbinar, cerah pokoknya. Lha bagaimana tidak, beraangkat siang, makan terus dapat hadiah. Yang sudah berjam-jam menunggu malah zonk, ya deh saya nggak pinter-pinter amat Adsense, SEO, atau Optimalisasi Blog, tapi untuk kuis ya saya sedikit jago hahaha.

Acara dilanjut dengan coffee break. Peserta istirahat sambil ngobrol-ngobrol dan berkenalan. Saya sibuk untuk mendaftar akun di stand Bank Sinarmas. Selesai mendaftar saya mengambil teh panas yang disediakan, lagi-lagi snack cofee break tidak membuat saya tertarik. Yaelah, hotel gede gini kok biasa aja sih.

Mendaftar Bank Sinarmas di stand, free materai dan Rp50.000 di rekening.
Acara setelah coffe break giliran sesi dari Genflix. Genflix ini semacam media streaming untuk menonton. Tiap peserta diberi free 1 bulan untuk menjajal Genflix secara gratis. Boleh deh menurut saya, tapi sampai sekarang saya belum mencoba juga, nanti coba. Sesi Genflix ini yang paling singkat, tapi paling to the point. Singkat, padat, jelas. Mungkin karena durasi yang semakin mepet kali ya.

Acara dilanjut pukul 03.00 diselingi beberapa games oleh MC, dan saya baru tahu ternyata moderator adalah mbak Indah July, seorang blogger dan penggagas Emak2Blogger, wuih keren. Acara dari pagi jam 08.00 baru sekitar jam 03.00 acara inti dimulai, gimana kebayang gak molornya. Mas Sutoro sebagai pembicara pertama berdiri didepan untuk memberi ilmu soal SEO.

Mas Sutoro tampil didepan.
SEO ini penting menurut mas Sutoro yang visitornya hampir 20.000 setiap hari di 1 blognya, padahal dia punya 5 blog, eh buset luar biasa! Visitor saya 100 orang per hari aja bersyukur. Mas Sutoro bisa sampai 20.000. Pelan-pelan sambil dihiasi sorak sorai peserta mas Sutoro menjelaskan apa itu SEO. Saya sedikit was-was karena sudah hampir pukul 04.00, waktu untuk menjemput istri saya.

Karena fix sudah tidak bisa lanjut saya pulang saat sesi mas Sutoro, sayang sekali tidak bisa sampai selesai. Saya juga melewatkan sesi mbak Carolina yang katanya membahas tentang Viral Marketing. Ah, ya sudah lain kali semoga bisa bertemu. Pamitan saya dihadiahi sertifikat dan voucher Traveloka. Sungguh baik benar para panitia.

Acara ini memberi saya banyak banget yang harus saya bawa pulang. Kesan saya di acara Road Blog 10 Cities ini begitu keren, lokasi keren, pembicara keren, konsumsinya saja yang nggak keren. Komunitas Bogger Jogja juga apik sebagai tuan rumah, walau sedikit catatan soal molornya itu loh. Semoga ini kelak ada lagi karena saya siap ikutan lagi. Terimkasih Komunitas Blogger Jogja yang mengajak acara ini, terimakasih Excite sebagai penyelenggara acara!

Oleh-oleh acara, komplit kan.



Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
4 Mei 2016 16.57 delete

Meski gak bagus, gak sesuai dan molor tapi syukur ya menang. Tuhan maha adil ya :)

Reply
avatar
30 September 2016 19.45 delete

info info untuk gabung komunitas blogger jogja gimana si mas ? =D

Reply
avatar
31 Oktober 2016 01.55 delete

waahhh kepengen ikut jugaaa :'(

Reply
avatar
13 Januari 2017 09.07 delete

Hehe.. Seneng banget baca artikel ini :D lumayan Nambah Ladang Bacaan

Reply
avatar
15 Januari 2017 13.40 delete

Ikut grup KBJ di Facebook mas

Reply
avatar