Bagaimana Cara Mencegah Rumah dari Kebakaran?

1/31/2023
Bagaimana Cara Mencegah Rumah dari Kebakaran?

Pastinya kehilangan rumah karena kebakaran adalah hal yang tidak diinginkan oleh siapapun. Jika Anda tidak ingin itu terjadi pada rumah Anda, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran rumah.

Kebakaran rumah sangat merugikan, Anda tidak hanya kehilangan tempat tinggal namun juga barang-barang berharga Anda. Inilah mengapa, sebagai pemilik rumah wajib melakukan pencegahan kebakaran supaya hal-hal yang ditakutkan terjadi pada tempat tinggal Anda.

Begini Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi kemungkinan rumah Anda menjadi bagian dari kebakaran yang akan sangat merugikan.

1. Periksa Kondisi Sistem Kelistrikan Rumah Anda

Penyebab terjadinya kebakaran paling sering adalah konsleting listrik. Untuk mencegah kebakaran rumah, maka Anda wajib memeriksa kondisi sistem kelistrikan rumah Anda secara rutin. Pastikan apakah peralatan listrik Anda dalam kondisi baik, tanpa kabel atau colokan yang kendur atau robek.

Jika terdapat kerusakan kabel atau terjadi konsleting Anda bisa segera meminta bantuan pada ahlinya untuk memperbaiki masalah kelistrikan Anda. Memperbaiki masalah kelistrikan akan membantu mencegah rumah Anda dari kebakaran yang diakibatkan oleh kerusakan sistem kelistrikan.

2. Jauhkan Barang-Barang yang Mudah Terbakar dari Sumber Api

Barang-barang yang mudah terbakar seperti kertas, baju dan lain sebagainya sebaiknya diletakan di tempatnya secara teratur dan hindari dari sumber api, misalnya kompor atau lilin. Saat memasak, pastikan oven, kompor, dan piring panas Anda jauh dari barang yang mudah terbakar seperti gorden, kertas, kain lap, atau bahan kimia.

Pastikan jangan tinggalkan dapur tanpa pengawasan atau Anda bisa mematikan kompor dan oven ketika Anda harus meninggalkan dapur dalam waktu yang lama. Ini cara terbaik untuk menghindari kebakaran yang bersumber dari dapur khususnya kompor atau oven.

3. Praktikkan Kebiasaan Yang Aman

Tindakan pencegahan sederhana dan tetap waspada terhadap lingkungan Anda menurunkan kemungkinan kebakaran di rumah Anda. Sangat mudah untuk mengalihkan perhatian saat menjalani hari Anda, tetapi aktivitas seperti memasak bisa menjadi berbahaya dengan cepat tanpa perhatian. Jadi mulailah dengan membentuk kebiasaan yang aman dari api.

Jangan pernah meninggalkan lilin tanpa pengawasan dan selalu jauhkan dari barang yang mudah terbakar seperti selimut dan gorden. Tempatkan lilin di tempat yang aman dan padamkan sebelum Anda pergi atau tidur.

Selain lilin, pastikan anggota keluarga Anda yang merokok, mereka dapat melakukannya dengan cara aman. Jaga jarak setidaknya 2 meter dari pintu terdekat dan siapkan tempat untuk membuang puntung rokok seperti asbak atau tiang perokok. Jika anggota keluarga merokok di dekat gudang atau garasi, pastikan area tersebut bersih dari cairan dan asap yang mudah terbakar.

4. Jauhkan Kayu Bakar, Tumpukan Daun Dan Sampah Dari Rumah

Kebakaran rumah tidak hanya disebabkan oleh korsleting listrik ataupun dari kompor saja, namun juga bisa terjadi dari luar rumah. Jika kebakaran rumput mulai terjadi di dekatnya, barang-barang di sebelah rumah Anda ini dapat dengan mudah terbakar.

Untuk menghindari kebakaran rumah, pastikan Anda tidak membuang puntung rokok yang masih menyala di sembarang tempat. Jangan juga membakar sampah di dekat rumah, jika pun harus melakukannya, pastikan Anda mengawasinya hingga api tidak menyala kembali.

5. Ajari Anak Anda Untuk Tidak Bermain Dengan Korek Api

Ini sering terjadi, anak-anak seringkali menjadi penyebab sekaligus korban kebakaran. Oleh sebab itu pastikan Anda tidak memberi akses kepada mereka untuk bermain api. Anda dapat mengajari mereka untuk tidak bermain api dengan korek, petasan, kembang api atau lainnya.

Selain membahayakan diri mereka sendiri, bermain api juga dapat menyebabkan kebakaran rumah. Jadi supaya hal ini tidak terjadi, akan lebih baik untuk mencegahnya. Anda dapat memberi edukasi kepada anda-anak Anda supaya tidak bermain dengan korek api sembarangan karena itu sangat berbahaya.

6. Kabel dan Outlet yang Rusak Adalah Salah Satu Penyebab Utama Kebakaran Rumah

Periksa kabel listrik di seluruh rumah Anda apakah ada tanda-tanda kerusakan, dan ganti semua kabel yang rusak. Jangan menjepit atau menutupi kabel listrik dengan benda seperti permadani.

Waspadai kapasitas sistem kelistrikan rumah Anda. Jangan membebani sirkuit Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang sistem kelistrikan rumah Anda, Anda dapat meminta bantuan kepada ahlinya.

Pahami perbedaan antara pelindung lonjakan arus dan soket ekstensi, keduanya memungkinkan Anda menyambungkan beberapa perangkat elektronik, tetapi hanya pelindung lonjakan arus yang akan membantu melindungi perangkat ini dari lonjakan daya. Gunakan pelindung gelombang untuk melindungi perangkat elektronik yang berharga, seperti komputer dan televisi.

7. Pastikan Memberikan Perlindungan Rumah dengan Asuransi

Anda juga perlu mencegah diri Anda dari kerugian akibat dari kebakaran rumah. Asuransi rumah adalah cara terbaik untuk perlindungan rumah Anda. Asuransi rumah seperti Garda Home dari Garda Oto dapat memberi perlindungan rumah Anda dari resiko kebakaran, kerusakan bencana alam dan kerusakan akibat huru hara.

Jika terjadi kebakaran rumah, dan Anda memiliki asuransi rumah, maka kerugian yang Anda tanggung tidak akan terlalu besar. Pihak asuransi dapat memberikan bantuan seperti biaya perbaikan, tempat tinggal semenatara dan banyak lagi sesuai dengan apa yang tertulis di polis.

Demikianlah tips mencegah rumah dari kebakaran. Ya memang benang kebakaran tidak diprediksi, tapi dengan melakukan pencegahan setidaknya dapat melindungi rumah Anda dari kebakaran. Lakukan cara-cara tersebut untuk mencegah kebakaran rumah.

Share this

Content Creator, Founder @nyetritbareng, Admin @kopi.web.id, 5th Place Winner APWI Kemenpar 2018 & 4th Place Winner APWI Kemenpar 2019.

Related Posts

Previous
Next Post »

Add your comment EmoticonEmoticon