Pengalaman Menggunakan Layanan Perbankan Syariah

6/06/2017
Pengalaman Menggunakan Layanan Perbankan Syariah

Saya kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta sehingga sangat tidak asing dengan hal yang berbau syariah. Syariah yang paling umum di Indonesia adalah industri perbankan. Syariah dikenalkan melalui sistem penyimpanan aset uang melalui bank dan berkembang hingga pembiayaan. Pembiayaan paling umum adalah tabungan haji dan umroh. Namun ternyata, tak hanya soal urusan ibadah. Pembiayaan syariah sudah melayani hingga pembiayaan pembelian suatu barang, dalam hal ini, sesuai pengalaman saya sendiri adalah pembiayaan kredit motor.

Namun tentu saja, perbankan syariahlah yang paling bersaja mengenalkan sistem model syariah di Indonesia. Saya sendiri adalah pengguna layanan perbankan syariah. Nah, apa saja bank syariah yang saya pakai?

Bank BRI Syariah

Saya tertarik menggunakan layanan dari Bank BRI Syariah karena dua hal. Jaringan yang luas karena menjadi satu dengan BRI umum dan tidak adanya tarif administrasi perbankan yang biasa kita temukan seperti administrasi kartu atm bulanan atau biaya transfer beda bank. 

Saya cukup lama menggunakan BRI Syariah. Sejak kuliah saya menggunakan layanannya karena sangat membantu saya yang masih berstatus mahasiswa. 

Alasan saya tidak menggunakan layanan BRI Syariah lagi karena bank tersebut mulai memberlakukan tarif yang hampir sama dengan bank umum sehingga membuat saya kecewa. Untuk sementara waktu saya pernah tidak berurusan dengan bank apapun karena waktu itu pembayaran gaji saya tidak melalui bank. 

CIMB Niaga Syariah

Ini Bank Syariah kedua yang saya gunakan. Alasan awal saya menggunakan bank ini adalah sistem pembayaran gaji yang mewajibkan untuk memiliki akun di bank CIMB Niaga. Karena berharap biaya di syariah lebih murah maka saya memilih sistem syariah. Benar saja, aku CIMB Niaga Syariah saya tidak memiliki biaya administrasi bulanan. Walaupun untuk transfer beda bank/jaringan atm bersama/jaringan atm prima biaya tetap ada namun paling tidak saya sedikit terbantu. 

CIMB Niaga Syariah juga memiliki kelebihan yang bermanfaat bagi saya yakni CIMB CLICKS. CIMB CLICKS ini adalah sistem perbankan online yang memudahkan kita untuk transaksi keuangan baik melalui gawai ataupun komputer desktop. Selain itu ada juga Rekening Ponsel yang cukup praktis. 

Kekurangan CIMB Niaga Syariah hanya satu. Yakni jaringan ATM yang masih kurang begitu tersebar di daerah saya, Yogyakarta. 

Nah, hanya dua Bank Syariah yang pernah saya coba. Selain dua layanan perbankan tersebut, pembiayaan syariah adalah layanan yang saya pakai untuk kredit sepeda motor seperti yang saya sebutkan diawal tadi. Pembiayaan tersebut menggunakan layanan FIF Syariah. Walaupun bagi hasil tidak sebanyak bunga pada bank umum namun layanan perbankan syariah tetap patut dicoba karena begitu membantu orang-orang seperi saya ini.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »