Mangut Beong: Kuliner Langka dari Borobudur

12/24/2015
Beong? Apa itu Beong?

Sekitar 2 (dua) kilometer sebelah barat Candi Borobudur ada sebuah warung makan sederhana bernama Warung Makan Sehati Selera Pedas. Makanan di Warung Makan Sehati ini hampir semuanya berselera pedas, sesuai dengan nama warungnya. Nah, menu yang paling juara dari warung makan ini adalah Mangut Beong, apa itu Beong?

Rumah Makan Beong/Warung Makan Sehati Selera Pedas - Spesialis Masakan Beong dan Ayam.


Mangut seperti kita tahu adalah masakan seperti gulai yang encer namun pedas. Yang biasa dimasak menjadi mangut adalah ikan air tawar, mangut paling populer yang kita tahu adalah mangut ikan lele. Beong adalah ikan air tawar sebangsa lele, namun dengan ukuran yang sangat besar.

Beong adalah ikan endemik yang hanya bisa ditemukan di sungai Progo dan kini sudah mulai langka namun ada kabar baik bahwa Beong mulai dibudidayakan warga sekitar. Yang paling disukai dari Mangut Beong adalah bagian kepalanya. Mangut Beong ini diproses dengan digoreng garing terlebih dahulu baru dimasukkan ke kuah super pedas hingga bumbunya meresap. 

Meracik Cabai Untuk Mangut
Memilih Bagian Mangut Beong
Menu Pendukung Mangut Beong Seperti Baceman Ayam, Oseng Kikil, Gulai dan Lain-lain.
Kuah pedas mangut yang dimasak dengan cabe rawit dengan jumlah yang banyak ini rasanya sangat nendang dilidah, maknyusss sekali bagi penikmat pedas. Mangut Beong ini saya nikmati dengan sayur trancam yang sudah sepaket dengan nasi putih pulen yang kemebul atau masih panas. Sayur trancam ini selain penambah nikmat juga untuk mengimbangi pedesnya mangut.

Sajian Mangut Kepala Beong
Kepala Beong Dengan Kuah Super Pedas
Nasi Putih Panas Pulen dengan Sayur Trancam Sebagai Tambahan dan Penawar Pedas
Jika masih kurang dengan lauk mangut, di warung makan Sehati ini juga menyediakan lauk lain seperti ayam bacem, uceng (sejenis wader goreng), oseng-oseng kikil dan lain-lain. Saran saya jika diwarung makan ini, pesanlah minuman lebih dari satu, karena pedas yang saya rasakan dari mangut ini begitu menempel di mulut. Keringat terus bercucuran saat saya menikmati mangut ini namun mulut tak mau berhenti karena rasa yang lezat.

Jam buka Warung Makan Sehati ini adalah pukul 8.30 pagi. Saat itu saya datang pukul 10.30 pagi, saya langsung pesan Mangut Ndas (kepala) Beong kepada ibu penjual warung. “Kepala Beongnya yang besar apa kecil mas?” sempat saya ditawari ukuran kepala Beong yang akan dimakan, namun lihat yang kecil saja sudah besar menurut saya, saya pilih kepala Beong yang kecil saja.

Menjelang siang warung mulai cukup lebih ramai didatangi pengunjung. Saat awal saya kesini pengunjung hanya beberapa orang saja, namun tak lama kemudian banyak yang datang, ada yang makan ditempat yang kebanyakan adalah wisatawan dari Borobudur serta ada juga yang membeli mangut untuk dibungkus untuk dibawa pulang kerumah.

Warung Makan Sehati didalamnya ini cukup sederhana, ada meja kursi dan juga lesehan didalam warung. Sederhana namun nyaman untuk singgah makan disini, selain dapat juga menjadi tempat istirahat setelah selesai berwisata di Candi Borobudur. Penjual mangut juga sangat ramah saat menawari kita menu apa saja yang ada di warung ini. Di dinding warung ini terdapat beberapa foto dari pejabat daerah yang pernah singgah, saya lihat cukup banyak juga ternyata pejabat yang pernah singgah.

Suasana Warung Makan

Foto Pejabat yang Pernah Mampir di Pajang di Dinding Warung
Untuk menikmati satu porsi Nasi Sayur Trancam dengan lauk Mangut Ndas (kepala) Beong ukuran kecil, saya cukup membayar Rp 20.000,- saja, untuk 2 (dua) gelas es teh manis hanya tambah Rp 3.000,-

“Murah ya Bu, kalau kepala Beong yang besar harganya berapa?” saya tanya kepada ibu penjual. “Kalau yang besar, kepalanya saja ada yang Rp 30.000,- mas, tergantung ukurannya juga” jawab ibu penjual itu. 

Kelak kalau kalau kesini dengan teman-teman saya mau coba deh pesan Mangut Ndas (kepala) Beong yang besar. Biar tidak kehabisan bagian kepala Beong, kita juga bisa pesan dahulu melalui nomor penjual Warung Makan Sehati ini, di nomor 081-327-735-456.

Sekian cerita dari saya, wajib banget segera mencoba salah satu kuliner top Jawa Tengah di Kabupaten Magelang yakni Mangut Ndas (kepala) Beong yang super maknyusss ini. Lokasi mudah untuk dituju dan harga yang bersahabat.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
24 Desember 2015 08.18 delete

Ohhh ikan kirain makanan sejenis apaan hihi, kalau bahan dasarnya ayam kira-kira disebut apa ya :D

Reply
avatar
24 Desember 2015 09.45 delete

Hmmmm... apa ya.. tongseng ayam dong ya... :D

Reply
avatar
24 Desember 2015 14.03 delete

nama ikannya lucu ya..beong hihi
tapi jadi nelan liur itu bayangin pedasnya

Reply
avatar
2 Juni 2016 17.03 delete

Artikel yang bagus. Terima kasih atas info yang diberikan. Mudah dipahami dengan pemilihan kata yang ringan.
Saya memiliki link yang mungkin berguna untuk menambah referensi tentang Pariwisata Indonesia.
Silahkan dikunjungi. Web Pariwisata Gunadarma

Reply
avatar
Anonim
7 Februari 2017 09.49 delete

MANGUT BEONG ASLI BOROBUDUR juga enak perlu dicoba nih...
http://mangutbeongmagelang.blogspot.co.id/

Reply
avatar