Tips Menarik Pembaca Blog Bagi Pemula

7/11/2017

Bagaimana menarik pembaca blog? Tentu saja kalian pasti memiliki tips sendiri. Kalau saya, beginilah kira-kira. Pertama adalah buat judul yang menarik, kalau tidak menarik buatlah yang sedikit menipu. Kedua, pilih gambar yang terbaik, tidak punya yang terbaik pilihlah yang kira-kira unik. Ketiga, buat artikel dengan kata-kata yang mudah dicerna pembaca. Keempat, kreasikan artikel dengan ilustrasi. Kelima, rajin berbagi di media sosial dengan caption yang menarik.

Penjelasan tips menarik pembaca blog ala ardiankusuma.com adalah begini:

1. Judul yang menarik, contohnya judul artikel ini, "Tips Menarik Pembaca Blog Bagi Pemula". Karena saya yang masih bloger amatir ini kok berani ngasih tips. Memangnya saya sudah bukan pemula? Tentu saja para bloger pemula yang lain akan penasaran dengan artikel saya ini. Dan, para bloger hits akan ramai-ramai membuka juga dengan hati yang (mungkin) sedikit dongkol, siapa sih ardiankusuma.com

2. Gambar terbaik, ini sangat penting. Silakan kalian beli kamera yang mumpuni. Kalau belum punya uang jangan menabung. Kalian bisa mengunjungi beberapa bank atau penyedia layanan pendanaan untuk dapat kredit kamera yang kalian inginkan. Kamera itu penting bagi bloger oleh karena itu kalian harus segera memilikinya. Salah satu rekomendasi kamera dari saya adalah Canon EOS M10.

3. Buat artikel yang mudah dicerna. Intinya kalian adalah bloger bukan penulis buku atau editor. Tulislah artikel sesuai bahasa kalian sendiri. Mungkin awal-awal akan banyak kata yang terbolak-balik atau typo tapi semua pasti butuh proses kan.

4. Kreasikan artikel dengan ilustrasi. Ya buatlah sekali-kali artikel mirip media Tirto atau Kumparan. Saya sendiri sudah membuatnya. Silakan cek artikel ini http://ceritavakansi.com/gedangsari-gunungkidul/

5. Berbagi artikelmu di media sosial. Jangan malu dengan artikel sendiri dong. Berani posting berani menyebarkan.

Sekian tips menarik pembaca blog bagi pemula dari saya. Saya mencoba menulis artikel ini dengan metode piramida terbalik. Yaitu yang penting di paragraf awal sehingga pembaca membaca paragraf awal seharusnya sudah paham. Lalu disusul kalimat-kalimat yang menjelaskan. Namun jika kalian para pembaca nggak mudeng ya mungkin piramidanya gagal. Hehe.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
11 Juli 2017 11.15 delete

Konsep piramida terbalik ini masih berusaha saya terapkan, belum terbiasa. Terbiasa nulis dengan susunan 'semau gue'. Hehe

Reply
avatar
13 Juli 2017 10.49 delete

Sama, saya juga semau gue biasanya

Reply
avatar