Berwisata di Batoer Hill Resort

8/05/2017
Berwisata di Batoer Hill Resort

Terbayang saat terbangun dari tidur lalu melihat pemandangan keluar. Hamparan sawah hijau dengan latar pegunungan-pegunungan kecil yang saling berdekatan. Kalau beruntung dapat terbangun lebih pagi. Mistis kabut akan dijumpai menyejukan mata dan hati. Saya tidak sedang berkhayal soal ini. Tempat ini nyata, pada sebuah tempat di atas perbukitan yang diberi nama Batoer Hill Resort yang berlokasi di Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Cerita dimulai dengan kultur desa wisata yang sudah melekat pada warga sekitar Batur, Bobung, Kampung Emas Plumbungan yang merupakan desa-desa yang memiliki keunikan tersendiri. Desa Batur mempunyai tarian khas yang unik. Dimainkan oleh lelaki yang mata pencaharian utamanya adalah berkebun dan berternak. Alhasil para penarinya terlihat memiliki tubuh yang kekar.

Tarian tersebut dipadukan dengan kerajinan topeng. Tersebutlah sebuah desa di bawah desa Batur yang bernama desa Bobung. Desa ini bisa dibilang bertetangga. Susah membedakan keduanya. Kalau ke desa Batur harus melewati desa Bobung, dan kalau ke desa Bobung tidak afdol kalau tidak berkunjung juga di desa Batur.

Saya sendiri pernah mengunjungi desa Bobung beberapa bulan silam. Jejak perjalanan saya di desa sentra kerajinan topeng ini dapat dilihat disini "Rekomendasi Wisata Sehari di Gunungkidul yang Komplit". Maafkan dengan judulnya yang terlihat norak namun saya serius soal rekomendasi destinasi tersebut.

Di desa Bobung ini. Topeng kayu di produksi di rumah-rumah warga. Kehidupan warganya hampir semuanya melakukan kegiatan produksi kerajinan topeng ini sehingga desa Bobung dapat mendunia dengan industri Topengnya. Desa Batur yang menjadi tetangga seperti yang awal saya sebutkan memanfaatkan topeng dari desa Bobung sebagai identitas tarian. Tarian topeng dari desa Batur.

Tarian khas desa Batur juga disebut pula Reog Batur. Cerita tarian yang mengiringinya adalah kisah peperangan jaman dahulu. Dimainkan oleh lelaki yang merupakan remaja dan orang tua dari desa Batur. Bumi Handayani memang menyimpan sebuah sejarah tentang peperangan sejak jaman Mataram dulu. Bahkan Jenderal Sudirman pun mantap bergerilya di tanah Handayani ini. Untuk berjuang melawan penjajah negeri.

Seni dan budaya yang ditampilkan desa Batur dan desa Bobung kemudian dilengkapi dengan kenikmatan ingkung ayam khas Gunungkidul dari Kampung Emas atau desa Plumbungan. Ingkung di kampung emas sempat menjadi juara dalam kompetisi sajian ingkung di wilayah Provinsi DIY. Tentu saja saya mengamini kelezatannya karena pernah menikmatinya di gubug yang berada di tengah sawah.

Sajian ingkung di Kampung Emas memang disajikan di sebuah gubug, di tengah sawah yang menghijau ataupun saat menguning, menunggu panen. Ingkung ayam disajikan dengan ubo rampe tempe garit, gudangan, oseng tempe, peyek gereh dan sambal yang nikmat. Ingkung yang nyemek karena kuahnya tidak terlalu banyak ini diakhiri dengan minuman sejuk yang tersimpan dalam kendi.

Ketiga desa ini, Batur, Bobung dan Plumbungan memang satu kesatuan. Selain yang menyatukan adalah masyarakatnya. Batoer Hill Resort pun juga menyatukannya. Walaupun berada di salah satu desa yakni Batur, namun kita dapat melihat ketiga potensi desa bahkan mungkin desa-desa lain di sekitar pada Batoer Hill Resort ini.

