Menjajal Sensasi Ayam Geprek Mozarella

4/06/2018
Menjajal Sensasi Ayam Geprek Mozarella

Semenjak 10 tahun yang lalu saat ayam geprek mulai hadir di Jogja. Tahun-tahun berikutnya banyak bermunculan varian warung makan ayam geprek di pelbagai sudut Jogja. Paling sering aku temui adalah kombinasi warung ayam geprek dan susu murni yang banyak disingkat menjadi PREKSU. Yap bagi aku yang orang Jogja, walaupun singkatan tersebut sedikit kasar tetapi kombinasi keduanya cukup sukses melayani hasratku sebagai konsumen kuliner ayam geprek.

Kemudian setahun belakangan, ayam geprek dengan varian toping keju mulai hadir. Prekju yang berasal dari kata geprek keju hadir ditengah kebosanan para konsumen dengan ayam geprek yang itu-itu saja. Dan agar tidak menjadi sekedar tren. Beberapa warung ayam geprek memberikan kualitas pada produknya. Tidak sekedar murah, tidak sekedar sama dengan yang lainnya. Salah satu warung yang aku temui adalah Kedai Prekju.

Kedai Prekju ini berada di bilangan Jalan Sisingamaraja, Yogyakarta atau daerah Jogja bagian selatan. Lokasinya jauh diantara sentra-sentra kuliner kota Jogja yang rata-rata berada di kawasan utara. Tentu saja keberadaannya sangat membantuku untuk memenuhi hasrat kuliner ayam geprek karena kebetulan aku tinggal di daerah selatan kota Jogja.

Kedai Prekju ini tidak sembarang kedai ayam geprek ditambah keju kalau boleh aku bilang. Kenapa? Karena Kedai Prekju menggunakan keju mozarella pada menu ayam geprek andalannya. Dan agar lebih berkualitas. Ayam yang digunakan adalah bagian daging yang sudah dihilangkan tulang-tulangnya.

Memang konsekuensi agar porsi tetap "lumayan" adalah menambah jumlah daging ayam yang disajikan  kepada konsumen sehingga membuat harga seporsi ayam geprek keju terlihat lebih mahal dari warung ayam geprek lainnya. Namun aku bisa bilang, ayam geprek keju mozarella di Kedai Prekju worth it-lah pas dengan harganya.

Menjajal Sensasi Ayam Geprek Mozarella

Saat di Kedai Prekju, aku mencicipi Ayam Geprek varian Combi. Varian Combi ini adalah menu andalan atau flasgship di Kedai Prekju. Varian Combi adalah ayam geprek dengan toping kombinasi keju cheddar parut dan mozarella lembut. Bagian akhirnya, ayam geprek tersebut di siram dengan saus BBQ yang hangat. Boleh dibuktikan, aroma sajian ayam geprek tersebut menjadi berbeda dan berkelas. 

Karena menggunakan bahan yang berkualitas, rasanya pun berkualitas. Ayamnya matang sampai kedalam. Lapisan tepungnya gurih kriuk, sama sekali tidak alot. Keju cheddar dan mozarellanya mampu meredakan pedasnya cabe yang ikut di uleg dengan ayam gorengnya sehingga seimbang. Dan aku rasa, aroma saus BBQ sangat menggugah selera walaupun tidak begitu banyak terasa dalam kunyahan. Mungkin perlu nambah saus BBQ kalau saranku.

Menjajal Sensasi Ayam Geprek Mozarella

Kedai Prekju sangat fokus terhadap geprek saja sehingga tidak banyak menu lain yang dapat dijumpai. Selain menu ayam, hanya menu tempe geprek yang dapat menjadi pilihan. Tentu saja, pilihan varian tetap sama dengan ayam yakni biasa yang hanya saus BBQ, toping keju parut cheddar, toping mozarella dan combi yang berarti toping campur-campur.

Oh iya, untuk snack kamu wajib coba Crispy Mushroom-nya. Gurihnya sama dengan gurihnya ayam geprek di Kedai Prekju. Konon kata sang owner, tepung yang digunakan adalah homemade sehingga kualitas sangat dijaga. Dan untuk kamu yang mencoba berkuliner ria di Kedai Prekju beberapa hari ini. Kamu akan mendapat Sup seharga IDR5.000,- secara gratis. Kapan lagi ada promo kan.

Kiranya tak perlu lama untuk kamu yang berada di bagian selatan Jogja untuk mencoba Kedai Prekju. Dan untuk bagian utara Jogja tentu saja sangat disarankan karena mosok makan di daerah utara terus. Nggak bosen?

KEDAI PREKJU
Jalan Sisingamangaraja No. 39, Yogyakarta 55153
IG: @kedai_prekju

Share this

Seorang blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Aya
12 April 2018 21.02 delete

Waahhh baca reviewnya bikin ngiler Prekju Mozarella lagi niii

Reply
avatar