Tahu Gimbal Telor Si Mbok Yang Istimewa

11/11/2015
Ini pertama kalinya saya akan mencoba kuliner tahu gimbal, sebelumnya paling cuman tahu guling atau tahu kupat, varian kuliner dari "tahu" yang saya makan. Lah apa itu tahu gimbal? ternyata tahu gimbal adalah tahu yang dicampur telur yang digoreng dan disajikan dengan kupat disiram bumbu kacang yang sedikit encer, ditaburi potongan bakwan, kol, tauge dan kacang tanah serta kerupuk. Biasa saja? tidak! yang istimewa adalah ada gimbal udang renyah sebagai tambahan, ini yang bikin beda. 



Tahu gimbal ini berasal dari kota Semarang, yah deket-deketlah sama Magelang dengan kupat tahunya (kan mirip hehe). Nah, satu-satunya yang saya ngerti jualan tahu gimbal di Jogja ini adalah "Tahu Gimbal Si Mbok". Lokasinya ada di jalan Pandega Marta yang strategis, taulah jalan itu apalagi anak UGM, nah tahu gimbak Si Mbok ini berada di pojok jalan sebelum jembatan jadi cukup gampang terlihat dari kejauhan. Warung ini cukup sederhana, hanya 4 meja didalam dan 1 meja diluar, sempit, iya, apalagi jam makan siang kalau gak kebagian ya duduk tanpa meja.

Sabar ya bos!
Yang spesial tentunya menu Kupat Tahu Gimbal Telur, komposisinya adalah seperti yang saya ceritakan diawal tadi yakni potongan bakwan, tahu digoreng dalam telor dadar, sayur kol, tauge, ditabur bumbu kacang, dan krupuk serta gimbal udang (lebih mirip peyek udang) yang rasanya sangat istimewa. Menu tadi dibikin rame-rame oleh tiga orang, ada yang nguleg bumbu, ada yang nyiapin ubo rampe, ada yang goreng-goreng. Nah karena disajikan dadakan ya siapkan ilmu sabar menanti jika lagi pas rame.

Menu di Tahu Gimbal Telor Si Mbok
Warung Si Mbok buka mulai pukul 11 siang sampe 9 malam, agak gak biasa yak kuliner tahu-tahunan buka sampe malam. Tapi memang kalau mau merasakan nggak ramai ya kesini pas malem, karena dua kali saya kesini siang dan malam perbandingan yang dateng lebih sepi kalau malem.Warung buka tiap hari kecuali hari minggu tutup, jadi ya jangan kesini hari minggu ya. Kalau mau hubungi CP untuk pesen bisa di 085740865899.

Udangnya begitu menggoda.

Kriuk banget gimbal udangnya.
Bumbu kacangnya mirip tahu guling, sedikit encer.
Menggoda bukan, tahu gimbal telor Si Mbok ini.
Tahu Gimbal Telor Si Mbok 
Alamat: Jl. Pandega Marta No.1, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia
Handphone: 0857-4086-5899
Jam Buka: 11:00 – 21:00 WIB
Koordinat GPS: -7.7567408,110.3720486,15z

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

14 komentar

Write komentar
11 November 2015 17.22 delete

dulu pertama kali mencoba tahu gimbal ketika sy lulus sma dan mendaftar di Undip...setelah selesai proses pendaftaran, saya dan teman2 mencoba jajan tahu gimbal di warung sekitar kampus...Kalau saya sih rasanya enak-enak aja..tp salah satu teman saya alergi udang, dia tdk tahu kalau tahu gimbal ada udangnya...alhasil..teman saya nggak habis makanya dan sedikit gatal-gatal

Reply
avatar
11 November 2015 20.12 delete

enak tuh kayaknya, apalagi kalo nggak pake tauge, hahaha

eniwey, salam kenal ya
fajarumbi.blogspot.com

Reply
avatar
12 November 2015 07.55 delete

tahu gimbal tahu guling, ah, tahu tahu udah pada modis sekarang, detail banget bang nyebutin bahannya, niat bikin ngiler ya, haha

Reply
avatar
12 November 2015 12.21 delete

Wah padahal enak udangnya...

Reply
avatar
12 November 2015 12.22 delete

Salam kenal om... tak intip blog sampeyan juga...

Reply
avatar
12 November 2015 13.27 delete

yang kayak gini ga ada d jombang, mungkin bang ardian mau buat franchisenya, hehe

Reply
avatar
17 November 2015 09.38 delete

kirain tahu gimbal itu tahu yang dilumuri tepung. jadi pengen nyobain

Reply
avatar
7 Desember 2015 14.14 delete

Ibuku orang semarang tapi aku ga pernah disuguhi kayak beginian kalo pas lagi ke semarang paling tahu pong, tahu petis. nah yg ini kayaknya enak ya. lihat fotonya jadi ngiler. eh iya rasanya pedes ya?

Reply
avatar
14 April 2016 15.30 delete

tgl 13 April melipir ke warung ini ---penasaran beberapa kali lewat selalu ramai, Apa yang istimewa ?. Harganya sudah naik ternyata range 8k -14k minuman tetap sama. sedikit kecewa karena gimbal yang dimaksud tidak seperti harapan saya. Saya anggap "peyek udang" bukan "gimbal udang" karena gimbal yang saya dapatkan berbeda dari tahu gimbal pak yono , jetis. untuk rasa saya akui istimewa, untuk porsi sangat mengenyangkan. *berdasarkan pengalaman yang sudah saya lakukan . salam kenal :D

Reply
avatar
21 April 2016 09.08 delete

pak Yono ini kalau dilewati rame banget, perlu dicoba nih

Reply
avatar
21 April 2016 09.09 delete

pedesnya tergantung permintaan

Reply
avatar