Rekomendasi Bervakansi Singkat di Cirebon

9/18/2019
Rekomendasi Bervakansi Singkat di Cirebon

Cirebon adalah salah satu kota dengan destinasi wisata yang komplit dan menarik. Di kota ini terdapat berbagai wisata budaya, alam, heritage dan kuliner yang bisa menjadi pilihan. Cirebon tidak terlalu dekat, tetapi juga tidak terlalu jauh dari Ibukota Jakarta. Cara ternyaman menuju Cirebon adalah dengan menggunakan moda transportasi kereta api. Sebelum mengunjungi Cirebon, saya pesan tiket kereta Gambir Cirebon di Traveloka.

Perjalanan kereta dari Stasiun Gambir ke Stasiun Cirebon hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan saja. Pagi itu saya berangkat ke Cirebon menggunakan kereta Argo Muria dengan waktu berangkat pukul 07.00 pagi. Saya sampai di Cirebon tepat waktu yakni pukul 09.50 WIB. Dimulai tepat pukul 10.00 WIB sampai sore hari. Berikut adalah rekomendasi bervakansi singkat di Cirebon:

SENTRA BATIK TRUSMI

Vakansi singkat saya dimulai dengan mengunjungi Sentra Batik Trusmi. Kebetulan saya memang seorang fotografer yang sengaja ingin mengabadikan proses pembuatan batik tradisional khas Trusmi, Cirebon. Kamu juga bisa kok melihat dengan bebas proses pembuatan batik. Apalagi bila ingin membawa pulang batik Trusmi, Cirebon. Karena hal tersebut sangat di rekomendasikan sekali mengingat harga batik di sentra batik Trusmi terjangkau.

Rekomendasi Bervakansi Singkat di Cirebon

Sentra Batik Trusmi cukup luas areanya. Kebanyakan tokonya berada di jalan-jalan kampung yang arsitektur bangunan lamanya masih terjaga. Kalau tidak ada kendaraan bermotor, suasananya serasa Indonesia jaman dahulu. Di area sentra batik Trusmi juga banyak toko-toko batik besar bila kamu ingin berbelanja secara one stop shopping.

KULINER EMPAL GENTONG


Tepat siang hari setelah puas menjelajahi sentra batik Trusmi, perut sudah memberikan sinyal untuk segera di isi. Tak elok kalau ke Cirebon tidak menjajal kuliner Empat Gentong yang legendaris. Nah, salah satu yang legendaris adalah Empal Gentong Krucuk. Saya pilih karena lokasinya tidak jauh dari sentra batik Trusmi. 

Rekomendasi Bervakansi Singkat di Cirebon

Kamu bisa juga memilih lokasi kuliner Empal Gentong di Cirebon sesuai seleramu. Karena kuliner ini sangat lazim ditemui di Cirebon. Pilihlah yang nyaman karena rata-rata di jam makan siang kuliner ini sangat ramai dikunjungi. Oh, iya jangan lupa jajal pula satenya. Daging satenya begitu empuk, selipan lemaknya juga membuat aroma sate semakin menggugah selera.

SANGGAR SENI SEKAR PANDAN

Mengunjungi sanggar seni Sekar Pandan seperti melihat Cirebon tempo dulu. Sanggar seni Sekar Pandan ini termasuk sanggar seni tertua di Cirebon yang masih melestarikan tari-tarian. Yang paling menarik adalah tari topeng. Uniknya kegiatan belajar tari topeng masih di minati oleh pemudi Cirebon sehingga saya sangat senang sekali saat beberapa penari mau dijadikan obyek foto.

MENIKMATI SENJA DI PANTAI KEJAWANAN

Menjelang sore, saya memutuskan untuk menikmati senja di tempat favorit para warga Cirebon dalam menikmati sore. Pantai Kejawanan namanya. Di pantai ini kamu dapat berfoto dengan latar belakang kapal yang sedang berlabuh. Kapal-kapal tersebut adalah kapal para nelayan.

Selain menikmati sore dan berfoto, di Pantai Kejawanan kamu juga bisa menaiki kapal untuk berkeliling di sekitar pantai. Tarifnya masih terjangkau termasuk juga beberapa jajanan yang bisa kamu temui di sekitar pantai.

SEBELUM PULANG, NASI JAMBLANG

Merasa lapar sebelum pulang saya wajib mengisi perut dengan kuliner khas Cirebon yang lain, yakni Nasi Jamblang. Sama seperti Empal Gentong, Nasi Jamblang ini banyak dijajakan di Cirebon. 

Nasi Jamblang adalah nasi sayur dengan pilihan lauk yang banyak. Kekhasannya adalah nasi Jamblang biasanya disajikan dengan alas daun jati. Untuk lauk, saking banyaknya saya sampai bingung ingin memilih apa. Sebenarnya cukup nasi disiram dengan kuah sayur jamblang sudah enak namun tentu saja saya harus mencoba lauk yang begitu menggoda.

Rekomendasi Bervakansi Singkat di Cirebon

Kalau ingin lauk yang khas kamu bisa mencoba olahan seafood, udang di Cirebon sangat berisi dagingnya. Atau kamu juga bisa mencoba cumi yang diolah masih dengan tintanya. Kalau saya sendiri karena suka dengan jengkol dan paru, pas di Nasi Jamblang Bu Nur saya tak sia-siakan untuk memilih jengkol dan paru sebagai lauk tambahan nasi Jamblang.

SAYONARA, SANTAI DI SEKITAR STASIUN CIREBON

Stasiun Cirebon bisa menjadi alternatif berwisata bila waktu masih cukup. Di sekitar stasiun banyak toko oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Ada 2 pilihan jam pulang ke Jakarta, pertama di jam 7 malam dan yang kedua di jam 9 malam. Saya sendiri memilih jam 9 malam agar lebih santai menikmati vakansi yang walaupun hanya singkat di Cirebon.

Share this

Content Creator, Fujifilm X-Series Enthusiast, Founder @nyetritbareng Indonesia, Iseng Motret di @purapurangopi

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
18 September 2019 07.46 delete

Kepikiran pengin berwisata ke Cirebon, tapi masih galau mau pergi sendiri atau ikut open trip ya. Hehehe. Pengin banget cobain Nasi Jamblang. :D

Reply
avatar
20 September 2019 09.08 delete

kalo hotel yang recommended di mana nih Gan ?

Reply
avatar
20 September 2019 09.42 delete

setiap tahun pulang ke cirebon, belum pernah foto2 di tempat pembuatan batik kayak gitu haha

Reply
avatar
1 Oktober 2019 16.07 delete

Wahhh menyaksikan langsung pembuatan batik bakalan seru banget nih

Reply
avatar