4 Pasar Ramadhan Paling Terkenal di Kota Jogja

6/10/2016
Siapa bilang bulan Ramadhan tak bisa berburu kuliner. Di beberapa tempat di kota Jogja ada pasar tiban yang ada tiap sore menjajakan menu berbuka yang menggugah selera. Pasar sore ini sudah rutin digelar tiap tahun sehingga sudah menjadi ciri khas. Nah, berikut adalah empat pasar sore Ramadhan paling terkenal di Kota Jogja.


1. Kampoeng Ramadhan Jogokaryan

Pengunjung di pasar sore ini selalu membludak setiap menjelang berbuka puasa. Selain karena aneka jajanan dan menu berbuka yang sangat beragam di pasar sore ini, daya tarik Masjid Jogokaryan yang selalu rutin menyediakan takjil dengan jumlah banyak dan variatif dalam menu berbuka setiap hari selama bulan Ramadhan menjadi hal yang istimewa bagi para pencari takjil. Cara terbaik menjelajahi pasar sore ini adalah berjalan kaki dengan terlebih dahulu memarkir kendaraan di parkiran sekitar masjid karena begitu ramainya pasar ditambah sempitnya jalan Jogokaryan.

sumber foto: saisane.com
2. Jalur Gaza

Ini bukan kawasan perang timur tengah, Jalur Gaza adalah singkatan dari Jajanan Lauk, Sayur, Gubug Ashar Zerba Ada. Pasar tiban yang berada di sepanjang jalan Sorogenen-Nitikan ini menyediakan berbagai menu takjil dan berbuka puasa. Yang paling khas adalah menu ikan air tawar dan sejenisnya karena berada dekat dengan pasar ikan kota Jogja. Pusat dan sekretariat pasar sore Jalur Gaza berada di masjid Mutohirin Kampung Nitikan. Walaupun berada di tepi jalan, penataan pedagang Jalur Gaza tertata dengan rapi dan juga sebagian pedagang diberi gubug dengan desain yang hampir sama.

ssumber foto: sayangi.com
3. Pasar Sore Kauman

Berada di gang sempit dekat Masjid Gede Kauman menjadikan pasar sore ini sekaligus wisata blusukan. Berbagai aneka jajanan dan menu berbuka disediakan di pasar sore ini. Yang paling sering dicari adalah menu tradisional karena pasar sore Ramadhan ini termasuk pasar terlama di kota Jogja. Jika sudah puas menjelajahi gang-gang pasar sore Kauman, maka menjelang maghrib kita bisa langsung menuju pelataran masjid gede Kauman untuk menikmati jajanan yang kita beli atau bisa juga menunggu waktu berbuka didalam masjid sembari mendengarkan ceramah berbuka puasa. 

sumber foto: brilio.net
4. Pasar Sore UGM

Pasar sore UGM ini yang paling sering dikunjungi anak muda. Di pasar sore ini selain menyediakan takjil dan menu berbuka, sebagian pedagang juga memfasilitasi tikar lesehan sebagai tempat untuk menunggu dan menikmati menu berbuka. Menu sop buah dan es serta batagor yang paling banyak menghiasi pasar sore ini. Namun jika hanya sekedar lewat, banyak juga menu makanan atau minuman lain yang bisa kita bawa pulang. Susasan pasar sore UGM ini hampir mirip dengan Sunday Morning yang biasa dilaksanakan pada hari minggu pagi ditempat yang sama.

sumber foto: jogja.tribunnews.com

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
31 Mei 2017 16.20 delete

Kok aku belum ngerti denahnya galur gaza mana letaknya mas?
Yang udah pernah cuma yang di UGM mas :(
Pingin nyobain keempat2nya deh

Reply
avatar