Memilih Celana Jeans untuk Traveling

10/20/2017
Photo by Scott Webb on Unsplash
Traveler lebih banyak menggunakan celana jeans saat menjelajah beberapa destinasi di Indonesia. Terlihat pada beberapa foto perjalanan mereka. Celana jeans selalu terlihat menemani style perjalanan mereka. Dengan hadirnya banyaknya koleksi celana lapangan yang dikeluarkan oleh beberapa toko outdoor tidak membuat celana jeans tergusur popularitasnya. Justru, celana jeans tidak tergantikan. Fakta membuktikan bahwa celana jeans lebih murah untuk urusan banderol harga. Dan fakta lain yang tidak dimiliki oleh celana lapangan adalah pilihan ragam celana jeans sangat banyak. Banyaknya pilihan celana lapangan tidak dapat mengalahkan banyaknya pilihan celana jeans baik dari segi kekuatan, desain maupun pilihan warna.

Sejak Levi Strauss menemukan kain jeans untuk pertama kalinya pada beberapa puluh tahun yang lalu. Bahan yang lebih sering digunakan untuk produk celana ini semakin menjadi favorit bagi orang-orang jaman sekarang. Apalagi bagi seorang pria semacam saya dan para pria-pria lain yang pasti ikut mengamini. Celana jeans ini adalah andalan untuk kegiatan apapun (kecuali kondangan), bahannya kuat, awet, terlihat trendi dan tentunya perawatannya tak perlu terlalu sering alias dicuci seminggu sekali sudah lebih dari cukup. Apalagi untuk aktivitas traveling, celana jeans adalah pilihan yang sangat tepat. Tapi tentu, menurut pengalaman saya. Ada beberapa kriteria yang diperlukan untuk memilih celana jeans untuk traveling.

Beberapa kriteria tersebut adalah:

1. Ringan

Banyaknya pilihan celana jeans pasti membuat bingung pria-pria yang ingin meminangnya. Kalau saya, biasanya memilih bahan yang ringan. Ringan belum tentu tidak kuat. Tentu saja bahan celana jeans ringan dapat kita temukan pada produk celana jeans merek terkenal, misalkan saja Levi’s, merek ini sudah terbukti sangat nyaman. Tapi tak perlu khawatir. Jika kita telaten, tentu saja ada merek celana jeans lokal yang kualitasnya sama dengan produk celana jeans milik merek terkenal.

2. Pas di seluruh kaki

Tentu kita tidak mau dong kalau celana kita kelebihan di bagian bawah atau terlalu lebar di bagian pinggang. Selain tidak nyaman dipandang. Celana jeans yang “lebih” sangat mengganggu mobilitas kita. Jika mentok, solusi terakhir adalah permak. Yang sulit dalam memilih celana jeans memang menemukan ukuran yang pas karena ada beragam standar yang dimiliki oleh produk celana jeans. Pantas saja ya, banyak jasa permak jeans di Indonesia ini.

3. Warna yang gelap

Warna yang gelap dapat menyamarkan noda atau kotoran yang menempel. Coba bayangkan memakai celana jeans warna cerah saat mendaki gunung. Kalau kotor maka akan sangat terlihat tidak bagus di foto perjalanan kita. Warna gelap yang dapat dipilih adalah hitam, coklat tua atau biru tua. Warna gelap juga membantu kita saat ingin memperbarui warna celana jeans kita (baca: naptol) karena kalau warna cerah lalu warna diperbarui, akan terlihat aneh. Karena naptol biasanya akan lebih menguatkan warna celana jeans kita.

4. Tidak terpaku dengan celana jeans panjang, coba juga celana jeans pendek

Celana jeans pendek juga nyaman dipakai saat traveling. Tentu saja, celana pendek memberikan kesejukan ekstra pada bagian kaki. Beberapa tahun ini sudah banyak model celana jeans pendek, ragam jumlahnya hampir sama dengan versi celana panjang. Dan tentu saja, yang perlu diingat. Harga celana jeans pendek jauh lebih murah dari celana lapangan versi pendek.

Empat poin diatas adalah kriteria saya dalam memilih celana jeans untuk traveling. Kiranya, orang-orang jaman sekarang pasti setuju dengan saya. Baiklah, mari segera berangkat traveling.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
30 Oktober 2017 16.58 delete

nice infoh broe :) manteb....

Reply
avatar