Tiket Kereta Api untuk Mudik Bersama Balita? Berikut Ini Tips Agar Tetap Nyaman!

8/29/2017
Tiket Kereta Api untuk Mudik Bersama Balita? Berikut Ini Tips Agar Tetap Nyaman!
Photo by kyungkwon park on Unsplash
Mudik sudah menjadi momen yang selalu ada setiap tahunnya menjelang lebaran. Ya, demi bisa pulang kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga, para perantau rela untuk menempuh perjalanan panjang dan penuh sesak. Transportasi yang banyak digunakan untuk mudik mulai dari motor dan mobil pribadi, bis, pesawat hingga kereta api. Jika tahun ini Anda berkesempatan mudik bersama balita menggunakan kereta api, maka pastikan untuk persiapkan semuanya dan pastinya tiket kereta api harus tersimpan aman.

Kereta api kini sudah banyak memperbaharui diri sehingga masyarakat pun mulai kembali untuk menggemari alat transportasi ini. ketika mudik pun demikian karena bahkan banyak sekali masyarakat yang harus gigit jari lantaran kehabisan tiket sehingga mencari moda transportasi lainnya. Mungkin momen mudik jika Anda sendiri atau bersama teman akan lebih mudah, namun bagi Anda yang membawa balita, maka harus paham betul kebutuhannya. Jika salah, bisa-bisa si kecil terus menangis di dalam kereta.

Perjalanan yang panjang tentu jadi tantangan setiap orang tua yang membawa buah hatinya karena balita cenderung mudah lelah dan rewel. Untuk itu berikut ini beberapa tips nyaman mudik dengan kereta bersama si kecil:

Pesan tiket sejak jauh hari 

Memesan tiket kereta api menjadi hal terpenting. Demi bisa mendapatkan tiket kereta, ada baiknya pemesanan dilakukan sejak minimal 90 hari sebelum keberangkatan mengingat tiket kereta menjelang Lebaran sudah pasti banyak penuh. Jika memungkinkan, pilih tiket kereta yang agak jauh dari hari Lebaran sehingga ruangan di dalam kereta tidak terlalu sesak penumpang. Untuk pemesanan tiket sendiri kini sudah sangat mudah karena Anda bisa memesannya di situs belanja online.

Booking kursi dengan jumlah lebih banyak 

Ketika memesan tiket, jangan lupa untuk pesan kursi lebih. Misalnya saja jika Anda mudik bersama 2 balita, maka pesanlah 4 kursi secara berhadapan sehingga anak bisa punya ruangan lebih untuk bergerak dan tidak rewel. Hal ini juga akan membuat si kecil lebih bisa senang dengan perjalanannya karena tidak merasa penuh sesak.

Bawa camilan favorit 

Anak-anak akan diam hanya jika mereka punya sesuatu yang Ia sukai. Untuk itu jangan lupa persiapkan sejak awal beberapa camilan favoritnya. Tidak perlu membawa dalam jumlah terlalu banyak, asalkan bisa cukup untuk selama perjalanan saja. Jika anak mulai rewel, langsung berikan makanan dan minuman kesukaannya sehingga Ia bisa tenang kembali.

Pakai popok 

Untuk anak usia 2 tahun lebih biasanya orang tua sudah mengajari agar bisa pipis tanpa popok. Namun karena momen di kereta adalah momen urgent, maka ada baiknya jika Anda memakaikannya popok sehingga tidak perlu bolak-balik ke kamar kecil terus menerus. Selain itu bawa juga popok tambahan sehingga Anda tidak perlu bingung beli popok nantinya. Bawa juga tas plastik untuk membuang popok jika ada kemungkinan ganti popok selama perjalanan.

Itulah beberapa tips sederhana agar Anda bisa nyaman di kereta dengan si kecil. Jika memang memungkinkan, pilih tiket kereta api dengan jadwal keberangkatan malam hari karena malam adalah waktu untuk anak tidur sehingga Anda bisa menidurkannya di kereta sepanjang perjalanan dan menghindari rewelnya si kecil. Kini tiket kereta sudah bisa dipesan secara online melalui situs jual beli online sehingga Anda bisa bebas memesan dan memilih jadwalnya.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »