Bukan Ahli SEO? Berikut Cara Menaikan Trafik Blog dengan Mudah! - Ardian Kusuma

A blog about lifestyle and photography

Latest Update
Fetching data...

Wednesday, May 4, 2016

Bukan Ahli SEO? Berikut Cara Menaikan Trafik Blog dengan Mudah!

Optimisasi mesin pencari atau lebih populer dengan nama Search Engine Optimization disingkat SEO adalah serangkaian proses untuk menaikan trafik blog atau website kita. Walaupun beberapa orang berkata SEO bukan hal yang rumit namun memang SEO adalah tantangan yang sulit untuk dilalui. Kerumitan proses SEO membuat orang malas untuk mempelajarinya.


Walaupun akhirnya kita harus menyerah ditengah jalan saat mempelajari SEO. Tak perlu kawatir soal keinginan agar trafik blog kita naik. Ada beberapa tips khususnya kepada blogger agar postingannya dapat menaikan trafik. Tentunya langkah dan prosesnya cukup sederhana dan tak serumit proses dari SEO, apakah saja itu?

1. Memposting URL Blog di website log.viva.co.id
VIVALog atau Vlog adalah platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Siapapun dipersilahkan mengirimkan blog. VIVAlog membantu blogger agar postingannya dapat memiliki traffic yang tinggi. Dengan hanya memposting sebagian keterangan dari postingan di blog kita, VIVAlog akan menyebarkan postingan kita di websitenya dan jika ada yang membuka postingan tersebut maka otomatis mengarah ke blog kita.

Mendaftar dan memposting tulisan di VIVAlog cukup mudah. Persyaratan khususnya hanya kita dianjurkan untuk memasang script dari website VIVAlog di blog kita. Tentunya postingan kita tetap akan di moderasi oleh editor dari VIVAlog namun rata-rata postingan kita pasti akan tampil dan disetujui.

Form VIVAlog
2. Follow akun komunitas blogger dan ikut sharing tulisan

Nge-blog tapi tidak ikut komunitas? Jika kamu sudah terkenal itu tidak masalah, namun bagi newbie blogger ikut komunitas adalah hal wajib. Kalau tidak sempat ikut komunitas secara fisik kamu bisa ikut secara virtual. Salah satunya di social media twitter. Ada beberapa akun yang bisa kita follow dan setia men-share tulisan kita, dengan catatan kita patuh dengan aturan postingan yang telah diterapkan.

Tulisan kita akan dibaca sesama anggota komunitas blogger tersebut. Semakin banyak kita mengikuti akun komunitas, semakin banyak pula kesempatan kita untuk membagi tulisan kita. Contoh akun komunitas adalah @Warung_Blogger, @UpdateBlog, dan @KumpulanBlogger, selain itu masih banyak akun lain yang bisa kita cari dan ikuti.

Twitter @Warung_Blogger
3. BlogWalking

Ini yang paling penting jika blog kita ingin sering dikunjungi. Rajin-rajinlah berkunjung ke blog orang lain dan tinggalkan jejak dengan komentar di salah satu tulisannya. Harus bersabar memang namun jika kita tekun, blog kita akan sering dikunjungi juga. Dan ini adalah visitor paling nyata di blog kita. Semakin banyak pula list blog yang kita punya semakin banyak pula media untuk belajar dan sumber inspirasi.

sumber foto: infamous.web.id



43 Comments

Aku sudah lama nggak upload di viva. Entahlah, lagi males hahahhahah. Lebih suka BW

Di kerepi maneh dap, men tambah akeh pageviewsne, gonaku lagi alon2 munggah..

Hahahaha iya, yang viva itu lumayan nyumbang pageview :D

Bermanfaat buat orang2 seperti gue karena blogger baru,thanks yo mas :D

cuma yg nomor 1 nih yang aku gak lakuin :D.. tapi 2 berikutnya rutin mas.. karena komunitas juga jd nambah banyak kenalan yg awalnya maya, tapi lama2 beneran ketemu ;).. Nambah ilmu juga krn kalo tulisan mereka bgs, biasanya aku perhatikan dan pelajari tuh, cara menlis yg bener dan enak dibacanya gimana :)

Kiriain gimana caranya gan, ternyata masih pakai jurus klasik ya..

belum pernah upload via vivalog mas.. males juga mau join dan submit... hehehe.. salam kenal...

Belum pernah nyoba yang pertama sih.

Coba kak, gampang kok posting di Viva

Setuju banget ama semua nya dan jangan lupa mesti punya karakter yg unik dan beda ama blogger yg lain

Cie yang jadi blogger favorit VivaLog

Akuu newbie banget mas... terimakasih tulisannya mengena dan menginspirasii :)

Keren nih tipsnya.. Bagus buat perkembangan blogger pemula. Terimakasih bang Ardian

aku juga sering nyoba posting di viva. btw dari segi SEO itu bagus ga ya kalo kita post di viva?

Kalau detailnya saya belum paham tapi dengan Viva kan artikel kita banyak pageviewsnya dan tentunya menjadi halaman pertama google search

kepengen banget mencoba tapi masih takut soal adsense

semoga bermanfaat bos.. ane masih newbie gan, gmn kala yg pake wordpress gratisan?? wuwun gan

kopi asli indonesia

Add your comment
EmoticonEmoticon