20 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 3

10/25/2016
Baiklah, mungkin judul artikel saya ini sedikit menyentil. Tapi, saya tekankan ini kenyataan. Jika kamu googling "20 alasan memilih ASUS Zenfone 3", yang akan kamu temukan pasti yang bagusss... melulu. Saking bagusnya saya menjadi khawatir. Khawatir gawai ini akan dibeli oleh sembarang orang. Oke, kita fokus "sembarang orang" tersebut adalah seorang anak alay yang tidak tahu apa-apa dan sembarangan memakai gawai. Ingat sekali lagi, anak alay yang saya maksud adalah seperti yang saya garis bawahi. Nah, misal begitu menjadi repot kan. Gawai se-premium ASUS Zenfone ZE520KL kok malah dipakai ngawur.


Mari berkenalan singkat terlebih dahulu dengan ASUS Zenfone ZE520KL. ASUS Zenfone ZE520KL adalah gawai menengah keatas terbaru keluaran pabrikan ASUS yang launching-nya sungguh mewah di Pulau Dewata sana (mupeng pengen ikut). Gawai ini dibekali dengan otak 64-bit Qualcomm® Octa-Core Processor Snapdragon™ 625 @2.0Ghz dengan grafis penunjang Adreno™ 506. Hmmm, kombinasi otak dan otot yang pas. Layarnya beresolusi 1920 x 1080 alias FHD. Dan jangan takut tergores karena layar sudah Corning® Gorilla® Glass. Lalu, biasanya sebuah gawai dilihat juga dari besaran RAM, ASUS Zenfone ZE520KL memiliki RAM 3GB LPDDR3 serta internal storage sebesar 32 GB yang tentunya masih di support Micro SD sampai dengan maksimal 64 GB.

20 Alasan Anak Alay Jangan Memilih ASUS Zenfone 3

20 Alasan Anak Alay Jangan Memilih ASUS Zenfone 3

20 Alasan Anak Alay Jangan Memilih ASUS Zenfone 3

Sebuah gawai yang walaupun ditujukan kepada kelas menengah namun spesifikasinya mendekati premium. Saya lebih suka bilang gawai ini kelas premium sebenarnya. Jika tadi sudah secara singkat tentang apa yang didalam  gawai, sekarang secara singkat pula saya jabarkan sisi luar gawai. ASUS Zenfone ZE520KL memiliki desain yang indah perpaduan kaca dan logam. Kedua sisinya terhiasi kaca, depan dan belakang. Pinggirannya terlihat sempurna dan mewah. Bagian kamera terlihat tegas dan berkelas.

Oh iya lupa, ASUS Zenfone ZE520KL ini dibekali dengan kamera 16MP Sony Exmor RS™ IMX298, f/2.0 yang memiliki fitur Laser/Phase Detection Autofocus, OIS (4-axis), dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR. Jadi jangan heran jika ASUS Zenfone ZE520KL disebut Built for Photography!

Tidak perlu banyak bicara berbusa-busa apalagi copy-paste sana-sini lagi, inilah 20 alasan anak alay jangan sampai memilih ASUS Zenfone 3 menurut saya:


1. Sensor Sony Exmor pada ASUS Zenfone 3 terlalu canggih bagi anak alay
20 Alasan Anak Alay Jangan Memilih ASUS Zenfone 3
sumber foto: thetechrevolutionist.com
Sensor kamera gawai ASUS Zenfone 3 yang ditanamkan yakni Sony Exmor IMX298 akan terlalu canggih bagi selfie anak alay. Ibarat retina mata, sempurna atau tidaknya warna berasal dari cahaya yang ditangkap. Nah kalau pakai ASUS Zenfone 3 hasil dari olahan sensor akan terlalu sempurna. Sehingga foto akan sesuai dengan aslinya. Duar!
20 Alasan Anak Alay Jangan Memilih ASUS Zenfone 3
sumber foto: google
2. Resolusi hasil foto ASUS Zenfone 3 terlalu tinggi, anak alay tidak suka

Ini bisa membuat repot mereka. Apalagi jika mereka punya banyak jerawat di pipi. Wajah mereka akan dapat dilihat sedetil-detilnya. Belum lagi jika mereka tahu cara memotret menggunakan teknologi Pixel Master di gawai ASUS Zenfone 3 yang dapat menghasilkan piksel 4X lebih tinggi dari yang mampu dihasilkan sensor (maksimal 64 MP). Mungkin kemudian penjual Micro SD menjadi laris kembali karena mereka membeli Micro SD sebanyak-banyaknya yang isinya hanya foto mereka.
20 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 3
sumber foto: teknorus.com
3. Kata anak alay lensa ber-Piksel besar untuk apa?

Biasanya 2 MP saja cukup, untuk jepret sana jepret sini. Nah ini 16 MP untuk apa? Jika isinya foto selfie semua, sia-sia dong fitur kamera ASUS Zenfone 3. Andaikan jadi membeli, tolonglah ambil foto lain, catet itu. Minimal selfie-lah bareng temanmu itu woy.

