Bloger Memang (Seharusnya) Content Creator

6/20/2017
Bloger Memang (Seharusnya) Content Creator

Jangka setahun sampai dengan dua tahun ngeblog pasti sekali dua kali kita akan di kontak suatu brand untuk bekerja sama. Kerjasama paling masuk akal untuk kita para bloger adalah membuat review produk dari suatu brand. Apabila tidak dilirik oleh brand, pastilah suatu waktu juga kita tetap membuat review untuk kegiatan atau aktivitas yang kita lakukan.

Kegiatan review inilah yang menurut saya adalah kegiatan content creator. Bloger secara langsung dipercaya untuk mengiklankan serta memboomingkan sesuatu melalui tulisan atau konten apapun yang ia buat. 

Saya sendiri masih sering diminta suatu brand untuk membuat konten positif mengenai produk brand tersebut. Kegiatan-kegiatan menghasilkan konten tersebut membuat dunia advertising menjadi lebih beragam dengan adanya para bloger content creator. 

Namun perlu dicatat, tidak serta merta seorang bloger dapat layak untuk menjadi content creator. Saat ini ada beberapa syarat tertentu dari sebuah brand yang mewakilkan agensi sebagai pemilah para bloger. 

Syarat-syarat tersebut sebenarnya sangat sederhana. Namun karena banyaknya bloger di Indonesia tentu saja perlu adanya penyaringan. Syarat paling umum adalah sebagai berikut:

Memiliki TLD

Top Level Domain atau TLD, yang berarti blogmu harus berakhiran dot com, dot net, dot id dan sebagainya ini sangat perlu. Bukan berarti seorang bloger yang memakai jasa blog gratisan tidak disebut bloger. Tentu saja semua yang menulis di dunia maya tersebut adalah bloger. TLD ini perlu karena brand memandang bloger yang memakai domain sendiri tergolong bloger yang serius. 

DA dan PA

Inilah tolok ukur dunia content creator, agensi dan brand saat ini. Yang paling diperhitungkan adalah DA atau Domain Authority. Blog yang memiliki DA besar akan dilirik oleh agensi dan brand. Semakin tinggi DA semakin tinggi pula rate harga yang dapat kita pasang di blog kita. DA ini dipengaruhi oleh umur blog, artikel dan jumlah share kita di dunia maya. 

Nah, jika merasa kita adalah bloger yuk siap-siap juga menjadi content creator yang siap menyambut brand.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
21 Juni 2017 09.56 delete

Simpel dan sangat mengena, nice inpoh broe :)

Reply
avatar
21 Juni 2017 09.57 delete

Simpel dan sangat mengena, nice inpoh broe :)

Reply
avatar