Etalase Taman Batu Geopark Gunung Sewu

2/11/2017
Etalase Taman Batu Geopark Gunung Sewu

Kabupaten Gunungkidul telah ditetapkan sebagai daerah yang memiliki geopark kelas dunia oleh UNESCO. Geopark Gunung Sewu namanya, membentang dari wilayah DIY dan sebagian wilayah Jawa Tengah serta Jawa Timur. Kekhasan dari Gunung Sewu adalah wilayah dengan karst istimewa yang meninggalkan berbagai batuan hasil dari proses geologi. Berbagai batuan tersebut dapat kita lihat disebuah tempat yang bernama Etalase Taman Batu atau Stone Garden yang juga menjadi gerbang untuk mengenal Geopark Gunung Sewu.

Tempat ini berada Jalan Wonosari - Tepus tepatnya di desa Mulo. Jika menuju pantai Siung, Wediombo, Nglambor dan sekitarnya tanpa melewati pantai Baron, pasti kita akan melewati Etalase Taman Batu ini. Tempat ini belum lama dibuka sehingga belum banyak masyarakat yang mengetahui apa fungsi dari tempat ini. 

Etalase Taman Batu Geopark Gunung Sewu

Etalase Taman Batu Geopark Gunung Sewu

Di tempat yang mirip terminal ini memang difungsikan untuk pengenalan awal seluruh hasil geologi kawasan Gunung Sewu. Istilah kerennya adalah gerbang Geopark Gunung Sewu. Berbagai batuan dipamerkan pada etalase luar secara outdoor. Batuan-batuan tersebut berasal dari daerah geosite Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan. 

Selain batuan-batuan yang berada di etalase luar terdapat pula gedung kecil yang digunakan untuk menyimpan batuan yang lebih langka atau yang lebih rawan rusak. Batuan-batuan tersebut adalah batuan fosil hewan, batuan tumbuh-tumbuhan dan batuan kristal.

Etalase Taman Batu Geopark Gunung Sewu

Etalase Taman Batu Geopark Gunung Sewu

Pemikiran saya. tempat ini mungkin bisa dapat lebih sering dikunjungi jika difungsikan juga sebagai rest area karena tempatnya yang luas. Selain itu, pengawasan harus lebih dapat ditingkatkan lagi karena papan informasi batuan yang ada di etalase luar ada sebagian yang hilang. 

Jadi, mari sejenak mampir di Etalase Taman Batu Geopark Gunung Sewu ini jika mengunjungi Kabupaten Gunungkidul.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
11 Februari 2017 15.11 delete

bebatuannya hanay segitu atau di temapt lain ada ya??

Reply
avatar
11 Februari 2017 16.59 delete

Rajin explore sejak nganune baru... :D

Reply
avatar
14 Februari 2017 06.38 delete

tempat ini masih di renovasi ya? Soalnya rumput-rumputnya nampak kurang rapi.

Reply
avatar
14 Februari 2017 07.35 delete

Sudah jadi namun terus tak terawat koh

Reply
avatar
15 Februari 2017 01.33 delete

Sudah cukup lama nggak melipir ke pantai-pantai GK, jadi nggak tau ada tempat beginian. Sepertinya kalo dikemas lebih atraktif dan ditambahi macem-macem bisa lebih seru ya, mas. Kalo ginian aja mah pengunjung biasa mungkin bakalan ogah mampir. Jadi semacam eman-eman dananya #eh.

Reply
avatar
16 Februari 2017 01.23 delete

Pas lewat situ on progres tak kiro rest area yoan :)

Reply
avatar