20 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 3

4. Image Stabilizer akan membuat anak alay sombong!

Karena ada image stabilizer, foto yang dihasilkan semakin jauh dari buram atau ngeblur. Mereka akan menganggap foto yang mereka potret adalah hasil skill mereka. Padahal itu karena image stabilizer pada ASUS Zenfone 3 yang sangat canggih, hadeh.

20 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 3


5. Anak alay akan lebih sombong lagi jika tahu ada fitur Auto Fokus

"Lihat nih, fotoku keren kan" . Kamu bakalan mendengar itu setiap hari jika temanmu baru saja membeli ASUS Zenfone 3. Dan kamu akan mendengar itu setiap menit jika temanmu yang doyan foto nggak jelas (anak alay) tahu ada mode Auto Fokus yang aduhai di ASUS Zenfone 3. ASUS terlalu baik dengan memasang mode Auto Fokus di kamera gawai produksinya.

20 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 3


6. Anak alay tidak akan paham apa itu High Dynamic Range (HDR)

Asal jepret asal sentuh, tahu-tahu bilang kok hasil fotonya berbeda. Padahal mereka salah memencet mode HDR yang memberikan hasil foto yang 4X lebih cerah. ASUS Zenfone 3 mempunyai teknologi real time HDR dan HDR Pro yang membantu mengambil gambar dengan latar yang sangat terang (backlight). Saat pakai HDR dan pakai pakaian warna cerah mungkin mereka tambah bingung jika melihat hasil foto.

7. Real Tone Flash akan diejek oleh anak alay (karena hasil foto sesuai kenyataan)

Real tone flash akan memberikan warna kulit (skin tone) yang lebih alami, lampu flash tidak lagi harus berwarna putih. Dan ASUS Zenfone 3 dibekali dengan Dual LED Real Tone Flash. Fitur ini tentunya akan membuat mereka protes dan selalu bilang "Loh kok gelap". Lah emang kulitnya gelap neng! Bijimana sih!
20 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 3
sumber foto: google
8. Anak alay tidak akan pernah maksimal menggunakan ASUS Zenfone 3 karena tidak tahu Manual Mode.

Boro-boro belajar motret manual. Pakai manual mode di gawai pasti males, alesan klasik karena ribet padahal hanya manual mode-lah satu-satunya cara untuk tahu seberapa maksimalkah kemampuan kamera. Kamera gawai yang menyediakan manual mode membuat kreasi foto lebih fleksibel dan menyenangkan. Manual mode pada ASUS Zenfone 3 dapat mengubah nilai White Balance sesuai kondisi cahaya pemotretan, menyesuaikan fokus sesuai jarak dan kondisi objek. Serta manual mode tersebut dapat mengatur nilai ISO dan kecepatan rana untuk mendapatkan tingkat pencahayaan yang sesuai.

9. Manual saja tidak paham apalagi Slow Speed

Mereka akan kagum dengan hasil foto slow speed namun untuk mempelajarinya pasti tidak mau. Padahal ASUS Zenfone 3 memiliki kecepatan bukaan shutter minimal sampai 32 detik. Silahkan cari di google betapa kerennya hasil foto slow speed.

10. Hobi anak alay hanya pakai mode ini: Low Light

Karena suka berada di tempat remang-remang, mereka rajin pakai low light mode. Low Light mode milik ASUS Zenfone 3 mampu mengambil foto dengan baik di obyek yang hanya dicahayai oleh 1 lilin dan meningkatkan cahayanya sampai 400%. 

11. Layar yang jernih tidak akan disukai anak alay

Layar IPS Full HD membuat apa yang terlihat samar menjadi jelas. Mereka paling takut dengan hal itu. Camkan itu, jangan beri mereka gawai dengan layar jernih.

12. Aplikasi kamera bawaan kurang cukup, anak alay akan menginstall yang lainnya (terutama Camera 360)

Padahal di Pixel Master sudah ada fitur pemanis wajah. Tetapi mereka tetap kurang puas sehingga pasti akan me-install kamera dengan efek lebay. Aplikasi Pixel Master 3.0 sudah lebih dari cukup. Pixel Master memiliki 20 ragam mode pemotretan untuk beberapa kebutuhan.

13. Anak alay akan mengira bahwa ASUS Zenfone 3 rapuh dan mudah pecah.

Alasannya sederhana, bagian depan dan belakang ASUS Zenfone 3 adalah kaca. Namun sebenarnya bukan sembarangan kaca. Kaca tersebut adalah Gorilla Glass. Untuk goresan kecil hingga sedang, layar kaca ASUS Zenfone 3 masih terbilang aman. Desain model begini udah dapat penghargaan padahal, eh mereka malah bilang takut pecah.

