Menjadikan Rumah Sebagai Co-Working Space yang Nyaman

8/29/2017
Menjadikan Rumah Sebagai Co-Working Space yang Nyaman
Photo by Ruthson Zimmerman on Unsplash
Bagi saya, kondisi tempat kerja berbanding lurus dengan produktifitas. Semenjak menjadikan ngeblog sebagai hobi. Saya pun membutuhkan tempat yang nyaman untuk bekerja seperti di kantor. Bolehlah dibilang, saya membutuhkan sebuah co-working space untuk sekedar menulis artikel di blog. Kenapa co-working space? Karena saya terkadang ngeblog bersama teman-teman saya.

Dari sekian banyak tempat yang saya jelajahi. Mulai dari cafe, perpustakaan hingga co-working space betulan yang ada di Jogja. Saya selalu merasa ada yang kurang. Saya merasa kurang nyaman dan terkadang terbatasi oleh fasilitas yang diberikan. Di Cafe misalnya, kita dapat menemukan suntikan penyemangat dengan hidangan dan kopi yang nikmat namun terkadang suasana terlalu bising karena pengunjung lain.

Ada lagi di perpustakaan, kita mendapatkan ketenangan namun ya tidak bebas. Kalau kurang beruntung, akses internet pun tidak dapat dihandalkan di tempat ini. Kalau co-working space betulan? Ada, satu dua co-working space di Jogja dengan fasilitas yang memadai. Kendalanya hanya satu, yakni berbayar dan bayarnya pun lumayan menguras kantong. Dan bagi bloger seperti saya yang hanya merupakan hobi sampingan ini tentunya berpikir berkali-kali untuk menggunakan fasilitas berbayar hanya untuk sewa tempat nongkrong.

Kemudian saya terpikir solusi, kenapa tidak menjadikan rumah menjadi co-working space? Menyediakan sedikit sudut ruang rumah untuk bekerja. Tentu saja kenyamanan dapat kita atur sendiri. Penyemangat seperti snack dan kopi dapat kita sediakan sendiri. Dan yang lebih asik lagi, di rumah sendiri teman-teman saya bisa sekaligus ber-silaturahmi.

Paling tidak ada beberapa perabotan dan hal yang harus ada agar co-working space rumahan bisa terpenuhi. Tetap dong harus ada standar minimal kenyamanan. Di rumah saya memilih ruang tamu untuk disulap menjadi co-working space. Beberapa poin penting yang dibutuhkan adalah:

Gunakan Air Conditioner (AC) untuk menambah kenyamanan

Kenapa AC? Karena kita tidak tahu kapan kondisi cuaca di sekitar rumah panas atau dingin. Dengan AC, tentu saja kondisi suhu ruangan lebih terkondisikan. Semangat untuk ngeblog pun lebih terjaga. Terus, kalau pakai penyejuk udara biaya bulanan juga akan naik dong. Tentu saja biaya bulanan untuk listrik akan naik. Makanya pakai AC hemat listrik. AC hemat listrik biasanya menggunakan teknologi AC inverter.

Saya sendiri memakai produk AC Panasonic PU series (CS-PU9TKP) yang sudah terbukti hemat listrik hingga 50% dengan teknologi inverter-nya. Tak hanya PU series saja tipe AC Panasonic yang dapat dihandalkan. Silakan lihat website Panasonic Indonesia untuk seri lainnya. Panasonic selalu memberi jaminan bahwa produk AC-nya lebih efisien, inovatif, ramah lingkungan, tangguh, dan terpercaya sejak dulu.

Menjadikan Rumah Sebagai Co-Working Space yang Nyaman

Pilihan kepada AC Panasonic juga soal kenyamanan. AC Panasonic PU Series memiliki fitur Aerowings. Aerowings ini adalah fitur kipas dari AC Panasonic yang dapat dikontrol secara bebas. Aerowings juga dapat diatur untuk menyebarkan aliran udara secara sempurna ke seluruh ruangan. Aerowings memastikan udara dingin tersebar merata sehingga membuat nyaman siapapun yang berada di dalam ruangan.

Sofa atau kursi yang empuk

Kenyamanan saat duduk tentu saja berpengaruh. Rekomendasi saya adalah pakailah sofa. Karena sofa tentu saja sudah empuk dan nyaman. Kalau sudah kadung punya kursi pilihan orang tua di kamar tamu seperti saya. Maka saya memilih kursi paling empuk.

Meja yang lebar

Pilih meja yang lebar agar tidak menggangu kenyamanan menaruh notebook. Apalagi kalau bebarengan dengan teman-teman. Meja yang luas tentu saja membantu kita dan teman-teman untuk lebih leluasa. Tipe meja bebas, boleh full kayu atau kayu dengan alas kaca. Yang penting tidak bergelombang atau berlubang.

Cat ruangan warna terang

Warna putih, biru, merah muda dan warna cerah lainnya menimbulkan efek luas pada ruang tamu. Warna cerah juga dapat memberikan efek relaksasi yang dapat menjernihkan pikiran. Pikiran jernih tentu saja dapat memunculkan ide-ide yang krearif.

Pencahayaan

Jika kamar tamu tidak memiliki jendela yang lebar maka gunakan lampu warna putih yang tingkat terangnya cukup. Cahaya juga penting karena dapat juga memberikan kesan luas pada suatu ruang. Jendela kamar tamu saya sendiri cukup lebar. Jika ide di pikiran buntu, melihat keluar lewat jendela juga dapat sebagai relaksasi pikiran.

Menjadikan Rumah Sebagai Co-Working Space yang Nyaman

Demikian lima point yang bisa digunakan untuk menjadikan rumah sebagai co-working space yang nyaman. Poin-poin tersebut tentu akan membuat ngeblog semakin produktif.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
29 Agustus 2017 16.53 delete

setuju, menjadikansalah satu ruangan rumah sebagai co working space adalah kenyamanan tersendiri. Bisa costumize sesuka hati.

Reply
avatar
30 Agustus 2017 09.33 delete

sangat inspiratif, yah...menjadikan 'kamar sebagai co working space adalah kenyamanan tersendiri. Nice article deh :)

Reply
avatar