Saya dan Kolaborasi

4/24/2017
Saya dan Kolaborasi

kolaborasi/ko·la·bo·ra·si/ n (perbuatan) kerja sama (dengan musuh dan sebagainya)


Kolaborasi adalah kerjasama. Tentu saja saya sebagai bloger tidak akan lepas dengan namanya kerjasama. Baik itu kerjasama antar sesama bloger ataupun kerjasama dengan client yang era sekarang menjadi hal yang biasa bagi seorang bloger.

Kolaborasi memang hal yang menjadi simbiosis mutualisme atau kegiatan saling menguntungkan. Kalian mungkin sekarang sering dengar lagu duo DJ yang bernama The Chainsmoker? Lagunya yang berjudul Something Just Like This begitu booming karena berkolaborasi dengan grup band papan langit Coldplay.

Bayangkan jika grup DJ tersebut tidak kolaborasi dengan band terkenal. Walaupun sebagian besar lagunya bagus dan enak didengar namun urusan marketing pasti akan susah menaikan pamor The Chainsmoker karena masih sedikitnya DJ mengeluarkan album.

Kembali ke saya, inilah beberapa kolaborasi yang pernah saya lakukan:

1. Kolaborasi dengan Komunitas Blogger Jogja (KBJ) 

Saya baru sekitar setahun ikut komunitas blogger jogja. Kolaborasi yang saya lakukan dengan mereka adalah review beberapa tempat dan event khususnya di Jogja. Keuntungan bagi saya adalah dikenal oleh brand. Keuntungan bagi brand yang mengajak saya kolaborasi tentunya adalah produk atau event mereka jadi dikenal.

2. Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Ada beberapa pemerintah daerah yang berkolaborasi dengan saya, salah satu contohnya adalah Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Wujud kolaborasi tersebut adalah Familiarization Trip (FamTrip) ke destinasi pilihan untuk saya promosikan melalui media sosial dan blog yang saya miliki. Keuntungan bagi saya tentu saja dapat liburan dengan gratis. Keuntungan bagi pemerintah daerah adalah mereka punya marketing yang efektif, karena memang bloger adalah awak media yang sangat hebat soal buzzer sesuatu.

3. Kolaborasi dengan Brand

Pasti, entah kapan. Seorang bloger akan dihubungi sebuah brand untuk mempromosikan produk brand tersebut. Setelah berbulan-bulan ngeblog saya akhirnya dihubungi sebuah brand untuk mempromosikan produknya. Kolaborasi antara bloger dan brand memang sesuatu yang terkadang mengusik idealisme. Entah produk yang sebenarnya tidak cocok untuk kita atau pembayaran yang menurut kita tidak pantas diterima. Namun jika kalian sudah masuk di dunia bloger, hal ini dapat kalian atur tanpa harus kehilangan kolaborasi bloger dan brand. Karena saya (menyebut diri sebagai) travel bloger, brand yang sering datang ke email saya adalah Traveloka.

Demikian cerita saya dan kolaborasi. Hmm kira-kira apakah peserta Liga Blogger Indonesia 2017 mau berkolaborasi?

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
25 April 2017 04.21 delete

Saya sudah berkolaborasi dengan banyak komunitas.
Hasilnya, banyak teman dan rezeki mengalir begitu saja...

Reply
avatar
25 April 2017 20.06 delete

Kolaborasi sepertinya dibutuhkan nyaris di semua lini kehidupan, tdk ada hal yg secara tunggal dan sendirian di dunia ini.

Sistem metabolisme di dalam tubuh kita juga termasuk kolaborasi menurut saya.

Reply
avatar