20 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 3


14. Smartphone for Smartpeople

ASUS Zenfone 3 memiliki otak pintar dengan kecepatan Octa Core. Sangat cocok untuk fotografi, gaming dan hiburan. Pemakai gawai ini harusnya pintar-pintar dong ya. Masak kalah pintar sama gawainya.

15. Buat apa baterai tahan lama, toh anak alay pasti gatel ingin pakai Power Bank

Komponen ASUS Zenfone 3 disusun agar mengkonsumsi daya yang tidak berlebihan. Walau punya kapasitas sama jika misal dibandingkan dengan merk lain. ASUS Zenfone 3 tetap terdepan karena keawetan baterainya. Biasanya mereka bawa-bawa powerbank bukan karena kebutuhan, namun gaya-gayaan saja.

16. Semoga anak alay tahu apa itu 4G

Konektivitas ASUS Zenfone 3 telah 4G sehingga dengan kartu yang cocok maka gawai ini akan sempurna. Oh iya, dual sim pada ASUS Zenfone 3 keduanya dapat sama-sama menangkap 4G.

17. Speaker ASUS Zenfone 3 yang bagus masih tetap akan disambungkan ke Speaker Aktiv

Kebiasaan mereka dalam mendengarkan musik di pos ronda padahal ASUS Zenfone 3 sudah memiliki speaker yang luar biasa. Kinerjanya 40% lebih baik dari gawai yang setara dengannya. 

20 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 3

18. Ngertinya hanya 3GP

Format video 3GP sangat familiar bagi mereka (apalagi video-video itu). Mereka tidak tahu bahwa ASUS Zenfone 3 dapat merekam video dengan kualitas 4K. 4K atau UHD adalah kelas video dengan hasil gambar yang tajam. Biasanya hanya gawai kelas premium yang memiliki fitur ini, dan benar kan ASUS Zenfone 3 harusnya masuk kategori premium daripada menengah keatas. 

19. Makin sangat sombong dengan Stabilizer Video

Setelah pamer hasil gambar yang padahal memang bagus karena perangkatnya bukan karena orangnya. Mereka akan pamer video jernih hasil tangkapan ASUS Zenfone 3 dan maksa bahwa video tersebut adalah hasil jerih payah mereka.

20. Masa bodoh dengan tema bawaan, mereka akan langsung menggantinya (yakin)

Mereka lebih suka yang berbentuk pernak-pernik dengan mendownload tema bukan resmi ASUS. Mengubahnya tanpa melalui aplikasi tema bawaan ASUS yang penuh pilihan tema keren. Entahlah yang jelas ZEN UI 3.0 terlihat membosankan bagi mereka. Padahal Zen UI sangat enak dipandang mata. Mungkin mereka tidak suka dengan yang cerah-cerah sehingga harus menjalani Dark Side alias mojok.

20 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 3


Demikian 20 alasan anak alay jangan sampai memilih ASUS Zenfone 3. Maaf hanya singkat-singkat saja. Intinya daripada repot. Hehehe jangan marah saya hanya bercanda. Sekian.

A S U S   Z e n F o n e   3   Z E 5 2 0 K L

Model
ASUS ZenFone 3 ZE520KL
CPU
Qualcomm Snapdragon 625 octa core 64-bit 2GHz
GPU
Adreno 506 650MHz
RAM
4GB / 3GB RAM
Storage
32GB + 5GB ASUS Webstorage gratis 
Micro SD
Yes (up to 64GB)
Connectivity
WIFI 802.11acMiMO Wi-Fi, Bluetooth 4.2, USB Type-C, Fingerprint sensor
Network
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100LTE band 1 (2100), 
2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 8 (900), 26 (850), 28 (700), 39 (1900), 40 (2300)
Speed  HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
SIM Card
Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigation
GPS, AGPS, GLONASS, Beidou
Display
5.2” FHD 1920 x 1080, Super IPS+ display with 178’ wide view angle,  
Corning Gorilla Glass 3 display
Video
Video Recording MPEG-4 1080 @30fpsPlayback MPEG-4 up to 1080p
Battery
3.000 mAh / 2600 mAh non removable
Main Camera
16MP Sony Exmor RS™ IMX298, f/2.0, Laser/Phase Detection 
Autofocus, OIS (4-axis), dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, 
face detection, panorama, HDR
Front Camera
8MP, f/2.0, 1080p 
Sensor
Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Audio
Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara 
lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS
Android M with next-gen ZenUI 3.0
Dimension
146.9 x 74 x 7.7mm / 152.6 x 77.4 x 7.7mm
Weight
144g 
Warna
Sapphire Black, Moonlight White, Shimmer Gold

Hasil Benchmark

20 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 320 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 3 20 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 3

20 Alasan Anak Alay Jangan Sampai Memilih ASUS Zenfone 3

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
28 Oktober 2016 19.01 delete

Yawlo Fotonya. syeeemmm :v

Reply
avatar
9 November 2016 08.06 delete

Keren ya ulasannya. Review nya dari sisi pandangan anak alay. Mantap.

Reply
avatar