Gadget Hack: 5 Tips Jitu Mendapatkan Gawai Murah

9/07/2018
Gadget Hack: 5 Tips Jitu Mendapatkan Gawai Murah
sumber gambar: Pixabay
Murah! Kata yang banyak digemari oleh para geek penghamba gawai. Murah! Satu kata yang gampang diucap namun susah dicari. Kayak kamu yang jomblo memaknai kata "pacaran" itu, susah kan? Yap, murah (dalam hal ini gawai) memang banyak menjadi buruan paling memacu adrenaline khususnya kita yang nggak mau ketinggalan update.

Persaingan mencari gawai murah memang dimulai sejak para produsen gawai saling nyinyir di media sosial mereka (berikut para buzzernya hehehe). Kemudian setelah itu mereka saling melempar produk yang bisa dibilang bersaing dengan harga murah. 

Saya pikir memang akhirnya para konsumen dengan duit tipis seperti saya kita yang diuntungkan. Namun, masih saja dari yang murah ada yang lebih murah walaupun itu masih SATU produk dengan merk dan seri yang sama.

Lalu, bagaimana cara mencari barang yang TER-murah? Nih saya ada tipsnya. Berdasarkan pengalaman saya berburu gawai murah di selama ini. Inilah 5 (lima) tips jitu mendapatkan gawai murah:

1. Datang Subuh Saat Pembukaan Toko Gawai

Biasanya kalau ada suatu merk gawai yang buka cabang di suatu kota. Sudah sejak sebulan lebih lamanya dia bertitah kepada warga kota tersebut untuk datang membeli barang dagangan yang diskonnya gila-gilaan pas pembukaan. Pernah ada merk "itu" diskon gawai besar-besaran yang biasanya berharga sejuta lebih tapi pas launching toko di diskon hingga kurang dari sejuta.

Ada juga nih walaupun bukan gawai (masih merk "itu"), suatu alat mirip gelang olahraga di diskon menjadi cuman Rp99.000 saja dari harga asli yang bisa 4 kali lipatnya. Semua itu hanya bisa di dapatkan dengan mengantri dari subuh untuk mendapatkan nomor antrian. Setelah mendapat nomor antrian nanti antri lagi untuk dipanggil. Semua penderitaan masih ditambah apabila toko gawai tersebut berada di dalam mall. Ya ampun, baru bisa masuk mall jam 10 lah rata-rata. Semoga motor kita tidak hilang karena parkir diluar mall sembarangan.

2. Sering Ikut Acara Perusahaan Gawai

Sering-sering mainlah kamu ke mall atau pusat belanja elektronik. Biasanya kan ada tempat khusus untuk para produsen gawai menawarkan dagangan dengan sales yang kadang aduhai atau kadang cerewet minta ampun. Nah, disitulah pusat diskon berasal. Ya paling enggak minimal dapat payung, screenguard, tongsis dan lain sebagainya bila nggak dapat potongan harga, kan lumayan dapat bonus souvenir.

Kalau di Jogja ada Jogjatronik Mall, khusus gawai banyak disana dan sering ada sales yang menjajakan dagangan perusahaannya. Kalau di Jakarta mungkin ITC Roxy Mas kali ya. Ya pokoknya yang banyak jualan gawai disitu pasti bakalan ada sales keliling. Saya juga bingung apakah mereka para sales nggak di-nyinyirin para pedagang setempat karena jual produk lebih murah ya?

3. Ikutan Flash Sale

Ini cara jitu ketiga untuk mendapatkan gawai murah. Tapi memang sedikit butuh modal yakni koneksi internet yang cepat dan berdoa agar karyawan perusahaan e-commerce yang bikin Flash Sale nggak main beli sendiri (kayak yang belum lama ini ketahuan dan dipecat oleh sebuah perusahaan e-commerce).

Kalau Flash Sale tentu sudah di koar-koarkan e-commerce minimal sebulan sebelumnya. Biasanya dilakukan jam makan siang agar saya kita para karyawan bisa ikutan. Kalau yang Flash Sale pagi saya jarang bisa ikut karena jam berangkat kerja, bisa dimarahi bos kalau telat.

Nah cara memuluskan hunting via Flash Sale memang hanya membutuhkan koneksi cepat dan tangan yang lincah dengan mouse komputer. Cari tahu warnet mana yang internetnya kenceng. Kalau bisa dateng minimal 1 jam sebelum Flash Sale berlangsung. Untuk orang kantoran tentu saja sambil curi-curi pandangan bos saat buka tab link Flash Sale. Jangan sampai ketahuan apalagi sampai bos nitip beli. Kalau bos nitip kan nggak bisa kasih harga tinggi, apalagi untuk gawai yang jarang di pasaran, yang susah nyarinya.

4. Tunggu Sampai Gawai Discontinued

Discontinued, apaan tuh? Kalau gawai merk-merk besar biasanya setahun berlalu gawai tersebut sudah tidak keluar lagi di toko resmi, tapi tenang saja masih dijual di toko-toko gawai biasa kok. Nah, item gawai yang discontinued itu biasanya banderol harganya akan lebih murah karena sudah keluar versi terbaru dari gawai tersebut atau versi pengganti. Cuman ya kamu harus tahan di-nyinyirin temen karena nggak update. Tapi bisalah, sendiri menahun saja bisa toh, ye kan.

