Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon

2/28/2017
Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon

Kamera digital adalah kebutuhan penting bagi para blogger. Selain untuk gaya, kamera digunakan untuk alat bantu merekam foto atau video yang lebih baik daripada gawai. Saya merekomendasikan kamera tipe mirrorless untuk jadi pilihan. Alasan paling masuk akal adalah kepraktisan dan ukurannya yang kompak.

Saya termasuk orang tidak ingin ribet dalam membawa sesuatu. Kamera DSLR yang sering saya pakai adalah Canon EOS Kiss X4 atau 550D. Ukurannya cukup memakan tempat di tas. Selain itu, berat kamera tersebut menambah beban barang bawaan.

Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon
Canon EOS 550D (kiri) dan Canon EOS M10 (kanan) 
Kamera mirrorless pertama yang saya miliki berasal dari merk tetangga Canon. Kameranya cukup mungil dan praktis namun kemampuannya kurang begitu membuat saya puas karena hanya memiliki sensor sebesar 1 inci. Kemudian saya mengambil keputusan untuk mencari kamera mirrorless yang sesuai dengan keinginan saya.

Pilihan saya akhirnya jatuh kepada kamera mirrorless Canon EOS M10. Kebetulan, budget yang saya miliki pas-pasan. Dan pada akhir tahun 2016 kemarin saya ditawari promo menarik untuk mengambil kamera ini. Tanpa pikir panjang saya langsung mengiyakan tawaran tersebut.

Karena saya adalah pengguna kamera DSLR Canon, tentunya sudah tidak asing dengan menu pengaturan saat menggunakan mirrorless Canon, keduanya hampir sama persis. Perbedaannya hanya yang satu menggunakan tombol dan yang satu menggunakan layar sentuh. Review singkat saya soal kamera mirroless Canon EOS M10 dapat dilihat disini.

Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon
Menu M (manual) di mirrorless Canon EOS M10
Kembali ke kenapa saya memilih mirrorless Canon. Beberapa review positif belakangan ini mengenai kamera mirrorless pemula banyak mengarah ke mirrorless Canon. Seri kamera mirrorless Canon pun komplit. Mulai dari Canon EOS M10 yang ditujukan ke pemula, Canon EOS M3 yang ditujukan fotografer yang ingin lebih serius dan Canon EOS M5 yang ditujukan kepada fotografer profesional.

Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon

Ketiga seri yang sudah mewakili keinginan konsumen tersebut pun masih ditambah dengan seri yang baru-baru ini resmi diluncurkan yakni Canon EOS M6. Canon EOS M6 ini ditujukan untuk mengisi ruang antara Canon EOS M3 dan M5 yang selisih harganya lumayan jauh.

Dengan seri yang tidak terlalu banyak justru membuat Canon kuat untuk urusan penjualan. Terbukti penjualan kamera mirrorless Canon nomor 1 di Indonesia selama tahun 2016. Walaupun banyak yang meragukan kemampuan mirrorless Canon (karena belum mencoba), mirroless Canon terlaris di Indonesia.

  • Canon EOS M10 dengan lensa 15-45mm : 5 jutaan
  • Canon EOS M3 dengan lensa 15-45mm : 7 jutaan
  • Canon EOS M5 dengan lensa 15-45mm : 15 jutaan
  • Canon EOS M6 dengan lensa 15-45mm : 12 jutaan (menurut kabar)

Jaringan pelayanan perbaikan kamera Canon juga menjadi faktor penting. Kita tahu, jaringan kamera Canon melalui PT. Datascrip telah ada di seluruh Indonesia sehingga memudahkan untuk layanan purna jual. Bandingkan dengan merk lain yang masih terfokus dengan kota-kota besar saja.

Kegiatan penopang produk kamera Canon sudah berada di level Asia, tidak hanya secara nasional. Contohnya adalah acara Canon Photo Marathon. Walaupun memang kekurangan Canon adalah jarang melakukan kegiatan-kegiatan kecil dalam suatu kelas/tertutup (khusus pengguna).

Mudahnya Menggunakan Mirrorless Canon

Awalnya saya tentu lebih sering menggunakan mode Auto. Tentu saja membiarkan kamera bekerja sendiri membuat saya kurang puas. Akhirnya saya mulai mencoba mode manual secara perlahan, mulai dari P, Av dan Tv. Kemudahan navigasi dengan layar sentuh membuat saya lebih cepat paham tentang mode manual.

Mirrorless Canon juga memberikan pilihan mode pengaturan bagi pemula agar hasil fotonya lebih kreatif seperti Handheld Night Scene, Food, HDR, Fis-eye effect, Art bold effect, Water painting effect, Miniature effect, Toy camera effect, Soft focus, dan Grainy B/W.

Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon
F6.3, 1/60 sec, ISO-100, 45mm 
Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon
F8, 1/60 sec, ISO-800, 45mm
Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon
F8, 1/100 sec, ISO-160, 45mm
Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon
F3.5, 1/60 sec, ISO-800, 15mm
Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari mirrorless Canon adalah layanan purna jual dan pengoperasian yang mudah. Untuk tiap seri mirrorless-nya sendiri, misalkan Canon EOS M10 milik saya adalah mudah dalam pemindahan data. Ya, fitur wifi transfer paling saya sukai dari mirrorless Canon.

Dalam pemindahan data yang cepat membuat saya langsung bisa mengunggahnya ke media sosial. Secara otomatis gambar yang ditransfer sudah ter-resize menjadi lebih kecil dari ukuran aslinya namun tidak mengubah kualitas gambar.

Kekurangan mirrorless Canon sendiri adalah pengkotak-kotakan fitur sesuai seri. Namun itu memang wajar untuk strategi penjualan. Kekurangan kedua adalah selisih harga yang cukup jauh pada tiap serinya.

Canon EOS M10 ditujukan untuk pemula, lalu Canon EOS M3 ditujukan untuk yang lebih serius dengan menambah hot shoe kamera dan kualitas pixel yang lebih baik, Lalu ada Canon EOS M5 sebagai flagship mirrorless Canon yang memiliki fitur layaknya kamera profesional (sudah mencakup seluruh fitur yang diinginkan pada sebuah kamera).

Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon

Penguasaan pasar, purna jual dan pengoperasian yang mudah membuat saya yakin untuk menyarankan para blogger sebaiknya memilih mirrorless Canon. Apalagi fitur-fitur mirrorless Canon memungkinkan untuk menunjang pembuatan Vlog yang kini sedang digandrungi para blogger.

Berbagai fitur yang ada sangat pas untuk menunjang kegiatan para blogger. Desain bergaya, ukuran kompak dan bodi kuat. Selain itu harga lensa mirrorless Canon EF-M lebih terjangkau dari lensa sejenis merk lainnya. Masih ditambah dukungan dari puluhan lensa DSLR Canon yang dapat dipasang di bodi mirrorless Canon (dengan adapter).

Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon
F8, 1/320 sec, ISO-100, 15mm
Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon
F6.3, 1/100 sec, ISO-160, 45mm

Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon
F3.5, 1/250 sec, ISO-1250, 15mm

Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon
F16, 1/4 sec, ISO-100, 15mm

Mengapa Sebaiknya Memilih Mirrorless Canon

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

16 komentar

Write komentar
28 Februari 2017 12.51 delete

Pengen banget punya kamera mirrorless.

Reply
avatar
28 Februari 2017 13.31 delete

Yang aku pengenin belum dapeeet. Keburu duitnya kabur

Reply
avatar
28 Februari 2017 16.43 delete

Oh lagi ngerti :)
Lagi galau nabungs mau beli kamera nggak kelakon²
Biasanya pake canon sih

Reply
avatar
28 Februari 2017 18.59 delete

Yuk nabung, mau coba punyaku boleh

Reply
avatar
28 Februari 2017 19.00 delete

Wah aku ngiler pengen ganti Canon sejak lama, tapi yang sekarang masih bisa dipakai ehehe

Reply
avatar
28 Februari 2017 19.35 delete

Bagi info nih, mas...
Kalau butuh kelengkapan aksesoris canon, mau baterai atau usb charger yg murah di olshop terpercaya...bisa buka priceza.co.id, cek harga dulu sebelum membeli

Sip...
Kece2 loh jepretannya
Saya...pengen jadi modelnya :l

Reply
avatar
1 Maret 2017 06.02 delete

Wkwkww ra mboseni iku nulis data exif di tiap foto? Kwkw

Aku malah gak begitu mirrorless mas, karena gak bisa langsung jadi hasilnya. Mau nyari kamera insta aja, sekali cekrek, langsung jadi hasilnya....wkwkkwkw

Reply
avatar
1 Maret 2017 07.21 delete

Wkwkwkwk men ketot wangun Je, Zal akhir maret ayo rafting neng Serayu

Reply
avatar
2 Maret 2017 10.51 delete

Hasil nya sangat bagus banget mas kamera mirroless canon nya..

Reply
avatar
4 Maret 2017 22.02 delete

Sesama yang baru aja pindahan dari brand sebelah ke canon harus saling melengkapi om.. wkwk..
Kapan kopdar iki??

Reply
avatar