Nyore di Kampoeng Ramadhan Jogokariyan

5/30/2017
Nyore di Kampoeng Ramadhan Jogokariyan

Kampoeng Ramadhan Jogokariyan adalah salah satu pasar tiban yang rutin saya datangi untuk sekedar nyore (menikmati sore) menunggu buka puasa. Lokasinya yang sejalur pulang kerja dan dekat dengan rumah membuat pasar tiban yang menjual aneka lauk dan jajanan ini favorit bagi saya. Ramadhan 1438 Hijriah atau tahun 2017 M kali ini, Kampoeng Ramadhan Jogokariyan telah masuk edisi ke-13. Boleh dibilang, pasar tiban ini telah menjadi tradisi yang rutin digelar.


Kampoeng Ramadhan Jogokariyan berada di sepanjang jalan Jogokaryan. Tepat di pertengahan jalan Jogokaryan terdapat masjid Jogokariyan yang menjadi pusat kegiatan yang berlangsung selama bulan Ramadhan. Kawasan Jogokariyan juga dikenal dengan kawasan kampung yang islami. Dekat dengan pesantren dan beberapa gedung dakwah serta penerbit-penerbit buku yang fokus menerbitkan buku bertemakan islami.

Saya sendiri sudah dua kali mengunjungi pasar tiban ini. Pertama saat pembukaan dan kunjungan kedua adalah kemarin sore. Hal yang paling saya cari di Kampoeng Ramadhan Jogokariyan adalah jajanan. Beberapa memang hanya ada saat bulan Ramadhan saja sehingga saya selalu bersemangat. Sate gajih atau sate kere, pempek bakar dan aneka es yang unik menjadi buruan saya. Masih banyak pula makanan atau minuman yang dapat menggugah selera.

Nyore di Kampoeng Ramadhan Jogokariyan

Nyore di Kampoeng Ramadhan Jogokariyan

Untuk kegiatan di masjid Jogokariyan sendiri tak kalah menarik. Setiap harinya dihadirkan penceramah yang "hits" dikalangan umat muslim untuk mengisi kegiatan menjelang berbuka puasa. Untuk berbuka puasa disediakan 1500 sampai dengan 2000 porsi makanan buka puasa gratis yang selalu variatif setiap harinya. Pada malamnya kegiatan tarawih dan tadarus rutin digelar.

Jika kamu berada di kota Yogyakarta. Sempatkanlah untuk mengunjungi Kampoeng Ramadhan Jogokariyan ini. Nuansa islaminya sangat kental terasa. Pilihan makanan, minuman, dan jajanan sangat komplit. Bagi yang ingin menambah ilmu, hadir ustadz-ustadz yang menyejukan hati. Dan tentu saja, menu berbuka di masjid Jogokariyan sangat nikmat.

Nyore di Kampoeng Ramadhan Jogokariyan

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
31 Mei 2017 13.40 delete

'Nyore' ini mirip dengan kegiatan pasar ramadhan di kota saya, Mas Ardian.

Reply
avatar
3 Juni 2017 11.42 delete

salah nih, bw jam segini liat sate. hahahaha

Reply
avatar
8 Juni 2017 22.27 delete

Aku mo ngabuburit kesini dr awal puasa gak jadi2. hiks

Reply
avatar
4 Oktober 2017 06.54 delete

Sering mendengar istilah ini terutama ketika Ramadhan tiba. Pengen sekali-kali bisa datang ke Jogja disaat Ramadhan biar bisa merasakan pengalamannya. Amin...

Reply
avatar