Menikmati Parangtritis dari Atas Tebing

3/23/2016
Menikmati pantai Parangtritis tidak hanya soal ombak dan seafood, ada tempat menarik untuk menikmati pantai ini dari view yang tidak biasa dan cocok untuk melihat sunrise. Dimanakah itu?


Bukit Watu Gupit nama resmi dari tebing ini atau lebih tenar dengan nama bukit Paralayang. Iya, yang kita bicarakan adalah tebing yang berada di sebelah timur pantai Parangtritis yang biasa digunakan untuk kegiatan olahraga Paralayang pada hari-hari tertentu. Tebing ini cukup tinggi dengan akses jalan yang licin dan cukup berbahaya jika kendaraan kita tidak sehat.

Untuk mencapai tempat ini arahkan kendaraan kita menuju timur pantai Parangtritis dengan menyusuri jalan aspal arah Panggang. Setelah menemukan penunjuk arah Hotel Queen of the South di sebelah kanan jalan, ikuti saja jalan menuju hotel tersebut. Nah, saat menemukan penunjuk arah hotel lagi jangan ikuti petunjuk tersebut karena arah bukit Watu Gupit masih lurus dan naik tajam.

Jalan yang begitu menanjak
Jika menggunakan kendaraan bermotor atau mobil, untuk mencapai puncak kita harus memarkir kendaraan kita dulu dan berjalan mendaki jalan setapak yang tidak terlalu tinggi. Sampai diatas kita akan mendapat pemandangan deretan pantai, mulai dari pantai Parang Endog, Parangtritis, Parang Kusumo, hingga Depok dan samar-samar juga terlihat gedung Museum Geospasial yang berada di pantai Depok.


Dibawah persis tebing ini, kita akan juga lihat Hotel Queen of the South yang dilewati saat kita menuju kesini, cukup tinggi bukan. Perlu kehati-hatian jika berada disini. Angin cukup besar saat kita diatas serta masih ada bagian tebing yang berbatu walaupun sudah dibuat datar untuk keperluan olahraga Paralayang. Tempat ini cocok untuk menikmati senja atau camping dengan tempat yang anti mainstream.



Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »