Sharing Seru Harblognas Bersama JNE

11/26/2016
Sharing Seru Harblognas Bersama JNE

Walaupun Hari Blogger Nasional (Harblognas) yang jatuh setiap tanggal 27 Oktober telah lewat. JNE, sebuah perusahaan jasa pengiriman barang terbaik di Indonesia, masih memberi kami para blogger kesempatan untuk merayakan keseruan Harblognas dengan mengadakan sharing seru Harblognas Bersama JNE pada pertengahan bulan November ini. Acara Harblognas Bersama JNE ini sendiri bertempat di Rustik Bistro and Bar Hotel Harper Mangkubumi Jogja, tempat yang seru dan strategis dengan menu hidangan yang memanjakan lidah.



Dalam acara yang dihadiri kurang lebih 50 blogger berasal dari Jogja dan Jawa Tengah ini menghadirkan narasumber mbak Grace Melia - blogger peraih special award Kartini Next Generation 2014, mbak Uphie Mashar - Online Entrepreneur, dan bapak Marsudi - Head of Regional Jateng-DIY JNE Express. Acara ini dimoderasi oleh seorang blogger yang dalam profil blognya tertulis dia adalah fans dari Ultraman (wah saya juga ngefans loh mbak), mbak Pungky Prayitno, blognya bisa kalian intip disini.

Sharing Seru Harblognas Bersama JNE

Berbicara tentang JNE, kita tahu perusahaan pengiriman barang ini sudah hampir 26 tahun hadir di Indonesia. Semua yang ada di JNE telah ditiru oleh para pesaing-pesaingnya, terutama fasilitas pelacakan barang, JNE adalah pelopornya. Setiap hari hampir 10 ton barang dikirim oleh JNE. Perkembangan e-commerce di Indonesia tumbuh karena jalan yang dibuat oleh JNE. Maka tidak heran, JNE adalah jasa pengiriman terbaik di Indonesia.

E-Commerce tumbuh karena dunia maya, dunia maya berisikan orang-orang yang salah satunya seperti kami ini, para blogger. Sehingga JNE merasa perlu untuk mengundang kami, merayakan hari raya kami sekaligus mengenal kami agar kami lebih dekat dengan mereka. Tema dari acara Harblognas Bersama JNE pun begitu menarik yakni "Menembus Batas, Menjadi Inspirasi Bagi Negeri". Saya rasa juga pemilihan para narasumber juga sangat tepat karena mereka adalah inspirasi bagi para blogger amatiran seperti saya.

Talkshow dimulai dengan mbak Grace Melia, seorang blogger peraih special award Kartini Next Generation tahun 2014 dan penggagas Komunitas Rumah Ramah Rubella yang begitu bermanfaat bagi anak-anak yang terserang virus TORCH. Mbak Grace ini memberi tips kepada kami agar kami selalu unik dalam ngeblog, agar kami beda dengan blogger-blogger lainnya. Jika kita memiliki keunikan yang beda dari blogger yang lain maka itu bisa meningkatkan branding kita.

Dengan branding yang unik dan beda, blog kita akan senantiasa dilirik oleh orang. Yang tentu saja akan berbanding lurus dengan kesuksesan kita dari blog. Branding harus dibangun dengan konsisten, selangkah demi selangkah tidak ujug-ujug jadi. Jadi branding harus diperhatikan betul strateginya. Salah satu kesuksesan dari branding yang pertama kali terasa adalah trafik blog yang pasti akan naik. Saya jadi terlecuuut untuk memikirkan apa yang beda dari blog saya untuk dijadikan branding,

Kemudian ada mbak Uphie yang sharing kesusksesan Online Shop-nya yang tidak dia duga-duga. Berawal dari kekecewaan karena tidak diterima kerja di kantor yang menjadi impiannya. Mbak Uphie kini malah beromzet lebih dari gaji yang akan dia terima jika dia jadi kerja disana. Karena sering diremehkan, justru itu menjadi pelecuuut semangat mbak Uphie untuk sukses yang kemudian dapat sharing kepada kami para blogger di acara JNE ini. Sungguh sangat menginspirasi mbak!

Kalau mbak Grace Melia menyarankan untuk branding yang unik, berbeda dengan mbak Uphie dia lebih menyarankan kita untuk selalu memberi yang terbaik kepada konsumen dan selalu jujur untuk hal apapun. Ya kalau disambungkan ke kita-kita para blogger mungkin dalam bentuk selalu memberi yang terbaik untuk pembaca. Kalau jujur, mungkin jujur dalam tidak jiplak karya atau tidak sering-sering beli artikel berbayar kan ya, ups.

Dan dari pihak JNE, Bapak Marsudi. Beliau cukup senior di JNE, sudah 21 tahun mengabdi. Hampir sama dengan umur JNE. Di tangan beliau, pengiriman dari dan ke Jogja dijamin aman dan lancar. Kenapa JNE bisa besar seperti sekarang ini? Itu karena di JNE seluruh karyawannya dibekali ajaran untuk saling mengasihi. Founder JNE selalu berpesan untuk baik kepada orang. Terutama anak yatim, fakir dan miskin. Kebaikan dari hal kecil akan berpengaruh besar, dan hal itu akan selalu tertanam untuk melayani para costumer.

Sharing Seru Harblognas Bersama JNE

Bapak Marsudi lebih banyak membesarkan hati kami. Beliau berkata JNE butuh blogger, blogger butuh JNE.  Selain memberikan kesan positif kepada kami para blogger, pak Marsudi juga menjanjikan JNE akan selalu berinovasi dan menginspirasi. Untuk waktu yang belum lama ini. Ada aplikasi My JNE, yang kata beliau telah menginspirasi para pesaing JNE. Namun kata bapak Marsudi, pesaing JNE bukanlah musuh namun teman. Baiklah, para blogger yang sering dapat job karena faktor deket itu bukan musuh saya, namun teman saya oke.

Dalam acara talkshow malam itu ketiga narasumber bergantian saling memberi inspirasi bagi saya dan teman-teman. Dan kemudian ditutup dengan tips akhir bagi kita semua. Mbak Grace memberi tips kepada kami bahwa brandinglah dan menjadi blogger progresif yang terus belajar. Boleh kita branding macem-macem namun jangan lupakan SEO (misalnya). Lalu mbak Uphie memberi saran yang masih sama, berikanlah yang terbaik dan selalu jujur. Dan bapak Marsudi memberi tips, selalu gunakan JNE seperti mbak Grace dan mbak Uphie.

Karena harapan bapak Marsudi kepada para blogger adalah "Semoga kolaborasi JNE dan para blogger dapat menginspirasi dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia"

Acara ditutup dengan memberikan doorprize bagi yang beruntung dan yang paling aktif live tweet menurut panitia. Saya? Hanya goodiebag saja alias tidak menang apapun (Aku Rapopo). Oh iya satu lagi pesen dari JNE, download-lah aplikasi My JNE di Play Store gawai kamu. Aplikasi My JNE sangat membantu dalam cek tarif, cek status pengiriman, cek lokasi pengiriman, opsi COD dan lain-lain. Udah ah buruan download, atau klik disini. Akhir kata mari Menembus Batas, Menginspirasi Bagi Negeri! Terlecut dah pokoknya!


Sharing Seru Harblognas Bersama JNE


Sharing Seru Harblognas Bersama JNE

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »