Tiga Hari Inspiratif Bersama Astra di Yogyakarta

7/03/2017
Tiga Hari Inspiratif Bersama Astra di Yogyakarta

ASTRA ke Yogyakarta! Setelah peringatan hari ulang tahun Astra bulan februari lalu di Jakarta. Rangkaian acara Inspirasi 60 Tahun Astra berlanjut untuk roadshow ke lima kota besar di Indonesia. Dan Yogyakarta, dipilih menjadi kota pertama yang dikunjungi.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari hari Jumat 28 April hingga Minggu 30 April 2017 ini menghadirkan bincang inspiratif ecopreneur pada hari pertama, pelatihan safety riding pada hari kedua dan jambore adiwiyata pada hari ketiga. Berikut adalah sedikit cerita Inspirasi 60 Tahun Astra di Yogyakarta:

Hari Pertama (28 April 2017) - Talkshow Ecopreneur

Talkshow Ecopreneur ini berlangsung di Hotel Alana Yogyakarta. Dengan 700 peserta, ruangan ballroom sangat penuh dengan undangan yang hadir. Talkshow menghadirkan Aryo Wiryawan (CEO Indmira), Akhmad Sobirin (Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards Tahun 2016) dan Hendry C. Widjaja (Ketua Yayasan Dharma Bhakti Astra-YDBA) sebagai pembicara.

Aryo Wiryawan adalah CEO Indmira. Indmira sendiri adalah sebuah perusahaan berbasis teknologi yang telah melakukan penelitian dan pengembangan agro-komplek (pertanian, kehutanan, peternakan dan perikanan). Lalu Akhmad Sobirin, salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tahun 2016 dengan gula semutnya.

Tiga Hari Inspiratif Bersama Astra di Yogyakarta

Gula semut adalah gula aren versi bubuk. Akhmad Sobirin dengan cerdik mengemasnya dalam kemasan modern yang kemudian ia ekspor produk tersebut  hingga puluhan negara. Kegiatan Akhmad Sobirin juga melibatkan warga sekitar tempat ia tinggal sehingga dapat memajukan daerah tempat tinggalnya di Banyumas, Jawa Tengah. 

Pembicara ketiga adalah Hendry C. Widjaja, ketua YDBA. YDBA sendiri adalah salah satu yayasan milik Astra yang bergerak di bidang pengembangan UMKM Mandiri. Program utama YDBA adalah pelatihan, pendampingan, fasilitasi pasar dan pembiayaan.

Tiga Hari Inspiratif Bersama Astra di Yogyakarta

Talkshow Ecopreneur yang sangat menarik ini ditutup dengan sosialisasi SATU Indonesia Awards 2017 yang dapat diikuti oleh pemuda-pemudi Indonesia. Hadiah yang akan diterima oleh penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 adalah 60 juta rupiah.

Hari Kedua (29 April 2017) - Astra Road Safety Fest

Acara hari kedua berlangsung di Safety Riding Center Astra Motor Yogyakarta. Sebuah tempat untuk mengenalkan keamanan berlalu lintas di jalan raya. Tempat ini adalah yang terbesar di Indonesia. Dengan fasilitas lengkap mulai dari beberapa ruang kelas, ruang simulasi indoor dan ruang praktik outdoor.

Pembicara pada Astra Road Safety Fest adalah Kepala Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas, Direktorat Lalu Lintas Polda DIY Bapak AKBP TB Faisal, MH dan mantan pebalap internasional M. Fadli. Bincang inspiratif pada Astra Road Safety Fest dikhususkan pada siswa-siswa sekolah menengah atas dan beberapa komunitas sepeda motor di Yogyakarta. 

Tiga Hari Inspiratif Bersama Astra di Yogyakarta

Tiga Hari Inspiratif Bersama Astra di Yogyakarta

Tiga Hari Inspiratif Bersama Astra di Yogyakarta

Selain bincang inspiratif, siswa-siswa sekolah menengah atas dan komunitas sepeda motor di Yogyakarta juga diberi kesempatan untuk mencoba simulasi berkendara di jalan raya dengan fasilitas simulator. Tak hanya itu, bagi yang berminat saat itu juga para peserta diajak untuk praktik teknik safety riding yang benar di ruangan outdoor dengan kendaraan yang telah disediakan.

Hari Ketiga (30 April 2017) - Jambore Adiwiyata

Kali ini acara sedikit bergeser ke Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di Desa Kemuning, Patuk, Gunungkidul. Desa Kemuning telah ditetapkan sebagai Kampung Berseri Astra. Di desa tersebut terdapat danau yang juga bernama Kemuning. Di danau inilah Jambore Adiwiyata diselenggarakan. Dengan mengundang siswa-siswa tingkat SD hingga SMA, Jambore Adiwiyata dimaksudkan untuk mengenalkan alam kepada generasi muda.

Banyak kegiatan yang berlangsung selama Jambore Adiwiyata Astra. Seperti penanaman pohon dan pelepasan ikan oleh Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos, Kementrian Lingkungan Hidup dan Astra, pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dan beberapa kegiatan bagi peserta jambore.

Siswa dari 70 sekolah Adiwiyata Astra dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti kegiatan paralel seperti melukis, memanah, membuat roket air dan lain-lain. Untuk para guru pendamping, kegiatan berupa talkshow antar guru menjadi pengisi kegiatan mereka.

Tiga Hari Inspiratif Bersama Astra di Yogyakarta

Tiga Hari Inspiratif Bersama Astra di Yogyakarta

Tiga Hari Inspiratif Bersama Astra di Yogyakarta

Selain kegiatan di pinggir danau Kemuning. Kegiatan utama Jambore Adiwiyata ini adalah jelajah hutan yang diikuti oleh seluruh peserta. Generasi muda dikenalkan untuk mencintai alam melalui jelajah hutan yang dilakukan. Tentu saja ini sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra yaitu "Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara".

---

Saya beruntung dapat mengikuti rangkaian kegiatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Yogyakarta. Sangat begitu menginspirasi. Tiga hari inspiratif bersama Astra di Yogyakarta. Seluruh kegiatan di Yogyakarta ini dapat juga ditemukan di media sosial dengan tagar #Astra60Jogja. 

Mengutip dari Astra, bagi generasi muda usia 18-35 tahun yang tertarik meningkatkan motivasi dan inovasi berwirausaha juga dapat mendaftarkan diri di Astra Start Up Challange dan bagi para pemuda yang telah berkontribusi positif untuk masyarakat sekitarnya dalam bidang pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, kesehatan serta teknologi dapat mendaftarkan diri dalam Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards 2017 yang masih dibuka hingga 10 Agustus 2017.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
6 Juli 2017 08.22 delete

wah, penuh banget. Seru ya acaranya :)

Reply
avatar