Berwisata di Batoer Hill Resort

Saat datang di Batoer Hill Resort, terkadang kesenian tari topeng atau reog akan ditampilkan. Sebagian sudut di Batoer Hill pun rencananya akan dijadikan tempat display hasil kerajinan topeng khas Bobung. Yang nyata dan sudah ada adalah sajian ingkung ayam seperti yang saya santap di Kampung Emas desa Plumbungan. Ingkung di Batoer Hill Resort adalah Signatured Dish dari Batoer Hill Resort. Resort ini lebih mengedepankan potensi lokal ketimbang santapan modern yang mungkin saja tamu sudah bosan menyantapnya.

Berwisata di Batoer Hill Resort

Bukan Gunungkidul kalau tidak mempunyai pemandangan yang indah. Batoer Hill Resort ini menghadap ke arah selatan namun masih menyisakan area pandang untuk matahari terbit dan matahari terbenam. Kalau pagi, kabut mistis akan menemani menikmati matahari terbit. Sore hari, jingga akan tampak menghiasi langit. Keduanya dapat dinikmati sembari berenang di kolam renang yang disediakan.

Berwisata di Batoer Hill Resort

Berwisata di Batoer Hill Resort

Siang hari di Batoer Hill Resort dapat dinikmati dengan secangkir kopi. Jangan takut kepanasan di resort ini. Kalian tidak akan menyangka bahwa tempat ini sejuk. Dan jangan heran jika beberapa warga lalu lalang karena sedang mengerjakan pekerjaan berkebun atau bertaninya. Tidak ada pagar atau sekat di resort ini. Kita akan menyatu dengan masyarakat.

Berwisata di Batoer Hill Resort

Malam adalah waktunya memandang langit penuh bintang. Kalian boleh bermain lampion terbang karena jika diterbangkan dari Batoer Hill Resort lampion terbang tersebut masih tergolong cukup aman. Lokasi Batoer Hill Resort yang berada di ketinggian dan kondisi angin yang membantu menerbangkan lampion menyempurnakannya. Lebih malam lagi adalah waktu yang cocok untuk para fotografer. Dengan kondisi polusi cahaya yang minim, Batoer Hill Resort diklaim tempat yang cocok untuk belajar memotret Milky Way.


Berwisata di Batoer Hill Resort


KAMAR

Ada 10 kamar resort yang dapat di sewa (koreksi jika saya salah). Beberapa kamar memiliki ukuran yang berbeda. Kemungkinan memang jenis kamar dibedakan melalui ukurannya. Kamar-kamar tersebut ditandai dengan nama-nama bunga. Entah karena sang pemilik memiliki ketertarikan dengan bunga atau memang bunga-bunga tersebut memang khas dari desa Batur.

Berwisata di Batoer Hill Resort

Saya menyinggahi salah satu kamar karena penasaran dengan fasilitasnya. Rata-rata kamar di Batoer Hill Resort ini berbentuk seperti rumah. Bisa dibilang homestay namun dengan ukuran yang kecil. Di dalam kamar terdapat bed dengan ukuran king size atau family. Televisi kabel terpasang dengan fleksibilitas untuk dapat ditonton saat bersandar di bed ataupun sofa empuk yang disediakan.

Berwisata di Batoer Hill Resort

Berwisata di Batoer Hill Resort

Berwisata di Batoer Hill Resort


Walaupun kondisi Batoer Hill Resort sejuk namun AC tetap terpasang untuk mendinginkan panas siang hari yang keterlaluan. Hanya kamar mandi resort yang terlihat paling modern dengan shower dan fasilitas penghangat airnya. Oh iya, lantai tiap kamar menggunakan kayu yang memang membuat kamar resort ini terlihat seperti rumah kayu di pedesaan.

Rate harga di Batoer Hill Resort ini masih tergolong terjangkau. Dengan segala fasilitas dan pemandangan yang diberikan. Rencananya, saat resort ini mulai resmi dibuka pada bulan Oktober 2017. Batoer Hill Resort akan memiliki rate harga antara Rp 600.000,- sampai dengan Rp 800.000,- Jauh kedepan lagi akan dibuka pula kamar dengan tipe "Rumah Pohon" yang dibuat dengan tujuan menampilkan pemandangan yang lebih indah.