5. Gunakan Situs Pembanding Harga, Perkenalkan PRICEBOOK

Ya inilah solusi terakhir dan terbaik daripada kamu pusing kesana kemari dan boros sana-sini untuk hal yang tak pasti. Perkenalkan, PRICEBOOK. Di dirikan oleh seorang pemuda asal Jepang bernama Tomonori Tsuji pada awal tahun 2014, Pricebook sampai dengan sekarang berkembang menjadi situs pembanding harga barang No. 1 di Indonesia. Semakin berkembangnya Pricebook terbukti dengan yang dulunya hanya membandingkan harga Handphone dan Tablet, kini Pricebook bisa membandingkan harga semua barang.

Semua barang tersebut adalah:
  • Handphone dan Tablet
  • Laptop dan Dekstop
  • Kamera
  • Aksesoris Handphone dan Tablet
  • Peripheral Laptop dan Dekstop
  • Elektronik Rumah Tangga
  • TV, Games, dan Entertainment Device
  • Sepeda Motor (fitur baru nih)
  • Mobil (sfitur baru juga nih)
Sebelum mengenal Pricebook saya selalu memakan waktu lama untuk mencari sebuah gawai. Baru saja beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah tablet dengan harga murah dengan cepat. Waktu mencarinya bahkan tidak lebih dari 1 menit.

Gadget Hack: 5 Tips Jitu Mendapatkan Gawai Murah

Saya memang baru mengenal Pricebook. Di kenalkan oleh Bang Bewok, presenter channel Youtube Pricebook yang mantul banget. Saat itu dia menjadi presenter acara Gathering Media & Blogger Jogja bersama Pricebook dan ASUS Indonesia pada tanggal 30 Agustus 2018 di salah satu Cafe bilangan Gejayan.

Detail Pricebook kemudian lebih dijelaskan oleh Amanda Fazriah, Marketing Comunication Manager Pricebook. Amanda dengan ciamik menjelaskan sejarah, fitur dan cara kerja web Pricebook.

Gadget Hack: 5 Tips Jitu Mendapatkan Gawai Murah

Karena acara tersebut adalah Pricebook X ASUS Indonesia, tentu saja pihak ASUS Indonesia juga diwakili oleh Muhammad Firman, Head of Public Relations ASUS Indonesia yang menjelaskan bagaimana produk ASUS khususnya gawai begitu dicari masyarakat Indonesia.

Melalui kesempatan yang sama, ASUS Indonesia juga sekaligus memperkenalkan secara lebih dekat 2 produk smartphone terbaru mereka, yaitu ASUS ZenFone Live L1 yang bertajuk “The Real Full View for Everyone” dan ASUS Zenfone Max Pro M1 “Limitless Gaming”.

Gadget Hack: 5 Tips Jitu Mendapatkan Gawai Murah
sumber gambar: Tim Pricebook
Gadget Hack: 5 Tips Jitu Mendapatkan Gawai Murah
sumber gambar: Techlomedia
Acara berlangsung sangat seru karena diselingi dengan kuis berhadiah handphone. Saya, lumayan dapat flashdisk karena sempat mengajukan pertanyaan. Kurang beruntung karena kalah cepat menjawab pertanyaan kuis yang diajukan.

Namun saya tetap senang mengikuti acara seru Gathering Blogger & Media tersebut. Pricebook membukakan mata saya tentang efektifitas. Saya sempat berpikir sejenak, kemana saja saya selama ini. Berapa banyak waktu saya yang terbuang untuk mencari gawai di banyak e-commerce.

Berkat Pricebook, beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah tablet yang saya inginkan. Dan tadi, saya mencoba untuk mencari ASUS Zenfone Live L1. Kenapa? Karena harga gawai ASUS tersebut termasuk murah di pasaran. Tertarik juga karena dipamerin ASUS Indonesia saat acara gathering. Biar dapat harga terbaik, ya saya pakai Pricebook lagi.

Gadget Hack: 5 Tips Jitu Mendapatkan Gawai Murah
sumber gambar: BangRipiu
Saya mencoba membuat "1-Minute Video" seperti NAS DAILY saat melakukan pencarian ASUS Zenfone Live L1 pakai Pricebook. Silahkan tonton video tersebut di bawah ini:


Nah, bagaimana video 1 Menit Mencari ASUS Zenfone Live L1 Pakai PRICEBOOK-nya? Sudah siap mencoba Pricebook juga? Saya sarankan segeralah mencoba Pricebook dan dapatkan harga termurah ASUS Zenfone Live L1 seperti saya. Mantuuul... Mantap betul pokoknya Pricebook ini.

Ingin info lebih detail soal Pricebook dan ASUS Indonesia? SIlahkan follow akun Instagram resmi mereka di Pricebook: @Pricebook_id dan ASUS Indonesia: @asusid.

Gadget Hack: 5 Tips Jitu Mendapatkan Gawai Murah

Gadget Hack: 5 Tips Jitu Mendapatkan Gawai Murah
sumber gambar: Tim Pricebook

Share this

Seorang blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »