Manfaat Dotcom dan Dotnet Sebagai Investasi Dalam Ngeblog

12/14/2016
Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Sejak SMP, sekitar awal tahun 2000an saya sudah mengenal dunia blog. Awalnya ngeblog adalah keterpaksaan karena tuntutan tugas mata pelajaran komputer di sekolah. Kita beramai-ramai mendaftar situs layanan bloging ternama saat itu, blogger.com. Saat itu, isi blog saya dan teman-teman hanya seputar masalah pribadi alias curhatan. Blog tak ubahnya diari, dan konyolnya diari ini kita pamer-pamerkan dengan tampilan tema yang warna-warni pula.


Menjamurnya media sosial yang berawal dari forum chating MIG33 yang hits, kemudian Friendster dengan blink-blinknya lalu nge-hype-nya Facebook yang kemudian diikuti rentetan media sosial lainnya membuat aktivitas bloging sedikit kurang diminati. Tentu saja bagi para bloger yang konsisten ngeblog sejak tahun 2000an, saat ini mereka sudah pasti menjadi bloger yang famous. Saya kenal dengan beberapa dari bloger famous tersebut. Kunci mereka hanya satu, yakni konsisten ngeblog.

Saya sendiri dalam perjalanan dari masa SMP hingga sekarang ini telah memiliki beberapa blog. Blogger dan Wordpress tentu jelas punya karena keduanya adalah situs layanan bloging yang populer. Namun kalau pengalaman saya sendiri, ngeblog di Multiply-lah yang terhitung bertahan cukup lama. Sayangnya, sudah lama tidak membuka Multiply eh tiba-tiba pas terakhir membuka sudah jadi situs e-commerce saja itu Multiply. Akhirnya terbesit pikiran, untuk fokus pada satu akun blog saja agar saya lebih sering membukanya.

Karena biar terlihat keren, saya memutuskan akan membuat blog dengan domain Dotcom atau Dotnet. Sempat putar otak untuk memilih nama domain. Namun saya akhirnya memutuskan untuk mengamankan nama saya sendiri saja agar tidak digunakan oleh orang lain, tentu saja karena saya belum menetapkan niche pada blog sehingga saya melabeli blog saya dengan personal blog pada awalnya. Walaupun akhirnya kemudian saya mulai fokus untuk menjadi seorang travel blogger. Nah blog saya tersebut adalah www.ardiankusuma.com ini.

MANFAAT .COM DAN .NET SEBAGAI INVESTASI DALAM NGEBLOG

 Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net / .com

Sekitar satu tahun lalu, tiba-tiba ada telepon masuk ke gawai pribadi saya. Si penelepon, seorang mbak-mbak bersuara merdu, yang ternyata adalah pegawai dari perusahaan penyedia domain yang beberapa waktu sebelumnya saya sempat membeli domain dari sana. Mbak-mbak tersebut menawarkan saya untuk mengikuti event dari DotComForMe secara gratis. Tentu saja saya langsung konfirmasi untuk mengikutinya karena yang gratis-gratis itu sangat menyenangkan.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Event tersebut bertemakan "Membangun Identitas Brand Online". Bertempat di Gadjahmada University Club UGM, event ini menghadirkan Erwin Panigoro seorang Digital Entrepreneur dan Herlin Dwi, Co-Founder situs e-commerce yang cukup terkenal. Saya kemudian jadi teringat pernah menggunakan jasa e-commerce milik mbak Herlin Dwi ini selama setahun untuk belajar bisnis. Pelajaran yang dapat saya ambil dari acara tersebut adalah ilmu personal branding online, tentunya jelas branding online tersebut dimulai dengan memiliki situs dengan domain Dotcom atau Dotnet.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Menggunakan domain Dotcom atau Dotnet sangat bermanfaat. Dengan status top level domain atau domain yang paling populer sedunia, saya sendiri merasakan manfaat yang seperti Erwin Panigoro sabdakan. Menggunakan Dotcom ataupun Dotnet dapat meningkatkan branding kita. Dalam level bisnis, penggunaan Dotcom atau Dotnet membuat lebih dapat dipercaya oleh konsumen. Nah, kalau dalam level bloging, penggunaan Dotcom atau Dotnet dapat meningkatkan status profesionalitas kita sebagai bloger. Imbasnya, pekerjaan atau kita sering menyebutnya JOB akan mengalir di blog kita. Blog kita akan menarik perusahaan-perusahaan untuk content placement, meminta review produk mereka atau sekedar memasang iklan di blog kita.

