Apakah Bloger Perlu Coworking Space?

5/02/2017
Apakah Bloger Perlu Coworking Space?
foto: jogjadigitalvalley.com
Artikel saya kali ini adalah tentang suatu ruangan kerja bernama Coworking Space. Coworking space adalah ruangan (atau bisa disebut kantor) tempat kita bekerja, biasanya suatu coworking space adalah gedung perkantoran yang berisi berbagai perusahaan-perusahaan startup. Contoh coworking space adalah gedung Jogja Digital Valley (JDV) yang berada di kota saya, Yogyakarta. Di JDV tersebut, beberapa startup bernaung dibawahnya.

Bicara soal coworking space, bagi seorang pekerja tentu ruangan khusus untuk bekerja itu perlu. Pekerja yang profesional pasti membutuhkan suatu ruang khusus untuk bekerja. Maka dari itu perkembangan coworking space di Indonesia sangat pesat karena berbanding lurus dengan munculnya perusahaan-perusahaan startup yang jelas membutuhkan kantor profesional. Coworking space juga dibuat agar perusahaan startup tersebut mudah ditemukan dan terangkat brandingnya jika berada dalam suatu coworking space yang terkenal.

Beberapa contoh coworking space yang berada di Indonesia adalah:

1. Bandung Digital Valley

Gedung coworking space ini didirikan oleh Telkom. Tempat ini dapat digunakan untuk kantor, tempat meeting, seminar dan lain sebagainya. Beberapa penggunaan fasilitas di dalamnya gratis.

2. COMMA

COMMA berasal dari kata Collaboration Matters, gedung ini adalah coworking space pertama di Jakarta. COMMA lebih dikhususkan untuk entrepreneur di Jakarta dan sekitarnya. Butuh buaya sewa untuk menggunakan fasilitas gedung coworking space ini. Biaya sewanya kurang lebih Rp 3 juta/tahun.

3. Freeware

Inilah konsep coworking space yang benar-benar diaplikasikan seperti yang saya katakan di awal. Freeware digunakan oleh hampir 14 perusahaan startup di Jakarta. Karena coworking space ini adalah program dari Medco Energi maka perusahaan startup terpilih yang menggunakannya tidak dikenakan biaya.

4. HackerSpaceBDG

Didirikan untuk memfasilitasi perorangan, komunitas ataupun startup yang berorientasi secara digital. Fasilitas di gedung ini full akses internet. Biaya penggunaan gedungnya sangat terjangkau, hanya Rp 500.000/bulan.

5. HackerSpaceYK

Sama dengan HackerSpaceBDG, tempat ini juga didirikan untuk perorangan, komunitas ataupun startup yang berorientasi secara digital. Terdapat 12 ruangan yang dapat digunakan. Biaya sewa hanya Rp 300.000/bulan.

6. Jogja Digital Valley 

Jogja Digital Valley juga didirikan oleh Telkom. Coworking space ini adalah tempat paling aktif di Jogja. Beberapa perusahaan startup sering menggunakan fasilitas di tempat ini karena biaya penggunaannya gratis.

---

Lalu apakah seorang perlu coworking space? Tentu saja jawabannya adalah perlu. Kita yang mencap diri sebagai bloger mau tidak mau adalah seorang pekerja profesional. Kita tetap butuh ruangan atau tempat khusus untuk bekerja dan berdiskusi membuat konten yang bagus. Sebenarnya tidak perlu kita harus menyewa suatu gedung. Coworking space dapat berupa cafe, rumah teman atau tempat yang kita sepakati untuk dijadikan kantor tidak permanen.

Tema yang diberikan oleh Liga Blogger Indonesia 2017 kali ini memang sepertinya sengaja menyentil kita untuk apakah kita sebagai bloger benar-benar bekerja secara profesinal. Karena adanya coworking space adalah sebagai tempat untuk menunjukan proses dan hasil kerja kita.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
2 Mei 2017 23.33 delete

Coworking space bisa menjadi "kantor"nya para blogger tuh, jadi gak perlu salting jika ditanya : kantornya dimana?

hehehee

Reply
avatar
3 Mei 2017 07.35 delete

sesok ngarep umahku sing bodol kae tak gawene, iso go ngopi karo kwong2 tur iso go iki...ha ha

Reply
avatar
9 Mei 2017 09.14 delete

Lalu, jawaban pribadmimu apa?
Kok menemukan jawaban ngambang. Padahal tema diberikan untuk peserta agar menjawab secara pribadi?

Reply
avatar
9 Mei 2017 13.15 delete

Lalu apakah seorang perlu coworking space? Tentu saja jawabannya adalah perlu.

Reply
avatar