Tips Ringan Memulai Bike To Work

9/17/2016


Bike to Work atau bersepeda ke kantor bisa dibilang hal yang rumit bagi sebagian orang. Alasan kesiangan atau tidak nyaman pada seragam kantor yang dikenakan menjadi alasan umum saat akan memulai aktivitas ini.


Hal wajar jika berat dalam memulai sesuatu, apalagi sesuatu yang tidak biasa dimata teman-teman kantor. Nah, saya paparkan beberapa tips bersumber dari pengalaman saya ber bike to work selama ini.
  1. Persiapkan segalanya dari malam sebelumnya; hal-hal sepele namun penting ialah seperti botol minum dan cek kondisi sepeda yang cukup akan memakan waktu dan membuat kita terburu-buru jika dilakukan pada pagi hari. 
  2. Set alarm sholat subuh sedikit mundur; ini untuk mengantisipasi jika kita ngantuk lagi setelah sholat subuh. Dengan menyetel alarm pukul 5 misalnya, bukan tepat waktu subuh, kita tentunya masih punya waktu untuk sholat dan akan langsung bergegas untuk mandi dan sarapan serta langsung bisa berangkat untuk bersepeda. 
  3. Sempatkanlah sarapan; untuk tenaga jika kita perlu ngebut dijalanan. Lipat seragam di tas dan pakai jaket; jika kita pakai kaos ganti untuk bersepeda pasti akan memakan waktu untuk berganti pakaian saat sampai dikantor. Dengan hanya memakai kaos dalam dan jaket diluarnya kita akan mengurangi beban bawaan di tas dan jauh lebih cepat untuk memakai seragam (bawa parfum cadangan untuk antisipasi). 
  4. Dan terakhir selalu safety riding dan patuhi peraturan lalu-lintas untuk keamanan bersepeda.
Bersepeda yang baik adalah menggunakan perlengkapan yang lengkap seperti sepatu/sandal gunung, helm, lampu-lampu dsb. Namun perlengkapan yang lengkap tidak harus selalu wajib diadakan. Paling utama adalah helm, namun jika belum ada bisa menggunakan topi. Asalkan kita tertib di jalan, resiko kecelakaan bisa dihindari sekecil mungkin. 
Membudayakan bersepeda jauh lebih penting dari perlengkapan sepeda itu sendiri. Salam dan selamat ber-Bike to Work!

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
22 Februari 2017 11.02 delete

Saya jg kadang b2w mas.. tp skrg agak berkurang karena musim hujan

Reply
avatar