Makan Siang Sambil Menikmati Prambanan Dari Ketinggian

3/14/2016
Tidak banyak restoran yang menyajikan kombinasi pemandangan indah merapi dan candi Prambanan serta candi disekitarnya. Adalah Abhayagiri Restaurant yang berada di perbukitan dekat dengan candi Ratu Boko yang berada dalam komplek Sumberwatu Heritage. Restoran ini mengklaim mempunyai pemandangan yang indah terutama pada sore dan malam hari, saat itu saya berkesempatan mengunjungi restoran ini saat siang hari, namun tak mengurangi imaji saya tentang restoran ini, pemandangannya memang cukup ekslusif.



Sumberwatu Heritage adalah komplek yang dibangun untuk menikmati kawasan Prambanan-Ratu Boko secara eksklusif. Di resort yang dulunya perbukitan tandus dan kandang sapi ini kini menawarkan fasilitas restoran, hotel, kolam renang serta pertunjukan tari. Abhayagiri adalah nama restoran yang menjadi ikon dari Sumberwatu Heritage, kebanyakan memang lebih mengenal restoran ini ketimbang seluruh komplek resort.

Gerbang masuk komplek Sumberwatu Heritage dibuat mirip dengan candi Ratu Boko
Restoran ini memiliki ruang pendopo dan bar sebagai ruang utama. Namun, yang menjadi tempat favorit kebanyakan pengunjung adalah lokasi outdoor dari restoran ini. Lokasi tersebut mengarah langsung pada candi Prambanan, dengan latar megahnya Gunung Merapi, jika beruntung tidak ada awan yang menghalangi, pemandangan kombinas merapi dan candi Prambanan sungguh indah.






Lokasi outdoor restoran masih dibagi dua tingkat, untuk tingkat atas deretan meja kursi dengan beberapa payung teduh menaungi. Outdoor bagian atas cocok untuk berfoto karena letaknya memang lebih diatas. Pada bagian outdoor tingkat bawah, terdapat deretan kursi santai dengan rumput sintesis, bagian bawah pada siang hari cukup panas karena tidak dinauingi apapun. Jika kondisi padi atau sore, saya pasti akan lebih memilih tingkat bawah karena kursi dan rumput sintesis membuat nyaman.






Menu restoran Abhayagiri lebih ke Indonesia, karena mungkin untuk mengenalkan kuliner nusantara karena target restoran ini lebih banyak pada turis mancanegara. Jadi, jangan kaget jika range harga makanan sedikit lebih mahal dari biasanya. Saat itu saya memilih nasi goreng dan es lemon untuk minumannya, rasa masakan lumayan dengan penyajian cukup wah untuk kelas nasi goreng, memang ada harga ada rasa.





Pelayanan restoran Abhayagiri saya berikan bintang lima. Karena mulai saya masuk saya diberikan fasilitas mewah, mulai dari cemilan tunggu dan wellcome drink, handuk hangat selesai menyantap makanan serta pulang pun saya masih diantar karena saat itu hujan. Benar-benar memuaskan, andai warung burjo dekat rumah juga seperti restoran ini hehe. 


Karena range harga yang sedikit lebih mahal, saya menyarankan jangan kaget dengan restoran ini. Restoran ini memang untuk wisatawan mancanegara, namun tidak semua fasilitas disini harus dihargai mahal. Karena, pemandangan dari restoran ini cukup indah dan mewah, infonya kalau dinner atau makan malam ini kita akan difasilitasi lilin romantis dengan musik yang mengiringi, cukup bagus untuk referensi dengan pacar atau istri bukan.

Oh iya, mohon maaf foto seadanya... dokumentasi hanya dengan handphone dan instagram saja hehe.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
14 Maret 2016 10.22 delete

Langitnya sangat terlihat banget mendung ya mas hihi, enak banget dong kalau makan siang sembari menikmati prambanan dari ketinggian hihi

Reply
avatar
14 Maret 2016 15.57 delete

Habis dari sini ngirit sak pol-pol e :D

Reply
avatar
15 Maret 2016 07.05 delete

View yg indah ... rate hotel sama harga menu di restoran apa cukup terjangkau gak ?
terima kasih.


Salam,
Panduan Wisata Indonesia

Reply
avatar
15 Maret 2016 08.35 delete

Iya, pulangnya kehujanan :D

Reply
avatar
15 Maret 2016 08.36 delete

Nek kesini lagi pakai duit sendiri eman-eman banget

Reply
avatar
15 Maret 2016 08.36 delete

Menu dari 25-150ribu.. kalau hotel kurang tahu

Reply
avatar
28 April 2016 11.11 delete

Perlu dicoba ni kalau ke sana. Jadi tambah nikmat makan siangnya.

Reply
avatar