Keripik Kentang Terenak Indonesia Ada di Banjarnegara

11/30/2017
Keripik Kentang Terenak Indonesia Ada di Banjarnegara

Terenak. Saya melabeli hal tersebut bukan tanpa alasan. Saya melihat sendiri bagaimana sebuah kentang langsung di iris tipis dengan parutan khusus diatas penggorengan. Digoreng selama beberapa menit saja dan langsung menjadi keripik kentang yang dapat dimakan dengan rasa enak dan renyah, istimewa!

Sumber kentang terenak Indonesia untuk sebuah keripik kentang tersebut ada di Banjarnegara tepatnya di Desa Batur, Banjarnegara. Kentang yang digunakan berjenis Agria yang bibitnya dibawa langsung dari negara Belanda. Kentang ini tumbuh subur di hampir seluruh perkebunan kentang di wilayah Batur, Banjarnegara yang memiliki ketinggian rata-rata 1500 mdpl.

Keripik Kentang Terenak Indonesia Ada di Banjarnegara

Di perkebunan yang bertemperatur dingin tersebut, kentang Agria tumbuh dengan sempurna. Kuaalitas kentang yang dihasilkan sangat cocok untuk keripik kentang karena kadar air yang rendah namun memiliki kadar tepung yang tinggi.

Warnanya kuning keemasan dari kentang Agria tak berubah warnanya walaupun digoreng. Kentang ini pun hanya diproses dengan cara sederhana, tidak perlu bumbu macam-macam cukup air garam saja karena justru rasa original kentang ini sudah sangat enak.

Proses pertama untuk menghasilkan keripik kentang di desa Batur, Banjarnegara tentu saja adalah pemilihan kentang yang berkualitas. Karena perkebunan, temperatur dan bibit yang sudah unggul. Hampir seluruh kentang yang dipanen dari desa Batur berkualitas. Proses produksi diawali pencucian dilanjutkan dengan pengupasan kentang. Setelah dikupas, kentang langsung di goreng diatas penggorengan selama kurang lebih 3 menit.

Keripik Kentang Terenak Indonesia Ada di Banjarnegara

Proses di dapur terakhir adalah meniriskan kentang agar minyak dapat terurai dengan sebuah alat khusus selama beberapa menit. Setelah itu keripik kentang langsung dapat dinikmati atau dikemas sesuai ukuran yang diinginkan, sangat simpel.

Kalau dirumah, bikin keripik kentang sendiri itu ribet. Saya sampai melongo kenapa di rumah produksi keripik kentang Albaeta di Desa Batur, Banjarnegara ini begitu sangat sederhana dan terlihat mudah.

Keripik Kentang Terenak Indonesia Ada di Banjarnegara

Keripik Kentang Terenak Indonesia Ada di Banjarnegara

Merk Albaeta adalah merk keripik kentang yang memasarkan produk keripik kentang dari desa Batur, Banjarnegara ke pelbagai wilayah di Indonesia. Ibu Ety Tamir dan suami sebagai pemilik merk tersebut telah memproduksi keripik enak ini sejak tahun 90an. Kini beliau dapat menghidupi beberapa pegawainya yang juga berasal dari desa Batur, Banjarnegara.

UKM milik Ibu Ety Tamir telah tumbuh berkembang dan menjadi salah satu solusi bagi para ibu-ibu desa Batur, Banjarnegara yang membutuhkan lapangan pekerjaan.

Keripik Kentang Terenak Indonesia Ada di Banjarnegara

Penasaran dengan rasa keripik kentang Albaeta dari desa Batur ini? Harga kemasannya adalah Rp 29.000 (200 gram), Rp 32.000 (250 gram), dan Rp 160.000 (1200 gram). Silakan pesan melalui telepon 0286-5986293 atau datang langsung di rumah produksinya di desa Batur, Banjarnegara sembari menikmati pemandangan kawasan dataran tinggi Banjarnegara yang indah seperti Dieng. Sekalian hunting manisan Carica untuk menemani ngemil keripik kentang ini juga cocok!

Saya berterimakasih kepada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah yang membuat saya menemukan keripik kentang terenak di Indonesia ini.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
4 Desember 2017 16.59 delete

Ya ampun aku orang Banjarnegara belum pernah nyicip kripik kentang terenak ini, sediiihhh.. Uuuhuk

Reply
avatar
5 Desember 2017 06.03 delete

Sepakat, keripik kentang ini enak banget. Nggak cukup kalau cuma sebungkus.

Reply
avatar
5 Desember 2017 07.27 delete

Cicipi dong, murah loh kalau diitung2

Reply
avatar
5 Desember 2017 10.31 delete

Kenapa saya mampir ketulisan ini, karena kentang adalah cemilan favorite saya mass, baik yg bentuknya seperti fries ataupun chips seperti albaeta ini.

Kentang enak dimakan dimana saja dan kapan saja.

Andai aja albaeta ga di kalimantan sana mas, mungkin saya order, hehe mau order pun nanti ongkirnya kemahalan :(

Reply
avatar