Tips Membangun Reputasi Online Bagi Blogger

3/28/2017

Tips Membangun Reputasi Online Bagi Blogger
foto: pixabay.com
reputasi/re·pu·ta·si/ /réputasi/ n perbuatan dan sebagainya sebagai sebab mendapat nama baik
Reputasi itu penting, khususnya untuk para blogger. Agar para pembaca melirik tulisan kita. Agar nama kita dapat dikenal oleh brand yang secara khusus menghargai konten kita.

Membangun reputasi online sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang karena reputasi sebagai seorang  blogger dapat kita peroleh cukup dengan konsisten menulis. Susah karena dengan "nila setitik" reputasi yang dibangun akan hancur, entah karena perilaku kita atau sejenisnya. Contoh nyata perusak reputasi adalah plagiarisme.

Ini tips dari saya untuk membangun reputasi online bagi seorang blogger, semoga nyambung ya hehehe.

1. Konsisten

Kunci pertama membangun reputasi online seorang blogger adalah konsisten. Bagus tidaknya tulisan adalah proses. Namun konsisten membuat konten blog adalah kewajiban. Alur tulisan kita akan dikenal melalui rentetan konten yang kita hasilkan pada blog kita.

2. Perilaku

Perilaku seorang blogger disini adalah bagaimana kita menanggapi bermacam komentar yang terkadang sedikit membuat risih pada konten kita. Tanggapi dengan komentar yang santun walau sebenarnya kurang penting. Itu akan membuat seorang pembaca terhargai, siapa tahu bisa menjadi insaf membuat komentar yang sembarangan. Perilaku santun juga dapat kita jemput bola dengan cara blog walking dan memberi komentar pada blog yang menarik menurut kita, tentu saja feedback dari blog yang kita kunjungi pasti akan ada walau terkadang si empu-nya blog lama membalas kunjungan kita.

3. Portofolio

Buat deretan prestasi atau hal menarik yang dapat meningkatkan reputasi kita. Portofolio dapat juga menunjukan kegiatan apa saja yang pernah kita lakukan, contohnya seperti ini http://www.ardiankusuma.com/p/portfolio.html. Namun hati-hati saat menuliskan portofolio, jangan sampai kita terkesan sombong dan terkena nyinyiran para pembaca.

4. Ikut Kegiatan Komunitas dan Perkenalkan Diri Kita

Saya rajin mengikuti kegiatan Komunitas Blogger Jogja (KBJ). Dengan begitu saya dapat berkenalan dengan banyak blogger. Tentu saja nama saya menjadi lebih dikenal karena banyak berjumpa dengan para blogger dari manapun. Ikuti juga kegiatan positif untuk membangun reputasi online, contohnya saya mengikuti Liga Blogger Indonesia (LBI). Ada hal menarik yang saya dapatkan dengan mengikuti LBI ini. Sering teman blogger yang berjumpa dengan saya berkata "wuih ikut liga blogger". Nah nama saya jadi keren kan, reputasi saya meningkat setelah ikut LBI. Ya, itu menurut saya sih. Pendapat real tentu saja saya serahkan kepada para blogger dan pembaca.

Cukup empat poin saja tips membangun reputasi online dari saya. Semoga cocok dengan hati para pembaca. Salam.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
29 Maret 2017 20.20 delete

empat poin yang memberi inspirasi. Terimakasih, salam kenal...

Reply
avatar
29 Maret 2017 22.01 delete

Konsisten, sedang dicoba lebih konsisten. Kalau portofolio apalagi prestasi, saya belum ada. Tapi tetap semangat :-)
Nice 4 tips
@ge1212y

Reply
avatar