Santai Mewah di Sumberwatu Heritage Resort

6/20/2016
Saya tahu tempat dengan pemandangan cantik Gunung Merapi berkombinasi dengan candi Prambanan ini ya karena ikut sebuah acara. Kalau tidak, sangat tidak mungkin tahu tempat ini. Apalagi saya yang jarang banget main-main ke daerah candi Ratu Boko dan sekitarnya. Lokasi tempat ini adalah jalan menuju candi Ratu Boko melalui pintu belakang. Tempat ini dulu katanya adalah kandang sapi, sekarang hampir tidak terlihat bekasnya karena disulap menjadi sebuah resort mewah.


Sumberwatu Heritage Resort tidak memiliki papan nama. Nama resort ini hanya terlihat jika kita masuk kedalamnya. Kebayang kan, orang biasa-biasa saja seperti saya ngapain pergi ketempat ini kalau nggak gratisan. Halaman depan resort ini dibuat mirip dengan bangunan candi Ratu Boko. Saat masuk kita akan mengarah langsung ke kompleks resort. Namun jika tidak masuk ke kompleks ini melalui pintu utama, maka kita akan melewati restoran mewah yang bernama Abhayagiri Restourant. Karena restoran ini lokasinya dekat dengan tempat parkir resort.

Pintu masuk Sumberwatu Heritage Resort dibuat mirip candi Ratu Boko
Pintu masuk Sumberwatu Heritage Resort dibuat mirip candi Ratu Boko
Sumberwatu Heritage Resort
Beginilah pemandangan setelah melewati pintu utama Sumberwatu Heritage Resort
Di belakang pintu utama ini adalah letak villa yang bisa disewa. Beberapa memang sedang dalam tahap pembangunan saat tahun 2013 saya kesini. Disamping pintu masuk ada Joglo yang biasa digunakan untuk sendratari yang mirip seperti di candi Prambanan. Joglo cukup luas sehingga bisa digunakan untuk kegiatan apapun. Dibagian pojok timur terlihat restoran Abhayagiri berdiri mewah. Nah, jika tidak masuk melalui pintu utama seperti saya. Maka kira-kira masuk ke resort ini melalui restoran tersebut disebelah timur.

Sumberwatu Heritage Resort
Parkiran yang langsung menuju restoran Abhayagiri
Sumberwatu Heritage Resort
Joglo di Sumberwatu Heritage Resort
Karena belum lama dibuka, kondisi resort masih dalam tahap pembangunan. Beberapa bangunan masih terlihat baru. Tata letak masih belum ada pegawai resort yang menjelaskan kepada kami. Seperti batu yang berada di tengah-tengah resort ini, saya bertanya-tanya kok ya ditaruh disitu.

Sumberwatu Heritage Resort
Mungkin nanti semacam ada plakat peresmian
Karena niatnya santai, saya menuju ke balkon restoran Abhayagiri yang memiliki pemandangan yang paling menarik menurut saya walaupun saat itu sedikit mendung. Di balkon restoran Abhayagiri saya dapat dengan jelas melihat Gunung Merapi dengan gagahnya. Dibawahnya candi Prambanan terlihat kokoh dan juga ada candi lain yang terlihat yakni candi Sojiwan. Katanya waktu yang cocok untuk nongkrong di balkon ini adalah pagi atau sore hari saat cuaca cerah, ya iyalah C E R A H.

Abhayagiri Restaurant Sumberwatu Heritage Resort
Abhayagiri Restaurant yang mewah
Abhayagiri Restaurant Sumberwatu Heritage Resort
Bangunan restoran yang unik
Abhayagiri Restaurant Sumberwatu Heritage Resort
Balkon restoran
Beberapa teman saya mengabadikan moment mereka di restoran Abhayagiri. Beberapa dari mereka melakukan apa yang sekarang disebut selfie. Saya kemudian hanya muter-muter saja di komplek ini. Melalui jalan yang sudah diatur sedemikian rupa oleh disainer komplek ini. Sempat bertemu beberapa pegawai yang mengatakan akan ada kolam renang ditempat ini, wah asik nih kolam renang. Di komplek ini juga terlihat beberapa kebun untuk penghijauan dan bahan baku menu restoran.

Sampai di bawah balkon restoran, saya kembali duduk santai disana. Tempat dibawah ini yang membuat saya penasaran bagaimana kenyamanannya karena menggunakan rumput sintesis sebagai lantai seperti di Alun-alun Bandung. Dan disamping pagar terdapat seperti bunga tebu yang memberi kesan fotoable sekali di lokasi ini. Orang di dekat saya tak lupa selfie untuk mengabadikan kerennya lokasi ini.

Abhayagiri Restaurant Sumberwatu Heritage Resort
Selfie dulu
Andaikan saat itu cerah, tempat ini sangat keren sekali. Sedikit mendungpun menurut saya keren, itu kalau dilihat dengan mata kepala sendiri soalnya saya hanya pakai handphone untuk mengabadikan tempat ini.Ya kira-kira seperti dibawah inilah pemandangan di balkon restoran Abhayagiri Sumberwatu Heritage Resort. Maaf kamera handphone jelek, alhamdulillah handphonenya sudah pensiun kok.

Abhayagiri Restaurant Sumberwatu Heritage Resort
Kelihatan gak candi Prambanannya
Abhayagiri Restaurant Sumberwatu Heritage Resort
Maafkan kamera handphone saya
Abhayagiri Restaurant Sumberwatu Heritage Resort

SUMBERWATU HERITAGE RESORT
Alamat: Dusun Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan
Peta:

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
20 Juni 2016 08.30 delete

Halo mas :) Udara di sekitar sana masih sejuk banget ya, jauh dari polusi. Kebetulan saya baru ke sana beberapa waktu lalu sama keluarga, dan untungnya pas kesana dapet cuaca cerah banget.
Oh, iya. Salam kenal, mas. Cheers :)

Reply
avatar
20 Juni 2016 08.51 delete

Iya mas, masih asri.. salam kenal juga...

Reply
avatar
20 Juni 2016 15.53 delete

Aku jadi kangen sama kandang sapi dan telek-teleknya :D

Reply
avatar
22 Juli 2016 10.46 delete

Deket dari rumah sih, tapi malah belum pernah ke Abhayagiri.

Reply
avatar