Terjepit di Kedung Gupet

5/12/2016
Kedung Gupet ini berlokasi diatas Kedung Tolok dan Kedung Cumplung, tentunya masih di desa Selopamioro Imogiri. Potensi desa Selopamioro memang tidak ada habisnya, selain kearifan lokal pedesaan, wilayahnya ternyata memiliki wisata air yang bagus dan berpotensi.


Kedung Gupet memiliki kolam paling kecil dibandingkan dua kedung yang saya sebutkan tadi. Keunikan dari Kedung Gupet ini adalah kolamnya yang berbentuk mirip dengan bathup kamar mandi. Saya yang mencoba untuk berendam merasakan seperti terjepit di kolam tersebut.


Karena hanya seukuran bathup maka kolam Kedung Gupet hanya muat untuk satu orang saja. Dan kedalamannya pun tidak dalam, hanya sekitar 1/2 meter saja. Namun yang menarik di Kedung Gupet ini adalah aliran air yang cukup deras diatas kolam. Sehingga kita bisa bersandar sambil menikmati derasnya air yang mengalir di pundak.

Saya dan beberapa teman bersandar sambil dipijat oleh aliran air yang mengalir deras. Untuk membuat air mengalir semakin deras, sebagian dari kami menutup aliran air pada bagian atas dengan badan, lalu jika dirasa air sudah cukup tertahan maka dengan berpindah posisi maka air yang tertahan tadi akan meluncur deras ke bawah.


Beberapa anak kecil melakukan hal tersebut juga kepada teman mereka. Bagi yang belum pernah ke Kedung Gupet, hal ini menjadi keisengan bagi mereka karena pasti akan kaget dengan air yang tiba-tiba jatuh deras. Saya melihat ada yang sampai terjungkal karena keisengan teman-temannya. Saya pun hanya bisa ikut tertawa oleh ulah jahil mereka.

Diatas aliran air Kedung Gupet terdapat jembatan untuk penyeberangan sungai. Ada satu gazebo untuk berteduh. Dibawah jembatan aliran air mulai tenang. Saya sempat berkeinginan untuk naik lagi melihat apakah masih ada kedung-kedung lain yang belum terjamah, namun karena waktu sudah siang maka saya harus kembali pulang.



Ternyata cukup dengan bermain di tiga kedung di desa Selopamioro ini cukup membuat saya puas. Ya walaupun katanya masih ada kedung lagi diatas Kedung Gupet namun waktu yang memisahkan kita. Semoga bisa di lain waktu. Siapa tahu kolam lebih besar dan arus lebih deras. Nah, untuk pemanasan ya tiga kedung dulu, atau kalian mau bantu explore? Silahkan datang saja ke wisata kedung ini.

Bathup Kedung Gupet

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »