Berendam Melepas Gerah di Kedung Cumplung

5/11/2016
Masih di sekitar Grojogan Kedung Tolok Selopamioro Imogiri, lebih tepatnya berada naik diatas Grojogan Kedung Tolok. Terdapat kolam air yang sangat cocok untuk berendam dikala terik, nama kolam tersebut adalah Kedung Cumplung. Kedung Cumplung ini memang sangat cocok untuk nyemplung karena air yang lumayan jernih.


Air yang lumayan jernih ini karena terdapat aliran air terjun yang selalu mengalir dan langsung mengalir juga kebawah kolam. Kedalaman air pada papan tulisan 1,5 meter, namun saat saya mencoba ada cekungan sedalam hampir 2 meter di salah satu pojok kolam. Tak perlu khawatir, kolam masih tergolong aman karena luas bagian terdalam tidak terlalu lebar.

Kedung Cumplung dengan kedalaman hingga 2 meter
Air yang mengaliri kedung cumplung ini mirip perosotan yang sering kita jumpai di kolam renang. Jika air sedang sedikit deras kita bisa perosotan diatasnya dan langsung nyebur ke Kedung Cumplung ini. Kederasan air memang tidak menentu, karena debit air termasuk musiman. Namun saat itu rasanya cukup puas melepas gerah di Kedung Cumplung ini.

Perosotan Kedung Cumplung
Seorang anak yang sudah mencoba perosotan
Yang membuat kotor Kedung Cumplung biasanya dedaunan yang jatuh dari pohon sekitar atau anak-anak yang bermain diatas aliran air sehingga membuat air keruh. Seharusnya memang dipasang rambu-rambu agar pengunjung tidak membuat keruh pada aliran air atau kebersihan sekitar selalu dijaga oleh pengelola, mengingat potensi yang ada pada obyek wisata Kedung Cumplung.

Anak-anak ketagihan perosotan
Banner nama Kedung Cumplung yang seadanya.
Selain perosotan dan kolam air, di Kedung Cumplung juga terdapat air terjun kecil yang memanjang. Air terjun ini sangat fotoable. Kesan alami dan segar terpancar dari air terjun ini. Lebar air terjun ini sekitar 8 meter dengan tinggi sekitar 1-1,5 meter. Jika kolam air ramai, air terjun ini siap menjadi alternatif.

Air terjung di Kedung Cumplung
Terlihat alami
Untuk lebih lengkapnya simak video (sangat) amatir dari saya dibawah ini. Dan mari lanjut berendam!


Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
11 Mei 2016 10.43 delete

kurang ombo go salto tempate e...ha..ha..

Reply
avatar
11 Mei 2016 12.31 delete

Keren banget tempatnya, jadi pengen.

Reply
avatar
11 Mei 2016 17.47 delete

Sayang ya keruh mas, semoga masyarakat di sana pada merawatnya. Ohya, udah ikutan lomba blog Paybill.id? Katanya menarik hadiahnya hehe ini link-nya http://bit.ly/SatuBlogPaybill Semoga beruntung!

Reply
avatar