Blogger atau Bloger?

11/17/2016

Blogger atau Bloger?

Blogger atau bloger? Yang benar yang mana?

Sudah tahukah Anda bahwa Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) IV telah memasukan kata bloger? Yang artinya sama saja dengan kata blogger, istilah familiar yang biasa kita sandang sebagai hobi keseharian kita itu.


Saya pribadi lebih familiar dengan sebutan blogger. Hal ini tentu saja karena blogger (yang awalnya berasal dari blogger.com) adalah sekaligus situs pertama kalinya saya dan mungkin juga kalian dalam mengenal dunia blog atau tulis-menulis di dunia maya. Sudah tertanam di kepala bahwa blogger adalah orang yang melakukan aktivitas blog. Apalagi dalam dunia internasional, kata blogger lebih populer ketimbang kata bloger yang baru-baru ini ditambahkan dalam pembendaharaan kata pada KBBI IV itu.

Lalu jika KBBI lebih memilih kata "bloger" apa yang seharusnya kita lakukan? Jelas yang pertama adalah kita harus mengikuti standar KBBI karena KBBI adalah patokan resmi untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Yang kedua adalah ikut mengedukasi sesama blogger, eh maaf bloger, untuk beralih menggunakan istilah tersebut. Kenapa perlu edukasi? Karena kembali ke persoalan awal bahwa kata blogger sudah jauh tertanam di kepala.

Tentu saja edukasi dengan mulai menggunakan kata bloger tidak segampang membalikan telapak tangan dan diterima teman atau pembaca karena aktivitas tulis-menulis di dunia maya sendiri adalah aktivitas yang aturannya adalah suka-suka kita sendiri alias bebas. Kata bloger memang sementara ini terlihat asing, tidak kekinian dan kuno. Saya pun tidak yakin kata ini akan melebihi apalagi menyamai kepopuleran kata blogger.

Tentunya tetap ada sisi positif kata "bloger" ini muncul. Paling tidak kita sudah dipikirkan oleh pemerintah (cie...cie...). Buktinya hobi kita telah ada dalam kamus besar Bahasa Indonesia kan. 



*Kata "bloger" dalam KBBI IV Daring, dapat dilihat disini: http://kbbi4.portalbahasa.com/entri/bloger

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
22 November 2016 07.25 delete

Aku masih nulis dengan kata blogger :v

Reply
avatar
5 Desember 2016 15.53 delete

AKu pake kata yang lebih gahol, Bloher. :v

Reply
avatar
6 Desember 2016 06.23 delete

Semakin banyak niliki kamus, semakin sadar banyak kata-kataku yang sering salah kaprah mas :p

Reply
avatar