Transportasi Online Harus Selalu Ada

7/18/2017
Transportasi Online Harus Selalu Ada

Transportasi online mulai bervariasi saat ini. Diawali dengan munculnya Grab Car dan GOJEK di Jakarta. Transportasi online kini hadir di hampir seluruh kota besar di Jawa dan Bali. Bahkan seperti GOJEK telah hadir di pulau Sumatera dan Kalimantan. Dan beberapa transportasi online lokal pun bermunculan. Di Jogja, ada nama O-Jack yang sudah mulai dikenal.

Transportasi online berbicara soal kepraktisan bukan soal pendapatan. Karena saya sendiri pernah menjadi seorang driver transportasi online maka sedikit tahu soal sistem pembayaran. Untuk dapat penghasilan yang besar maka kita sebagai driver harus rajin-rajin mencari penumpang karena biaya perjalanan transportasi online sangat jauh lebih terjangkau daripada transportasi konvensional.

Kepraktisan transportasi online tersebut dikarenakan juga tarif yang dapat kita pantau serta jangkauan yang lebih luas. Dengan gawai kita dapat melakukan pemesanan tanpa repot. Bahkan beberapa dengan rela menghubungi kita lebih dahulu sebagai konsumen. Sangat berbanding terbalik saat kita memesan transportasi konvensional.

Pengalaman saya mengendarai transportasi online baik roda dua maupun roda empat sangat memuaskan. Walaupun sebenarnya banyak catatan yang perlu diperbaiki seperti waktu penjemputan atau kemampuan driver dalam mengenal rute karena kebanyakan driver transportasi online adalah orang baru dalam urusan jasa pengantaran. 

Banyak transportasi online yang dapat dijadikan pilihan untuk menunjang mobilitasmu. Namun saya hitung hanya tiga perusahaan transportasi online yang jaringannya luas. Saya tidak mengkesampingkan transportasi online lokal. Namun ketiga perusahaan transportasi online ini sudah bisa dibilang berpengalaman dan wajib dicoba. Mereka adalah:

GOJEK
Memiliki paling banyak jaringan di kota-kota besar di Indonesia, karena didirikan di Indonesia. Layanannya adalah:
GOJEK: Motor
GOCAR: Mobil
GOFOOD: Delivery makanan
GOSEND: Pengantaran barang
GOBOX: Penyewaan mobil box atau pickup
dan berbagai layanan lainnya

GRAB
Jaringan transportasi online nomor 2 di Indonesia yang berasal dari Malaysia. Layanannya adalah:
GRABCAR: Mobil
GRABBIKE: Motor

UBER
Jaringan transportasi paling baru di Indonesia, walaupun sebenarnya UBER adalah pelopor transportasi online di dunia. Layanannya adalah:
UBERMOTOR: Motor
UBERX: Mobil keluarga

Kesimpulan dari saya adalah transportasi online harus selalu ada. Jadi, kalian sudah mencoba transportasi online yang mana?

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »