Lebih Dekat dengan Tirana House, Branded Stocklot Boutique di Yogyakarta

5/02/2016

Beberapa waktu yang lalu saya diundang oleh Tirana House untuk berkunjung ke salah satu cabang butiknya di Yogyakarta, tepatnya di cabang Kotabaru, Yogyakarta. Butik Tirana House ini telah ada di 3 kota besar di Indonesia, lokasi butiknya telah ada di Jakarta, Lombok, dan Yogyakarta. 


Di Yogyakarta sendiri ada 2 butik dari Tirana House, satu berada di Jalan Suryodiningratan, daerah di sekitar selatan Pojok Beteng Kulon. Satunya lagi berada di Jalan Abu Bakar Ali, Kotabaru, tepat di sebelah barat stadion Kridosono, Yogyakarta.

Bisa dibilang, lokasi butik Tirana House Kotabaru yang saya kunjungi ini strategis. Posisinya berada di jantung kota Yogyakarta juga dekat dengan berbagai pusat keramaian. Menuju stasiun Tugu dan Malioboro hanya perlu jalan kaki 10 menit dari butik.

Mengenal Stocklot Boutique

Pertama-tama mari mengenal apa itu Stocklot. Stocklot adalah bahasa keren dari sisa produk atau kelebihan pesanan. Jadi misal pabrik pemilik lisensi suatu produk mendapat pesanan sejumlah tertentu dengan bahan yang telah disediakan, kemudian ternyata produk yang dihasilkannya dapat melebihi pesanan yang ditentukan maka kelebihan pesanan tersebut dijual ke luar toko resmi dengan harga miring.


Stocklot juga bisa berarti produk reject atau hasil sortiran quality control. Sebelum produk dipasarkan, produk akan diperiksa kualitasnya, entah itu jahitan, sambungan atau yang lain. Memang tidak semua hasil produksi jelek, namun standar kesempurnaan suatu produk harus wajib dipenuhi. Sedikit cacat saja, produk tidak lolos quality control, walaupun cacat tersebut tidak terlihat mata awam seperti kita. Beruntung sekali jika customer butik stocklot  mendapat produk yang hampir sempurna seperti itu.

Tirana House: Branded Stocklot Boutique

Saya tidak banyak berkeliaran di butik-butik yang memajang produk branded. Sebagai laki-laki dekil yang suka kelayapan, rata-rata pakaian saya hanya kaos oblong dan celana jeans yang tidak teratur mencucinya. Peningkatan paling signifikan paling hanya balutan jaket yang saya kenakan, tidak lebih.

Lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi Tirana House, dan mengenal apa itu butik stocklot. Membeli barang original branded adalah nomor sekian bagi saya, dari segi harga perlu matang dipikirkan. Namun untuk beli barang KW juga perlu perhitungan, kekhawatiran dari segi kualitas itu pasti dan hati yang tidak sreg juga pasti menyelimuti hati saya.


Tirana House ini seperti angin segar bagi saya. Karena menjual produk 100% asli dengan harga jauh lebih murah dari toko resmi. Legalistasnya pun jelas, butik stocklot jelas tidak melanggar hukum. Jika menyangkut keinginan istri untuk memiliki suatu produk branded, butik stocklot adalah solusi dengan harga yang ditawarkannya. Bersyukur akhirnya ada juga yang mengenalkan saya kepada Tirana House ini.

Ruangan

Konsep hemat energi akan terasa saat memasuki butik. Menggunakan lampu LED sebagai penerang yang baru akan dihidupkan saat ada customer datang ke butik. Tirana House membuktikan konsep butik ramah lingkungan. Keramahan lingkungan lain dari Tirana House adalah beberapa tanaman hidup yang digunakan sebagai penghias ruangan butik.


Ruangan Tirana House Kotabaru berbentuk huruf L. Saat masuk hal pertama yang akan kita jumpai adalah koleksi parfum, dompet dan tas serta beberapa koleksi baju produk desainer lokal yang menurut Tirana House layak untuk mendapat tempat di butiknya. Beberapa produk lokal ini memang sengaja dipisahkan namun mendapat tempat di depan. Bukti support Tirana House bagi desainer-desainer lokal Jogja agar tidak kalah dengan produk branded.