Saya, dalam kurun waktu setahun ngeblog menggunakan Dotcom, sudah berpuluh tawaran JOB saya terima. Bahkan beberapa diantaranya saya tolak karena alasan tidak sesuai dengan niche blog saya (ingat konsisten itu perlu). Nilai rupiah JOB yang ditawarkan memang tidak sama setiap bulan, namun tetap saja ada banyak tawaran yang datang. Perusahaan menilai, blog yang memiliki top level domain mampu mengangkat produk yang mereka miliki. Selain tentunya diimbangi dengan konsistensi menulis dan menentukan niche, domain Dotcom dan Dotnet adalah investasi yang penting dalam ngeblog.
Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
sumber foto: pixabay.com
Investasi menggunakan Dotcom dan Dotnet pun terhitung murah, pada situs DotComForMe saja, membeli domain melalui situs tersebut hanya cukup mengeluarkan biaya Rp 100.000 per tahun, bayangkan tak sampai Rp 8.500 saja kita keluarkan tiap bulan. Misalkan dalam sebulan saja kita dapat 1 JOB dengan bayaran yang rata-ratanya adalah Rp 100.000 s/d Rp 150.000. Mendapat JOB sekali saja sudah dapat kita gunakan untuk memperpanjang domain selama satu tahun. Belum lagi kalau kualitas blog kita bagus karena kekonsistenan kita, tentu perusahaan dapat meningkatkan bayaran yang akan kita terima.

Rp 100.000 per tahun itu adalah harga untuk domain saja. Layanan blogger.com kita tahu dapat di alihkan ke domain pribadi kita melalui pengaturan DNS. Nah misal mau yang lebih profesional lagi, DotComForMe juga menyediakan Paket Blog. Paket blog ini dapat kita dapatkan dengan membayar Rp 150.000 per tahun. Dengan harga semurah itu, domain Dotcom atau Dotnet akan kita dapatkan ditambah dengan  space hosting sebesar 500MB yang sangat ideal untuk bloger pemula. Tak perlu repot karena sudah terinstal wordpress didalamnya. Selain itu email profesional yang unlimited akan menambah senjata personal branding kita.

Hal-hal yang dapat saya rangkum dari manfaat dan keunggulan menggunakan top level domain .net / .com sebagai investasi dalam ngeblog adalah:

  1. Blog kita akan mudah dikenal - dengan nama domain yang mudah diingat, blog kita mudah pula ditemukan;
  2. Meningkatkan personal branding kita sebagai bloger - kartu nama kita terlihat lebih manis dengan alamat blog berdomain Dotcom atau Dotnet;
  3. Membuat kita menjadi bloger yang lebih profesional - identitas sebagai bloger lebih diakui secara profesional dengan top level domain;
  4. Akan membuat blog kita mendapat banyak tawaran JOB dari agen/perusahaan - top level domain Dotcom atau Dotnet ditambah dengan konsisten menulis, perusahaan mana yang tidak tertarik memberi JOB;
  5. Pamer - tentu saja, kita dapat pamer nama kita ada embel-embel Dotcom atau Dotnet dibelakangnya kepada teman-teman kita, seperti www.ardiankusuma.com, mereka akan takjub melihatnya.

Dengan rangkaian manfaat menurut pengalaman pribadi saya diatas, sudah jangan pikir panjang lagi. Ayo mulai gunakan Dotcom dan Dotnet sebagai modal investasi. Karena investasi sendiri adalah penanaman modal untuk tujuan memperoleh keuntungan (KBBI). Maka investasi blog berarti harus mendapatkan keuntungan dari ngeblog.


KURANG PUAS DENGAN .COM

Benar, saya kurang puas dengan Dotcom saja. Maka dari itu dengan sigap segera mumpung domain dengan nama saya belum diambil orang (hiks nama saya pasaran), saya memutuskan untuk membeli domain Dotnet.

Nah mumpung sedang ada promo harga spesial untuk para blogger di DotComForMe, tanpa pikir panjang langsung saya ambil paket blog untuk satu tahun. Berikut proses pembelian di DotComForMe yang tanpa ribet dan cepat kilat aktif.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

1

Karena saya awalnya dapat info harga spesial ini saat melihat situs Kompetisi Blog #DotComForBlogging maka kalian dapat mengunjungi competition.dotcomforme.com untuk info detail dan sekalian saja kalau ingin ikut kompetisi blognya yang berhadiah puluhan juta rupiah, juara pertama dapat IPAD loh!

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Info yang saya maksud adalah banner sebelah kiri yang bertuliskan HARGA SPESIAL UNTUK PARA BLOGGER. Nah, klik saja BELI SEKARANG.

2

Masuk ke situs DotComForMe langsung lanjutkan dengan mencari nama domain pilihanmu. Jangan lupa terenyumlah dengan lebar jika domainmu pilihanmu tersedia.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com


3

Udah, nggak usah pikir panjang langsung klik LANJUTKAN... (Nada kampanye SBY...)

