Brongkos Koyor Handayani yang Ngangeni

1/05/2016
Bagaimana sebuah makanan bisa membuat seseorang kangen, kangen untuk kembali hanya untuk memuaskan lidah. Hanya rasa yang enak dan lain dari yang lain yang bisa membuat itu semua. Semua rasa kangen itu kali ini berasal dari sepiring brongkos daging koyor yang cukup terkenal di kota Jogja, disebuah warung pojok di selatan alun-alun kidul Jogja.

Brongkos Koyor

Warung Brongkos Handayani nama warung tersebut, yang buka dari pagi untuk memenuhi nutrisi sebagian orang kantoran dan wisatawan. Warung ini strategis, sangat dekat sekali dengan alun-alun kidul yang menjadi spot favorit untuk ber jogging dan mencari sarapan. Warung Handayani bisa ditemui pas dipojokan gapura masuk alun-alun kidul sebelah barat jalan.

Suasana di Dalam Warung Handayani
Menu brongkos adalah andalan dari warung ini, selain brongkos juga terdapat menu lain seperti ayam bacem, ayam goreng, bakmi goreng. Makanan pendukungnya juga beragam, mulai dari tempe keripik, tempe bacem, bergedel, tahu bacem, tempe koro dan lain-lain. Dari semua menu tersebut, yang paling hits nan favorit dan musti siap-siap kehabisan jika sedang ramai adalah brongkos koyor.

Brongkos koyor berasal dari tetelan daging sapi, potongan tetelan sapi yang digunakan sebagai bahan olahan di warung handayani sedikit lebih tebal sehingga masih terdapat daging sapi empuk. Brongkos koyor yang disajikan warung handayani hanya berisi kuah brongkos dan koyor serta kerupuk udang dan potongan cabe sebagai pelengkap, berbeda dengan brongkos telur yang terdapat kacang tolo dan tahu.

Brongkos Koyor Handayani dengan Kerupuk Udang Sebagai Pelengkap

Cabai Juga Menjadi Pelengkap Brongkos untuk Menambah Rasa Pedas
Kombinasi nasi putih pulen panas membuat brongkos koyor ini lahap saya makan. Rasanya gurih manis, daging sapi lembut yang berlemak membuat lidah ini tak berhenti untuk melahap brongkos koyor ini. Waktu yang pas untuk menikmati brongkos ini adalah pagi hari hingga menjelang siang. Saat jam makan siang hindari untuk ke warung ini karena penuh sesak berebut tempat duduk, dan kalau sial brongkos koyor telah habis terjual.

Menu di Warung Handayani
Seporsi brongkos koyor hanya seharga 20 ribu rupiah, sebanding dengan rasa yang bikin ngangeni. Tidak suka koyor warung handayani tetap layak untuk dikunjungi karena menu lain yang beragam dengan lokasi yang strategis untuk makan siang terutama bagi wisatawan. Oh iya, satu menu lagi yang istimewa disini adalah es campur. Yang menjadikan es campur kelapa muda ini istimewa adalah tambahan tape yang nikmat.

Selamat mencoba.

Warung Handayani 
Alamat: JL Gading No. 2, Selatan Alun-alun Kidul Keraton, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Telepon: +62 813-9274-7998
Jam buka06.30 – 16.00

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
6 Januari 2016 13.10 delete

Rasanya kayak gimana ya sedikit penasaran :D ini hanya di jual di daerah tertentu aja atau gimana mas? hehehe

Reply
avatar
19 Januari 2016 10.15 delete

bang jadi laper lihat blog ente, makanan semua

Reply
avatar
15 Maret 2016 08.38 delete

Yang jual cuman deket alun-alun selatan Jogja mbak

Reply
avatar