Jangan Makan di Gudeg Pawon Jogja! - Ardian Kusuma

a blog about lifestyle and photography

Latest Update
Fetching data...

Friday, December 4, 2015

Jangan Makan di Gudeg Pawon Jogja!

Geliat Jogja dikala malam memang menjadi hal yang banyak dicari oleh para mahasiswa atau wisatawan yang singgah di Jogja. Kota yang seakan setiap sudut memberi kenangan tersendiri bagi yang pernah singgah di kota ini. Kuliner malam di Jogja adalah suatu kewajiban yang harus dijalani agar lengkap pulalah kita menikmati kota ini.



Gudeg, adalah makanan khas Jogja yang gampang kita temui dijalan-jalan Jogja. Apalagi kalau kita mengunjungi sentra gudeg di daerah Wijilan yang berada di sebelah timur alun-alun utara Jogja, disanalah para pembuat gudeg berkumpul dan menjajakan dagangannya.

Gudeg hampir selalu difavoritkan untuk dinikmati sebagai sarapan pagi. Karena itu, gudeg yang dijual waktu malam cukup bisa dihitung dengan jari. Namun penikmat gudeg malam sebenarnya hampir sebanding dengan penikmat gudeg sebagai sarapan atau makan siang.

Gudeg Pawon adalah salah satu tempat favorit makan gudeg yang buka waktu malam. Tempat ini baru akan dibuka pada pukul 22.00 WIB, namun jangan coba datang tepat pukul 22.00 atau lebih jika tidak mau antri lama. Sebelum buka, para penikmat gudeg sudah antri bahkan 2 jam sebelum tempat itu buka.
Jam Buka Gudeg Pawon
Keunikan dari gudeg pawon ini adalah disajikan langsung dari pawon (Jawa) yang arti dalam bahasa Indonesianya adalah dapur. Yap, kita akan berdiri antri untuk mengambil gudeg ini di dapurnya langsung. Sembari antri kita bisa melihat proses pembuatan gudeg yang langsung dimasak di tungku saat itu juga.
Antrian Gudeg Pawon


Menyiapkan Pesanan Gudeg
Lauk di gudeg pawon ini sama seperti gudeg-gudeg pada umumnya, yakni ayam kampung atau telur bulat. Saya saat itu pilih ayam kampung dada sayap, dan diambilkan yang cukup besar, wah lumayan hehe. Rasa dari gudeg ini gurih tidak manis, pedas dari sambel kreceknya pas dan nasi yang pulen serta ditambah perut yang lapar karena menahan untuk tidak makan malam, maka rasa gudeg pawon ini sangatlah sempurna, maknyusss!
Gudeg Pawon Plus Sayap
Satu yang kurang dari tempat ini adalah keterbatasan ruang makan. Membludaknya peminat membuat kita tidak bisa lama-lama bercengkerama di gudeg pawon ini. Apalagi sebagian ruang makan gudeg pawon ini meminjam emperan dari tetangga warung. Dengan begitu sopan-santun wajib kita junjung dan jangan bikin suara yang gaduh saat makan ya.

Oh iya, untuk harga karena saat itu saya di traktir teman, saya kurang tahu persis harga seporsi gudeg pawon, namun kira-kira untuk seporsi gudeg dengan lauk ayam kampung plus minuman teh hangat saya tafsir kira-kira sekitar 25ribuan, cukup murah bukan. Oke, untuk gudeg pawon kesimpulan dari saya adalah:

Jangan makan di gudeg pawon Jogja jika tidak sabaran…

Jangan makan di gudeg pawon Jogja jika telat datang…

Jangan makan di gudeg pawon Jogja jika tidak mau KETAGIHAN…

42 comments:

  1. Kira-kira apa ya yang makan di sana itu wisatawan atau ada mahasiswanya juga ya?

    ReplyDelete
  2. Kayaknya enak< tuh . kira kira buka sampai jam berapa gudeg pawonnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak tentu, sampai habis.. kadang kalau ramai jam 11-12 pun sudah habis, tapi jam 1-2 biasanya juga masih.

      Delete
  3. jangan pergi dari sini kalau ketiduran

    ReplyDelete
  4. wah jadi pengen coba,,,, lokasi tepatnya mana tu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jl. Janturan No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164, Indonesia

      https://www.google.com/maps/place/Gudeg+Pawon/@-7.805718,110.3901396,15z/data=!4m2!3m1!1s0x0:0xed0b575329f65c3d?sa=X&ved=0ahUKEwinkfLdm8vJAhWLVY4KHQaxAnYQ_BIIejAO

      Delete
  5. Klo udah nyampe jogja gak nyobain gudg pawon...rugi baget dah...
    Klo menurut saya rasa gudeg pawon...PECAAAAAAAAHHHHHHH....

    ReplyDelete
  6. DengarDengar2 ayamnya dijogja tdk dsembelihdsembelih..
    Mnurut berita jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngaco amat anda ini. Jogja mayoritas muslim, kalau potong ayam disembelih dgn mengucapkan basmallah. Memangnya ditempatmu ayam tiren dimakan ya?

      Delete
    2. Mungkin karena isu warna merahnya itu ya pak :D ya ndak mungkin dari darah ayam pak... :p

      Delete
  7. Replies
    1. Jl. Janturan No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164, Indonesia

      https://www.google.com/maps/place/Gudeg+Pawon/@-7.805718,110.3901396,15z/data=!4m2!3m1!1s0x0:0xed0b575329f65c3d?sa=X&ved=0ahUKEwjG7fTanMvJAhVJA44KHRH-C-AQ_BIIejAO

      Delete
  8. di daerah

    utara kampus 3 Universitas ahmad dahlan yogyakarta

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Khilap ni orang,
      Maapin dy y gan..
      Kokean mangan brutu wong iki

      Delete
    2. @RIO KURNIA. Nek ngomong ati2 mas.

      Delete
    3. Waktu saya ke sono diajak adik pas lagi tutup. Nyesel aku.

      Delete
  10. Ke jogja butuh sarana transportasi klik saja www.pumajogja.com

    ReplyDelete
  11. Ke jogja butuh sarana transportasi klik saja www.pumajogja.com

    ReplyDelete
  12. Saya kira beneran dilarang makan gudeg di situ, Mas. Eee... tak tahunya "Jangan makan di Gudeg Pawon jika tidak mau KETAGIHAN." :)

    ReplyDelete
  13. wah ... yang antri rame juga ya Mas

    ReplyDelete
  14. Bolak balik Jogja belum pernah kesini :(
    Mudah-mudahan minggu ini pas kesana bisa nyempetin ke sana.
    Tapi tiap hari emang rame kaya gini yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, datang lebih awal mas biar masih komplit ubo rampenya

      Delete
  15. Jaraknya berapa km dari Malioboro??
    Maaf patokan saya Malioboro, maklum awam daerah Jogja hehe...

    ReplyDelete
  16. Jadi ngiler nih ! Kapan-kapan pingin nyoba ah kalau lagi ke sana.

    ReplyDelete
  17. Bukanya malan sekali namun rasa yang di tawarkan sangat enak jadi tidak nyesel begadang sampe malem di sini

    ReplyDelete
  18. emang enak mas, gudeg pawon. kebetulan mertua rumahnya di jl gedong kuning dan belum pernah ke sini, setelah tahu dari temen, nyobain, akhirnya berulang kali ke sini.gudeg pawonnya asli dari pawon ini, sedangkan minuman dan gorengan dari para tetangganya. keren, berbagi kemakmuran dengan lingkungan. parkir di sepanjang jalan kampung aman dan juga gratis

    ReplyDelete
  19. ntab jiwa, bsok kalau pulang ke jogja harus coba ini, biasanya saya suka gudeg yang nggak manis tapi gurih itupun bukanya jam 00.00

    ReplyDelete
  20. Udha masuk list nih, mumpung lagi di jogja. Ngidam banget ama gudeg pawon padahal blom pernah nyoba wekekek

    ReplyDelete
  21. saya kemarin dari gudeg pawon mbah ternyata ramai tur antrinya pool

    ReplyDelete
  22. kalo dibungkus boleh apa enggak yaa? alias makan dirumah

    ReplyDelete
  23. Gudeg pawon bisa dibawa pulang ga?

    ReplyDelete

Add your comment
EmoticonEmoticon