Berwisata di Batoer Hill Resort

Berwisata di Batoer Hill Resort

Rencana-rencana lain yang akan dilakukan oleh sang pemilik adalah menjadikan tempat ini lebih menyenangkan dengan paket wisata seperti outbond, flying Fox, ayunan langit dan lain-lain. Sang pemilik yang bernama Pak Win akan menjadikan tempat ini tidak hanya tempat singgah saja namun juga tempat untuk berwisata.

Pak Win tentunya juga melibatkan warga masyarakat desa Batur untuk menunjang Batoer Hill Resort ini. Hampir sebagian besar pekerja Batoer Hill Resort adalah warga sekitar. Tentunya ini juga menjadi tanda komitmen Batoer Hill Resort memajukan warga desa Batur karena resort ini bekerja sama dengan pemerintah desa Batur.

Saya merasa nyaman singgah di Batoer Hill Resort dengan aksesibilitas desa-desa wisata dan fasilitas yang ditawarkan begitu menyenangkan saya. Saya kira bagi yang ingin menginap di resort dengan pemandangan indah, berada di desa wisata dan dekat dengan tempat wisata lainnya. Batoer Hill Resort cocok menjadi pilihan.

Batoer Hill Resort
Desa Batur, Putat, Patuk, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

18 komentar

Write komentar
6 Agustus 2017 12.01 delete

Liburan sekeluarga asyik nih di Batoer. Destinasi selanjutnyaaa sama keluarga ah...

Reply
avatar
6 Agustus 2017 15.35 delete

Kereeeeeeen ulasannya. Kalau pengunjung pengen jalan jalan langsung ke desa desa wisata tersebut juga jaraknya terjangkau ya

Reply
avatar
7 Agustus 2017 02.44 delete

wah nyaman nih, alamnya juga keren

Reply
avatar
7 Agustus 2017 15.17 delete

Berasa di Ubud, ya. WKwkwk... kayak yg udah pernah ke Ubud aja.

Reply
avatar
9 Agustus 2017 08.42 delete

Ayo mbak segera berkeluarga :D

Reply
avatar
9 Agustus 2017 08.43 delete

Ubud kan niru Jogja yang banyak sawah :D

Reply
avatar
9 Agustus 2017 11.31 delete

Pengen ngajak keluarga staycation di Batoer Hill, mereka pasti seneng banget. Secara resort n view-nya mantap, fasilitas juga lengkap.

Reply
avatar
9 Agustus 2017 17.45 delete

Lokasinya sudah bagus banget. Cukup dikasih kursi & secangkir kopi saja sudah mewah. Apalagi dengan fasilitas selengkap ini. Pengin kesana lagi tapi cuma selonjoran males2n gitu. Hehehe

Reply
avatar
9 Agustus 2017 18.51 delete

Kayaknya kok juk banget ya suasananya tapi itu yang duduk di sofa property nya juga?

Reply
avatar
10 Agustus 2017 05.21 delete

nggak sabar nunggu saat pohon2nya mulai berbuah dan lahannya makin hijau, pasti bakalan makin seru.

Reply
avatar
11 Agustus 2017 08.09 delete

om, harga kamar e ketoke mulai dari 500rb e..

Reply
avatar
12 Agustus 2017 06.14 delete

Karena nggak punya banyak foto saat di sana, daku harus ke Batoer Hills lagi. Buat foto-foto ��

Reply
avatar
12 Agustus 2017 12.21 delete

Asyik, nyaman dan damai. Ah, kapan kesana lagi? :D

Reply
avatar
12 Agustus 2017 21.54 delete

Viewnya asyik banget. Buat camping juga cocok ini

Reply
avatar
12 Agustus 2017 23.16 delete

Terasa nyaman berada di Batoer hill resort ini.

Reply
avatar
14 Agustus 2017 09.06 delete

paket komplit wes buat wisata. Btw foto-fotomu wuapik mas :ng

Reply
avatar