Masuk ke dalam kita akan menjumpai lorong memanjang ke belakang. Disinilah ruang utama koleksi produk branded tersebut. Parfum Gucci, Tas Kipling, Jam Tangan Gucci, Sepatu Nike, Kaos Hurley dan lain-lain memanjakan mata para penggemar barang branded. Ruang ganti yang terletak paling belakang seakan melambai-lambai ingin dimasuki untuk melihat tingkah kita berpose dengan produk branded tersebut.


Sebagai anak muda yang dari awal saya sebutkan gemar kelayapan. Untuk menyokong kelayapan, saya hanya tertarik kepada produk jaket Buckaroo and Craftmanship, sepatu Nike dan bolehlah jam tangan Fossil yang begitu modis. Namun harga produk masih sedikit lebih mahal bagi saya walaupun iming-iming lebih murah dari toko resmi dan produk yang tidak ada duanya karena sifat stocklot tadi yang hanya sisa stok membuat saya berkunang-kunang memikirkannya.


Ruangan memanjang penuh rak yang memajang produk ini dibuat dengan kayu yang kemungkinan dipesan sesuai bentuk ruangan. Sungguh nyaman dipandang dan mudah dalam pencarian karena sortiran yang rapi dari manajemen Tirana House. Display meja ditengah lorong memanjangpun bisa dikatakan penyejuk karena rapinya penataan dan kreatifnya Tirana House dalam memanfaatkan benda semacam boneka lucu dan rumput sintesis hijau sebagai paduan warna untuk mengimbagi coklatnya warna kayu.


Hanya ada dua kamar pas untuk menjajal produk dari butik Tirana House. Ada beberapa foto yang dipajang dekat dengan kamar pas tersebut sebagai hiasan. Selain itu tempat duduk dengan bantal nyaman juga menghiasi depan kamar pas sebagai ruang tunggu untuk mengantri kamas pas tersebut. Konsep etnik begitu terasa di bagian kamar pas ini, kain penutup dan hiasan sekitarnya sungguh artistik.


Pelayanan

Tirana House memberikan pelayanan layaknya butik kebanyakan. Tentunya keramahan pasti menjadi hal utama. Karyawan dari Tirana House setia memandu kita jika ada produk yang ingin ditanyakan. Saya membayangkan pasti butuh kesabaran tinggi menghadapi emak-emak gila diskon yang datang ke Tirana House.


Ada suatu layanan dari Tirana House yang menurut saya menarik. Tirana House berbaik hati akan menyimpankan produk yang kita inginkan jika kita benar-benar menginginkan produk tersebut. Walaupun kita belum cukup uang untuk membelinya. Caranya? cukup kita menjadi apa yang disebut Tirana House sebagai "Sahabat Tirana".

Sahabat Tirana ini adalah konsep menabung untuk membeli suatu produk. Jadi kita pilih suatu produk, lalu kita minta Tirana House untuk menyimpannya. Cara kita membayar adalah dengan mencicil sebanyak 3 sampai 5 kali hingga produk itu lunas, setelah lunas produk itu bisa kita ambil. Manfaatnya produk aman dan kita punya motivasi dan keringanan untuk membeli barang karena konsep menabung itu tadi.

Tirana House pada momen tertentu juga hadir untuk support komunitas dalam memberi tempat untuk suatu acara, terkadang Tirana House juga mengadakan bakti sosial. Yang paling sering adalah support Tirana House untuk acara fashion, Tirana House berbaik hati meminjamkan koleksinya. Tak banyak tuntutan hanya foto dari produk yang dipinjam saat acara tersebut sebagai imbalannya. Baik bener kan ya!

Kesimpulan

Tirana House adalah solusi. Solusi bagi penggemar produk branded yang ingin menghemat pengeluarannya dengan produk stocklot. Konsep hemat energi, support desainer lokal, ruangan yang artistik, manajemen yang baik dan welcome bagi kebanyakan orang serta pelayanan yang baik, saya hanya bilang Tirana House ini recommended Branded Stocklot Boutique di Yogyakarta!

_________________________________________________________________________________

TIRANA HOUSE: Branded Stocklot Boutique
Store 1: Jl. Suryodiningratan 55 Yogyakarta 55141 | ph. 0274 411615
Store 2: Jl. Abu Bakar Ali 22 Kotabaru | ph. 0274 2923560
PIN 211C48DA | IG/TW @tiranahouse | FB: Tirana House | Path: Tirana Stocklot Boutique

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »