Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

1/02/2017
Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

Saya sering sekali membaca website yang mengulas segala hal yang berkaitan dengan dunia fotografi digital seperti www.infofotografi.com. Artikel di websitenya sangat ringan dan mudah dimengerti serta begitu informatif. 


Diisi oleh beberapa fotografer handal seperti Erwin Mulyadi dan Enthe Tjin membuat saya betah mencari informasi kamera yang cocok untuk saya, kamera keinginan saya adalah kamera yang ringkas standar profesional namun dengan harga terjangkau walaupun masih tergolong basic

Budget saya hanya sekitar 4-6 juta rupiah. Tentunya dengan kisaran budget yang minim tersebut, minim pula pilihan saya untuk memilih kamera. Apalagi saya sudah membuang jauh pilihan terhadap kamera DSLR karena ukuran kamera DSLR sudah tidak masuk kategori yang saya inginkan. 

Beruntung suatu waktu saya membaca ulasan tentang rekomendasi kamera digital oleh Erwin Mulyadi, saya mendapat gambaran bahwa Canon EOS M10 masuk kategori bugdet saya. Dengan AF yang sudah hybrid serta ukuran sensor APS-C tentunya kamera ini sudah tergolong baik walaupun basic.

Banyak yang bilang bahwa lensa EF-M khusus untuk mirrorless Canon masih sedikit pilihannya. Kenapa saya tidak memilih kamera merk lain dengan pilihan lensa yang lebih banyak. Satu alasan yang paling dasar adalah kenapa saya memilih mirrorless adalah tidak mau ribet untuk membawa banyak lensa. 

Maka, dengan lensa bawaan EF-M 15-45mm F3.5-6.3 yang sudah memiliki fitur Image Stabilization dan masuk kategori Wide Angle Zoom saya pikir sudah cukup untuk teman perjalanan saya. Saya hanya perlu menambah 1 lensa tele zoom atau 1 lensa fix jika memang benar-benar diperlukan. Dan berita baiknya, pilihan lensa EF-M tidak semahal lensa milik kamera merk lain. Kamera Canon EOS M series pun masih bisa menggunakan lensa DSLR Canon EF atau EF-S walau tetap harus menggunakan adapter.

Ringkas Praktis

Ukuran Canon EOS M10 yang kecil dan ringkas membuat saya tidak memerlukan sebuah tas kamera besar untuk membawanya. Saya cukup membawa tas kecil saja yang tentunya tidak akan menambah beban saat di perjalanan. 

Ukuran kamera ini hanya setelapak tangan saja. Ukuran tepatnya adalah 67 x 108 x 35 mm saat menggunakan lensa bawaan 15-45mm. Tentunya aksesoris tambahan seperti Gorillapod masih sangat cocok untuk dipakaikan. Canon EOS M10 sangat praktis kan.

Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

Fitur

Canon EOS M10 memang tergolong mirrorless dengan sensor APS-C murah dikelasnya. Tapi tentunya tidak murahan dong. Dengan sensor yang sudah APS-C menunjukan bahwa kamera ini telah selangkah lebih serius daripada camera pocket premium ataupun prosumer, bahkan tentunya masih lebih baik daripada rival abadinya Canon yakni Nikon, seri mirrorless Nikon hanya memiliki sensor sebesar 1 inci saja (saya juga menggunakan Nikon 1 J3). 

AF yang sudah hybrid juga menjadi andalan lain dari kamera ini. Karena dengan AF hybrid kamera ini dapat mengambil gambar lebih cepat. LCD yang sudah layar sentuh membuat kemudahan dalam pengoperasian kamera ini. Mode Manual (M) menjadi lebih praktis dalam pengoperasian. Layar yang dapat dilipat 180 derajat juga memudahkan dalam pengambilan gambar swafoto. Canon EOS M10 juga diberi gelar best vlog camera untuk fitur layar lipat ini.

Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

Karena sudah memiliki layar LCD sentuh maka tidak banyak tombol yang ada di Canon EOS M10. Bagian atas kamera hanya terdapat tombol power ON/OFF, pindah mode otomatis/khusus/rekam video, shutter, roll dan tombol rekam video. Samping kiri kamera terdapat tombol untuk mengeluarkan flash dan samping kanan terdapat tombol untuk mengaktifkan wifi. Canon EOS M10 ini sudah memiliki fitur wifi untuk pemindahan file foto secara cepat. Kekurangan desain Canon EOS M10 tidak ada slot untuk viewfinder dan flash tambahan. 

Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

Dengan aplikasi Camera Connect dari Canon (unduh di Play Store) kita dapat menyimpan secara langsung file foto di handphone android kita masing-masing. Selain itu, Canon EOS M10 juga dapat dioperasikan melalui handphone mirip seperti action cam macam GO PRO atau YI Cam. Handphone android kita menjadi remote live view shooting yang hasil fotonya dapat langsung tersimpan di kamera maupun handphone kita.

Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

Hasil bidikan Canon EOS dapat mencapai resolusi 5184x3456 pada pilihan fine large. Tentunya masih dapat dioptimalkan lagi secara maksimal jika kita memilih mode RAW. Untuk kualitas rekam, Canon EOS m10 sudah dapat merekam Full HD dengan kecepatan 25.00fps. Seperti yang sempat saya bilang. Canon EOS M10 adalah best vlog camera.

Awal tahun ini saya membawa Canon EOS M10 untuk teman jalan-jalan bersama istri dan anak saya. Istri saya yang jarang memakai kamerapun tidak kesulitan untuk memakai Canon EOS M10. Hasil bidikan pada indoor maupun outdoor sangat terkesan bahwa kamera ini adalah kamera profesional. Kemudahan pemindahan file membuat saya langsung dapat mengupload hasil bidikan ke instagram saya @bookpacker sehingga saya dapat cepat pamer kepada teman-teman saya.

Tertarik membeli kamera ini? Silahkan siapkan budget sekitar 5 jutaan. Berhubung kamera ini belum berumur lebih dari 1 tahun maka kamera ini masih mudah untuk dicari pada toko-toko kamera. Harga 5 jutaan, APS-C, Hybrid AF, LCD layar sentuh dan lipat serta koneksi Wifi + NFC, siapa yang tidak tertarik? Canon EOS M10, memang teman perjalanan yang sempurna.

Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

Canon EOS M10, Teman Perjalanan Yang Sempurna

Untuk spesifikasi lengkap Canon EOS M10 dapat dilihat disini.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

59 komentar

Write komentar
2 Januari 2017 13.12 delete

asek ya yang ini bisa selfiean.. kalau yang aku nikon 1 ga bisa. cuma masih bingung ngefixin kalau foto dalam jarak dekat banget --". Suka g mau dipencet kalau mode otomatis. Masih belajar soale. Tapi lirik ini bagus juga yaaa

Reply
avatar
2 Januari 2017 14.59 delete

Kmaren sempet pengen kamera ini, tp terus putar haluan ke eosm3 lah kok malah keluar eosm5. Duh hayati galau

Reply
avatar
2 Januari 2017 15.52 delete

Sayangnya improvement mirrorless canon itu cenderung pelan, karena bakalan membunuh seri DSLR. Aku malahan mau nyarine 100D mas, lebih kecil dari DSLR normal, dan tetep mount EF-S.
Dulu sih sempet berfikir kepraktisannya, namun lensanya ituh... Sering berasa perlu banyak jenis lensa untuk beragam moment

Reply
avatar
2 Januari 2017 16.08 delete

Yang ini sesuai dengan harganya, murah tp gak murahan.. lebih mahal dikit ada Canon EOS M3, M3 adalah versi mahal dari M10 ini

Reply
avatar
2 Januari 2017 16.09 delete

M5 terlalu mahal, over budget... Saya beli ini juga karena harga khusus kok, ada yg khilaf jual dibawah harga pasar...

Reply
avatar
2 Januari 2017 16.11 delete

Canon kayaknya emang pelan2 soal mirrorless, mirip Nikonlah. Mirrorless terbaru mereka Canon EOS M5 malah mirip DSLR.. Aku juga mau nyari lensa 1 lagi, kayaknya yg fix 50mm

Reply
avatar
2 Januari 2017 19.18 delete

Dari dulu pingin beli kamera ini cuma agak ragu sama performanya, jadi belum kebeli hehe
Anyway, terima kasih ya reviewnya! Jadi dapat gambaran mau beli kamera ini :D

Reply
avatar
2 Januari 2017 21.08 delete

kalau saya, yang jelas ringkas dan ringan, memang cocok sekali untuk jalan-jalan, tapi kalau untuk keperluan yang tertentu mungkin jadi agak sulit...

Reply
avatar
3 Januari 2017 07.48 delete

Kalau keperluan yang komplet, rekomended Fuji kak.. tapi ya itu untuk kelas low-end mereka kurang greget dan tergolong mahal..

Reply
avatar
3 Januari 2017 08.18 delete

Bokehnya gimana mas, bagus nggak?

Reply
avatar
3 Januari 2017 10.38 delete

Walau wide blurnya masih standar, tetep harus pake lensa fix misal 50mm biar dapet bokeh.. Ada merk Meike, 50mm F2 harga kisaran 1,3-1,4. Atau langsung beli paket double lens yang versi lensa fix tp jatuhnya lebih mahal sih..

Reply
avatar
3 Januari 2017 11.39 delete

Aku kemaren ada coba punya temen, secara ukuran enak compact. Asiknya lagi bisa flip layarnya.


Ini kamu sama lensa 50mm juga mas?

Reply
avatar
3 Januari 2017 13.09 delete

waaaaa, jadi pengeeeeen. saya ngga punya kamera kecuali handphone :(

Reply
avatar
4 Januari 2017 05.55 delete

Enggak kak, yang paketan dengan 50mm jarang ada.. apalagi toko di Jogja

Reply
avatar
4 Januari 2017 20.04 delete

ini sama yg canon M3 baruan mana ya mas?
Bagus ya ini. sempet megang juga kualitasnya bagus. dan kayanya enak jg kalau mau gonta ganti lensa. kan canon lensa lebih terjangkau

Reply
avatar
5 Januari 2017 06.02 delete

Lebih baru ini, ini versi murahnya M3 mas.. Betul canon mah lensanya gak mahal2 amat..

Reply
avatar
23 Januari 2017 14.33 delete

Ah alhamdulillah nemu review ini hahaha lagi pengen beli kamera juga, tapi bingung kok mahal mahal ya kamera macam begini. Rata rata 8 jt. Eh ada to yang ga sampe segitu.

Lumayan bagus.

Boleh masuk ke wish list ini mah :D

Reply
avatar
23 Januari 2017 15.24 delete

Kalau kamera ini sih, pas sesuai harganya.. sekarang malah 5 juta pas harganya.. :)

Reply
avatar
23 Januari 2017 16.10 delete

Bagus mas hasil jepretanny, aku juga lagi nyari2 camera yg cocok dikantong nih.

Reply
avatar
23 Januari 2017 18.31 delete

Overall emang sip, tapi baterainya cepat abis, kudu serep baterei kalau traveling nih

Reply
avatar
24 Januari 2017 10.49 delete

wah kebetulan lagi nyari2 kamera, oke juga ini canon eos M10

travellingaddict.com

Reply
avatar
25 Januari 2017 08.10 delete

Nah Canon EOS M10 rekomendasi saya

Reply
avatar
25 Januari 2017 08.12 delete

Baterai orinya 500K, kalau berani pake KW cuman 100-150K saja

Reply
avatar
31 Januari 2017 18.04 delete

Harganya cukup lumayan sih buat kantongku, tapi karena seperti ulasan mas, bahkan yang nggak jago fotografi pun bisa mengoperasikannya, sepertinya menyenangkan kalau aku dan suamiku bisa memilikinya. Sebagai alat untuk kami mengabadikan moment jalan jalan kami.

Reply
avatar
31 Januari 2017 18.51 delete

Sebenarnya masih ada yg lebih murah, cuman kamera inilah kamera mirrorless dgn sensor aps-c paling murah

Reply
avatar
5 Maret 2017 21.19 delete

Untuk perbandingan, bagus canon m10 atau sony a5000 gan?
Dilema mau beli yang mana, karna harga hampir sama.hehe

Reply
avatar
6 Maret 2017 10.27 delete

Banyak di Youtube mas perbandingannya, namun saya lebih saran ke Eos M10 walau A5000 menang di megapixelnya 20MP. Alasannya: 1. harga lebih murah 500ribu 2. pilihan lensa lebih murah 3. navigasi lebih mudah karena layar sentuh

Reply
avatar
27 Maret 2017 06.26 delete

Mau tanya untuk rekomendasinya lensa telenya dan lensa fixnya pakai yg tipe apa dan kisaran harganya brp ya. Saya sudah beli kamera m10 pingin nambah lensanya. Terima Kasih 👌

Reply
avatar
30 Maret 2017 07.43 delete

Lensa tele EFM 55-200mm kisaran 1,5-2 juta, kalau fix ya EFM 50mm kisaran 2,5-3juta

Reply
avatar
4 April 2017 07.55 delete

Mas makasi infonya..duh bermanfaat bgt kebetulan mau menambah koleksi kamera karna uda bertahun2 pake dslr canon 600D hahhaa...kalo pake adapter apakah ga terlalu berat ya mas jika dipasangkan lensa fix 50mm yg biasa saya pake di dslr? Mau beli ini soalnya kepengen hemat lensa soalnya udah ada 55 dan 50mm dirumah hehe

Reply
avatar
4 April 2017 08.18 delete

Enggak, misalkan lensanya dipasang yang berat nanti tripodnya bisa dipasang di adapternya bukan di body camera

Reply
avatar
Anonim
22 April 2017 10.32 delete

sya baru beli kemarin mas.. over all cukup puas untuk ukuran pemula.. mau nanya mas bedanya lensa tele sama fix itu apa ya...

Reply
avatar
24 April 2017 10.47 delete

Terima kasih infonya bos 👍

Reply
avatar
27 April 2017 21.10 delete

Mas, tolong tanya, sy juga baru beli M10 2 bulan lalu, tp sudah 2x ini waktu dipakai tiba2 mati sendiri. Sy kira batrenya abis, tp ketika sy charge paling 10menit sdh full batrenya (indikator charger menunjukkan full). setelah dipasang lg baru nyala kameranya. apa mas pernah mengalami? siapa tau ada masukan, terimakasih

Reply
avatar
2 Mei 2017 17.06 delete

Biasanya baterai kalau ngecas 2 jam, mungkin bisa baterainya yang bermasalah misal bocor. Namun untuk amannya ya ke service center. Kalau mau nyoba ya beli baterai lg, yang kw juga gak masalah seri Canon EOS M baterai KW sekitar 150-200 ribuan

Reply
avatar
2 Mei 2017 17.07 delete

Tele untuk zoom lebih jauh, fik untuk hasil foto yang lebih bagus

Reply
avatar
2 Mei 2017 19.48 delete

oke tks infonya ya mas

Reply
avatar
4 Mei 2017 10.28 delete

Klo mau pake tele lensa baiknya pake apa ya mas?
Truss sejauh mana tele lensa bisa menjangkau objek..? Apa tergantung tele Lensanya juga?

Reply
avatar
7 Mei 2017 16.18 delete

Pakai telenya EOS M aja, 55-200mm.. lumayan jauhlah dan hasilnya bagus.. Kalau mau yang dari DSLRnya Canon banyak sih tapi harus pakai adapter..

Reply
avatar
14 Mei 2017 22.07 delete

Perbandingan yg signifikan sama eos m3 apa ya? Bingung mau beli antara eosm10 atau eos m3

Reply
avatar
15 Mei 2017 18.18 delete

Sudah pake ini. Mau nambah lensa fik asik jg. Btw kalo pake batere kw aman ya mas?

Reply
avatar
16 Mei 2017 08.02 delete

Perbandingan jelas lebih bagus Eos M3, mulai dari pixel, beberapa tombol yang ditambahkan dan hotshoe yg bisa digunakan untuk tambahan layar bidik atau flash external

Reply
avatar
16 Mei 2017 08.02 delete

Selama ini aku aman-aman aja

Reply
avatar
21 Mei 2017 18.29 delete

Mas mau nanya, saya pengguna m10 juga .
Mas kamera saya kalo di pake untuk selfie, hasil fotonya itu suka berubah posisi gitu kenapa ya, apakah pengaturannya atau giman ?
Terimakasih

Reply
avatar
21 Mei 2017 18.51 delete

Malem mas.
Mas mau nanya, kamera m10 saya kalo dipakai selfie hasil fotonya suka berubah posisi gitu kenapa ya ?
Terimakasih

Reply
avatar
24 Juni 2017 02.01 delete

Malem mas,saya mau tanya. Kalo rekam video pake m10 flashnya memang tidak bisa nyala ya?

Reply
avatar
3 Juli 2017 10.34 delete

Iya mas flash tidak nyala, namun jika kondisi terlalu gelap bisa menggunakan mode manual exposure saat merekam

Reply
avatar
3 Juli 2017 10.37 delete

Berubah posisi seperti apa mas? Kalau posisi foto itu karena selfie itu ibarat memandang cermin. Kalau yang berubah pengaturan itu biasa karena saat layar dibalik mode otomatis pindah ke mode self potrait

Reply
avatar
3 Juli 2017 10.37 delete

Berubah posisi seperti apa mas? Kalau posisi foto itu karena selfie itu ibarat memandang cermin. Kalau yang berubah pengaturan itu biasa karena saat layar dibalik mode otomatis pindah ke mode self potrait

Reply
avatar
7 Juli 2017 07.42 delete

salam mas.
saya juga baru beli 1bulan yg lalu hasil nya tdk terlalu mengecewakan alias puas buat camera seukuran m10 truble tempat saya lensa nya belom banyak di pasaran,yg telezoom temmpat saya 3,5 jtan lumayan mahal dan baru lensa itu yg tersedia..
tp di jamin asik buat traveler gk ribet.

Reply
avatar
7 Juli 2017 07.43 delete

salam mas.
saya juga baru beli 1bulan yg lalu hasil nya tdk terlalu mengecewakan alias puas buat camera seukuran m10 truble tempat saya lensa nya belom banyak di pasaran,yg telezoom temmpat saya 3,5 jtan lumayan mahal dan baru lensa itu yg tersedia..
tp di jamin asik buat traveler gk ribet.

Reply
avatar
7 Juli 2017 13.51 delete

Coba cari 2nd mas..kisaran 1,5-2juta udah dapat

Reply
avatar
12 Juli 2017 23.39 delete

MAS BISA DI PAKEIN LENSA FUJI YG 23 GA YA CANON INI?

Reply
avatar
13 Juli 2017 10.46 delete

Kalau ada adapternya ya bisa, tapi belom pernah denger ada adafter Fuji to EFM, mungkin bisa diakali dengan double adapter.. Fuji to Ef lalu EF to EFM

Reply
avatar
Anonim
4 September 2017 23.02 delete

itu hasil fotonya pake lensa bawaan ya? dan mode auto bkan?
trims

Reply
avatar