Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong

3/05/2017
Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong
Hiking di Hong Kong. foto: pixabay.com
Apa yang terlintas di pikiran saya jika mendengar kata Hong Kong. Pertama adalah kenangan masa kecil tentang film-film Hong Kong yang seringkali diputar di televisi saat itu, apalagi saat film bertemakan vampire , BoBoHo atau film-film yang dibintangi oleh Stephen Chow. Rasanya deretan film tersebut adalah film-film terbaik di dunia.

Kedua adalah gambaran kota megah dan gemerlap. Gambaran inipun terekam di otak saya karena berbagai film Hong Kong yang saya saksikan. Kota dengan gedung pencakar-pencakar langit nan megah membuat terbesit pikiran, saya harus ke Hong Kong. Melihat kemegahan dengan mata kepala sendiri.

Ketiga adalah sebuah pertanyaan. Loh kok pertanyaan? Iya, karena saya mengenal Hong Kong sebagai kota industri dan metropolitan. Mendengar kata Hong Kong, selalu terlintas pertanyaan di pikiran saya, "Kalau ke Hong Kong, selain wisata kota apa ada destinasi wisata outdoor?". 

Beruntunglah saya akhirnya menemukan http://www.discoverhongkong.com/id/, sebuah situs informasi wisata di Hong Kong. Situs tersebut membuat saya semakin bahagia karena  ada pilihan bahasa Indonesia sehingga mudah untuk ditelusuri. Saya menemukan beberapa destinasi outdoor yang bisa dikatakan anti mainstream karena destinasi tersebut berada di Hong Kong.

Dan inilah destinasi outdoor anti mainstream di Hong Kong yang ingin saya kunjungi:

PANTAI-PANTAI

Big Wave Bay Beach (Pantai Teluk Ombak Besar)

Pantai ini dapat dijadikan tempat surfing yang menyenangkan. Waktu yang tepat untuk kesini adalah saat musim panas antara bulan April sampai dengan Oktober. Pantai Big Wave Bay dibuka dari pagi dan tutup pada sore hari. Lokasi pantai dapat dilihat disini: http://www2.map.gov.hk/gih3/view/index.jsp

Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong
Big Wave Bay Beach saat ramai. foto: www.lcsd.gov.hk
Pui O Beach 

Pantai ini unik, karena memiliki bentangan pasir dan ombak terpanjang di Hong Kong. Pantai ini juga terlihat hijau karena banyak tumbuh pepohonan di pinggir pantai. Pantai ini mengingatkan saya dengan Pantai Sepanjang di Gunungkidul, Yogyakarta yang memiliki bentang yang panjang dan pasir putih yang luas. Musim panas masih waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai Pui O ini. Lokasi pantai: http://www2.map.gov.hk/gih3/view/index.jsp

Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong
Bentang pasir putih yang panjang di pantai Pui O. foto: www.lcsd.gov.hk
Hung Sing Yeh Beach

Menikmati musim panas dengan barbeque di pinggir pantai adalah suatu kenikmatan yang tiada tandingannya, pantai Hung Sing Yeh sangat cocok untuk melakukan hal tersebut. Ingat, kunjungi pantai ini saat musim panas saja karena layanan penjaga pantai hanya tersedia saat musim panas. Lokasi pantai Hung Sing Yeh: http://www.map.gov.hk/gih3/index.jsp?gih3ID=reS55JdVEN&lang=en

Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong
Pantai Hung Sing Yeh. foto: www.lcsd.gov.hk
PEGUNUNGAN

The Dragon's Back (Punggung Naga)

Punggung Naga adalah jalur treking yang indah bagi para penikmat hiking menyusuri perbukitan. Jalur Punggung Naga ini menghubungkan puncak Wan Cham San dan puncak Shek O yang jalannya jika dilihat dari atas menyerupai ular naga.

Selama melakukan treking kita akan disuguhi pemandangan alam Hong Kong. Sungguh sesuatu yang tidak biasa di Hong Kong. Pemandangan pantai dan bangunan-bangunan juga dapat kita lihat dari kejauhan saat berada di titik akhir-nya.

Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong
Jalur treking Punggung Naga. foto: klook.com
WISATA SEPEDA

Tai Lam Mountain Bike Trail

Bersepeda adalah hobi saya, maka dari itu mengunjungi Tai Lam Mountain Bike Trail sepertinya sangat perlu bagi saya. Jalur trail dengan sepeda ini berjarak kira-kira 22 kilometer. Kita akan diajak melalui hutan dengan trek-trek menantang. Bonus dari bersepeda ini adalah alam Hong Kong yang ternyata begitu mempesona. Pada bagian akhir kita akan disuguhi pemandangan danau yang terlihat sangat menyegarkan.

Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong
Bersepeda mengasyikkan di Tai Lam Mountain Bike Trail. foto: info.gov.hk

TAMAN ALAM


Hong Kong Global Geopark of China

Hong Kong adalah sebuah Geopark. Dan taman alam Hong Kong Global Geopark of China adalah tempat yang cocok untuk mengenal peninggalan ekologi di Hong Kong. Di lokasi ini saya ingin membandingkan geopark di Hong Kong dengan geopark di tempat tinggal saya Yogyakarta. Kabarnya peninggalan bebatuan di Hong Kong sangat unik, saya jadi penasaran.


Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong
Hong Kong Global Geopark. foto: http://www.volcanodiscoverycentre.hk/en/
PULAU LAMMA

Gua Kamikaze

Gua ini menjadi saksi bagaimana peran Jepang dan Hong Kong saat Perang Dunia ke-2. Situs ini menjadi menarik karena gua adalah wisata anti-mainstream di Hong Kong. Kamikaze sendiri diambil dari nama tim Jepang yang berada dalam gua tersebut untuk melakukan penyerangan terhadap musuh. Wisata gua atau caving adalah favorit saya, itulah alasan saya memasukan Gua Kamikaze di list jika ke Hong Kong.

Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong
Goa Kamikaze. foto: ilovehongkong.org
Yung Sue Wan Main Street

Tempat ini sangat cocok untuk pilihan mencari oleh-oleh di Hong Kong. Di sepanjang jalan Yung Sue Wan kita dapat menemukan kuliner dan souvenir khas Hong Kong. Tentunya tempat ini sangat membantu kita menghadapi teman-teman yang suka "titip" oleh-oleh.

Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong
Jalan Yung Sue Wan yang menyenangkan. foto: panoramio.com
PULAU CHEUNG CHAU

Gua Cheung Po Tsai

Kabarnya gua ini adalah bekas tempat persembunyian bajak laut. Wah, saya jika ada disana pasti membayangkan seperti berada di dalam film Pirates of Carribean. Cheung Po Tsai sangat dikenal sebagai bajak laut yang besar. Bahkan dia sempat diangkat sebagai perwira pada pemerintahan dinasti Qing. Satu kata, luar biasa!

Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong
Gua Cheung Po Tsai yang memacu adrenaline. foto: http://www.mook.com.tw
Pak She Praya Road

Seafood adalah favorit saya dan Pak She Praya Road akan menyediakannya. Ya, tempat ini terkenal dengan aneka olahan seafoodnya. Jalan Pak She dekat dengan dermaga kapal yang armada tangkap ikannya selalu ramai. Tentunya jaminan kualitas dan kesegaran ikannya sangat terjamin.

Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong
Menikmati seafood langsung di pinggir dermana. foto: panoramio.com
PULAU PENG CHAU

Bekas Tanur dan Pabrik Korek Api

Dan ini destinasi anti-mainstream terakhir pilihan saya di Hong Kong. Sebuah tempat yang mungkin akan dianggap biasa-biasa saja bagin sebagian orang namun, saya selalu menarih garis sejarah jika berada di suatu tempat. Dan bekas pabrik ini, menurut saya sangat bersejarah.

Pabrik pertama adalah pabrik Tanur Sing Lei Hap Gei. Tanur adalah termasuk bahan baku konstruksi, pembuatan kertas, pewarna dan lain-lain. Tanur terbuat dari cangkang kerang, remis, dan koral. Tanur sangat populer pada abad 19, namun pamornya surut sejak 1950an.

Pabrik korek api Peng Chau sangat populer pada jaman dahulu bahkan pemiliknya, Liu-Hong Sheng sempat dijuluki raja korek api. Kini kemegahan pabrik hanya menyisakan bangunan tua. Namun bangunan tua tersebut masih menjadi menarik karena masih dipertahankan untuk mengenang sejarahnya dahulu.

Destinasi Outdoor Anti Mainstream di Hong Kong
Bangunan bekas pabrik. foto: discoverhongkong.com
Nah, banyak sekali kan destinasi outdoor anti-mainstream di Hong Kong. Harapan saya, suatu saat saya bisa mewujudkan sebagian atau bahkan semua pilihan destinasi disana. Postingan ini diikutsertakan dalam kompetisi blog #WegoDiscoverHK. Saya benar-benar sangat ingin mewujudkan mimpi sejak kecil saya untuk menjelajahi Hong Kong.

Berkaitan dengan #WegoDiscoverHK ini, Wego juga mengadakan acara Wego Hangout - Discover Hong Kong Like a Local. Jadi acara ini adalah ngobrol seru tentang destinasi ramah muslim dan wisata keluarga di Hong Kong. Kamu dapat mengikuti acaranya dengan mendaftar disini https://www.eventbrite.com/e/wego-hangout-discover-hong-kong-like-a-local-tickets-32227883467.

Semoga kita semua dapat mewujudkan mimpi untuk menjelajahi Hong Kong. Amin.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

13 komentar

Write komentar
7 Maret 2017 09.50 delete

Wah keren-keren ya, Mas. Aku lebih suka pemandangan yang ada sepedanya. Sepertinya memang asik tempatnya untuk bersepeda ya, Mas.

Reply
avatar
7 Maret 2017 12.24 delete

Tujuan utama saya ke Hong Kong adalah biar saat pulang ditanyain orang,
"Dari mana Mas?"
"Dari HONG KONG..!!?" Wkwkkww

Reply
avatar
8 Maret 2017 20.34 delete

Hwahahahahahhaaa pdhal aku mo komentar begitu. wwkwkwkwk

Reply
avatar
9 Maret 2017 07.42 delete

Iya, Hong Kong versi anti-mainstream

Reply
avatar
9 Maret 2017 18.54 delete

gua kamikaze kayak jurus di film kartun wkkkk...masnya dari Hong Kong ya ???

Reply
avatar
10 Maret 2017 10.01 delete

Dulu ke HK gak ke semua tempat yang disebutin di atas. Bener-bener anti mainstream :D good luck ya mas:)

omnduut.com

Reply
avatar
10 Maret 2017 11.42 delete

Gak jadi hiks, bikin passport sekarang 25 juta

Reply
avatar
10 Maret 2017 11.44 delete

Hiks, kalah sama Wira Nurmansyah mas..

Reply
avatar
15 Maret 2017 01.12 delete

Wah, beberapa kali ke Hongkong, tempat-tempat di atas belum ada yang pernah saya kunjungi. Nice info....

Reply
avatar
15 Maret 2017 08.34 delete

makasih mas, sharignya, mga makin sukses

Reply
avatar
20 Maret 2017 08.01 delete

Wah keren, harus dicoba dong mas

Reply
avatar
20 Maret 2017 08.01 delete

Sukses juga mas ternak ayamnya

Reply
avatar