Berawal di Salah Jalan, Berakhir di Soto Lumayan Jalan Kemasan

4/29/2016
Awalnya saya ingin mencari Soto Kemasan. Karena tidak tahu daerah Kemasan itu mana, saya langsung searching di google maps handphone saya, Jalan Kemasan. Dengan cepat saya menemukan jalan kemasan ini di utara pasar Kotagede. Wah dekat rumah teman ternyata, batin saya. Saya tanpa basa-basi langsung menuju lokasi tersebut.


Tujuan saya adalah soto Kemasan yang terkenal itu. Terkenal dengan tahu bacem dan taburan daun kemangi. Jalan kemasan yang saya tuju melalui google maps ini adalah jalan dari perempatan pasar Kotagede yang ada kantor posnya itu keutara sampai trafic light menuju jalan Gedongkuning. Dengan percaya diri saya menuju kesana, tengok kiri dan kanan, ini sotonya mana ya.

Soto Lumayan Jalan Kemasan Kotagede
Saya gas motor saya pelan-pelan, hampir sampai trafic light saya sedikit sadar eh sepertinya tadi melewati warung soto. Saya kembali lagi tak jauh dari sadar saya kalau sudah melewati warung soto. Langsung saya parkir kendaraan saya dan menuju mas-mas pengracik soto tersebut di gerobaknya. Sempat saya lirik di meja ada kemangi yang tersedia, ah kayaknya ini benar sotonya, lega akhirnya ketemu juga.

Sate Usus
Lenthok
Bodohnya saya karena saya tidak mencari seperti apa gambar warung soto Kemasan itu. Sambil menunggu pesanan perasaan saya sedikit ragu-ragu, benar gak ya warungnya ini. Pesanan datang saya langsung kaget, loh kok ada suwiran ayamnya katanya soto kemasan nggak ada daging apapun. Malu untuk bertanya ya sudah saya makan saja, enak dan lumayan rasa sotonya melegakan perasaan saya. Gak apa-apalah kayaknya saya salah warung soto, tapi sotonya ternyata lumayan enak juga.

Saya terkecoh dengan kemangi dan ramainya warung. Selesai makan saya hanya bisa geleng-geleng karena ternyata Soto Kemasan ada di ringroad selatan bukan di jalan Kemasan Kotagede. Tapi berawal di salah jalan, berakhir di Soto Lumayan jalan kemasan Kotagede ternyata benar-benar lumayan enak juga, aku rapopo.

Monggo kemanginya tombo gelo
Seporsi soto lumayan hanya Rp8.000 saja. Yang enak disini sate usus lilitnya, lilitan ususnya banyak, juga ada lenthok, jajanan khas gunung kidul pengganti daging ayam pada soto yang berasal dari ketela giling yang digoreng, walau di soto juga sudah ada lenthoknya, serta ada juga sate uritan, yang ini stok sedikit. Yang bikin lega kalau salah warung ada kemangi yang disediakan untuk pembeli, monggo ditaburkan. Mungkin banyak yang salah warung sehingga penjualnya sediakan kemangi kali ya.

Soto yang diracik oleh Kang Sarman ini kemungkinan berkiblat ke Gunung Kidul. Tentu karena lenthok yang ada di soto. Tapi biasanya jika sudah ada lenthok, suwiran ayam hanya sedikit. Tapi di soto lumayan kang Sarman ini suwiran cukup banyak. Mungkin bisa ada pilihan lain dengan tambahan balungan atau bagian ayam yang bisa di request. Okey, mungkin ke Soto Kemasannya lain kali. Jika ke Kotagede dan butuh asupan soto, silahkan mampir di Soto Lumayan Kang Sarman ini, deket kok dari pasar Kotagede.

Soto Ayam Lumayan Kang Sarman Jalan Kemasan Kotagede. gambar: Google Maps



Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
29 April 2016 14.30 delete

untung aja sotonya enak dan gak terlalu mahal, kalok mahal dan gak enak bisa mbatin terus tuh sepanjang jalan pulang wkwk

Reply
avatar
30 April 2016 00.14 delete

Kenapa malu untuk nanya kalo itu bener apa nggak? Hahaha. Ini emang sulit, sih nanya dari mana mulainya. Tapi, sykurnya sotonya tetep enak, ya.

Tadi, sebelum baca postingan, lihat2 foto dulu. Sempet ngira yg dililit2 di tusuk sate itu... Aneh-anehlah pokoknya. Rupanya usus... -_-

Ngomongin makanan, jadi pengen makan. :D

Reply
avatar
5 Mei 2016 00.14 delete

awal baca aku mikirnya soto kemasan itu soto instan yg udh dikemas;p... paling suka makan soto kalo udh ke jogja ama solo.. segeer soto khas di sana.. kuah bening, gurih dan kebanyakan pake ayam kampung :)..

Reply
avatar
6 Mei 2016 21.09 delete

langsung mbesengut kak hahaha

Reply
avatar
6 Mei 2016 21.09 delete

sudah terlanjur pesan kak

Reply
avatar
6 Mei 2016 21.10 delete

ayam kampung emang maknyusss

Reply
avatar