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

4

Centang layanan tambahan yang diberikan gratis oleh DotComForMe berupa Pengelolaan DNS dan Email Forwarding. Dan, lanjutkan...

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

5

Nah ini penting, untuk mendapatkan HARGA SPESIAL, silahkan masukan kode blog100 pada kolom Kode Promosi. Harga awal Rp 150.000, dengan kode harga spesial menjadi Rp 100.000 saja. Mantap jiwaaa...


Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

6

Langkah selanjutnya kalian tinggal klik Selesaikan Pemesanan - Bayar - Konfirmasi dan asal kalian tahu saja bahwa Customer Service DotComForMe sangat cepat dalam urusan melayani konsumen. Nggak membutuhkan waktu lama domain saya langsung aktif berikut dengan instalasi blog wordpress didalamnya. Oh iya, ternyata bukan sekali ini saja saya beli domain di DotComForMe. Ini adalah kali kedua saya menggunakan layanan pembelian domain disana dan sejauh ini sangat recommended! Jadi ayo segera beralih ke Dotcom atau Dotnet untuk ngeblog. Kalau untuk beli domain atau paketnya ya di DotComForMe dong.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Dibawah ini tampilan blog saya yang baru di www.ardiankusuma.net, jadi selain www.ardiankusuma.com saya juga punya versi Dotnet-nya. Jangan buru-buru bilang cupu karena namanya juga blog baru dibuat, temanya juga masih default hehehe. Kedepannya saya yakin blog baru saya ini akan bertaburan artikel dari sponsor. 

Investasi untuk bloger, itulah keunggulan menggunakan top level domain .net / .com. Jadi, mari manfaatkan .com dan .net sebagai investasi dalam ngeblog. Sekian.
Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Blog saya yang baru nih, www.ardiankusuma.net, paket blognya dari DotComForMe

***

Sharing pengalamanmu menggunakan Top Level Domain .com / .net dan dapatkan iPad Air 2, asyikan? Yuk daftar Dot Com For Me Blog Competition 2016 di sini http://competition.dotcomforme.com
siapa tahu kamu yang beruntung. #DotComForBlogging
Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

18 komentar

Write komentar
15 Desember 2016 06.27 delete

Wah mantap gan aku jga pke .com buat blog lbih mudah mnarik juga domainnya

Reply
avatar
15 Desember 2016 07.21 delete

Lengkap sekali ulasannyaa mas. . Tfs yaaak. Semogaa menang lombanya 😁 Aamiin. .

Reply
avatar
15 Desember 2016 08.37 delete

Halo om :)
ngeblog yang susah itu ngilangi rasa males buat nulis. kadang ide ada tp males nulis.. pas pengen nulis, ide nya udah lupa.

trus juga kek ane, blog pribadi, jadi susah tentuin ke 1 niche khusus gitu #tepokjidat, ada nya ya campur gado gado hehe...

lam kenal om.. salam WB

Reply
avatar
15 Desember 2016 09.25 delete

Iya mas, lebih ada trust dari pembaca

Reply
avatar
15 Desember 2016 09.28 delete

Bener om, asal nulis aja kadang gak sreg.. artikel ini aja aku masih agak kurang sreg

Reply
avatar
15 Desember 2016 10.36 delete

Waduh, super sekali.. ajari aku kakak... :D

Reply
avatar
15 Desember 2016 11.53 delete

wah keren ni, apalagi kalau penyedia hosting dan reseller domainnya mau bikin acara-acara seperti itu, menarik banget

Reply
avatar
21 Desember 2016 16.08 delete

Aku baru 2 bulan nih pake TLD dan emang bener banget udah mulai terasa bedanya. Dari pengunjung mulai naik, kemudian semangat bloging juga lebih gede. Biasanya kalo udh capek ya batal blogging, tapi sekarang lebih seneng blogging daripada tiduran.

Reply
avatar
24 Desember 2016 11.33 delete

Wuih ngeblognya udah dari tahun duaribu... mohon bimbingannya nieh mas...

Reply
avatar
3 Januari 2017 10.43 delete

Aku blogging juga nunggu ada waktu kok kak

Reply
avatar
3 Januari 2017 10.43 delete

Dari tahun dua ribu kan bikin blognya, ngisinya ya embuh hahahahaaha

Reply
avatar
5 Januari 2017 06.44 delete

Permisiii...juri mampir yaa

Reply
avatar
11 Januari 2017 05.36 delete

pengalaman ngeblog njenengan sudah lama mas...perlu belajar banyak dr sampean :D

Reply
avatar