Porsi Mantap Tongseng Kepala Kambing Pak Yo

4/28/2016
Masalah utama makan olahan kambing adalah harga seporsinya yang kian mahal. Di daerah kota Jogja yang jauh dari sentra kuliner kambing jalan Imogiri, warung sate dan tongseng kambing mematok harga yang diatas wajar. Kalau enak seperti sate kambing Samirono sih tidak masalah, lha kalau biasa saja? 


Seorang teman memberi tahu saya tentang sebuah warung di daerah dekat terminal Condongcatur, warung sate kambing Pak Yo namanya. Sedikit lumayan jauh menurut saya, tapi ya daripada jauh-jauh ke jalan Imogiri, masih mending di Condongcatur ini. Setelah diberi arahan lokasi, saya disarankan untuk mencoba tongseng kepala kambingnya. Bukan beli porsian, tapi beli satu kepala kambing utuh, wah!

Tongseng Kepala Kambing Pak Yo
Satu kepala kambing utuh di warung Pak Yo dibanderol dengan harga Rp90.000, sudah termasuk biaya masak yang biasanya dibuat tongseng. Dengan satu kepala kambing ini bisa dibagi hingga maksimal tujuh porsi, namun biar puas kami biasanya hanya menjadikannya lima porsi saja sesuai personel di ruangan saya yang berjumlah hanya lima orang.

Piye, nikmat bukan?
Coba hitung-hitungan, jika satu kepala bisa untuk tujuh porsi yang biasanya dihargai Rp18.000-20.000, jumlahkan coba, uangnya lebih banyak yang harus dikeluarkan bukan daripada jika beli satu kepala utuh yang hanya Rp90.000. Apalagi jika dibuat untuk lima porsi saja, tentunya porsinya plus-plus dan puas.

Merasik Tongseng Kepala 
Sayangnya untuk membeli satu kepala utuh kita harus pesan pagi-pagi, karena Pak Yo hanya memiliki stok tiga sampai empat kepala kambing saja setiap hari, dan peminatnya lumayan rebutan. Standarnya, telepon dulu Pak Yo, pukul 7.00 sampai 08.00 pagi masih aman, diatas jam tersebut saya tidak berani jamin. Yang penting porsi kita aman dan pas datang tinggal makan atau diambil untuk makan siang dikantor.

Lokasi Pak Yo ini dekat dengan terminal Condongcatur. Jadi jika dari arah ringroad akan masuk terminal Condongcatur kita belok kanan menuju arah kelurahan Condongcatur, nah tinggal ikuti jalan aspal tersebut ke utara kira-kira sejauh satu kilometer, warung sate kambing Pak Yo ada di sebelah kiri jalan atau barat jalan. Warung Pak Yo mulai buka pukul 10.00 pagi hingga petang, nah untuk pesan kepala utuh yang dimasak tongseng tadi bisa menghubungi Pak Yo dulu untuk booking.

Dapur di Warung Sate Kambing Pak Yo
Selain tongseng kepala kambing, tentunya di Pak Yo juga ada menu normal yang ada di warung sate kambing, seperti sate kambing itu sendiri, sate klatak, gulai, tengkleng, tentunya range harga biasa antara Rp18.000-20.000, dan menu normal di warung Pak Yo juga layak untuk dinikmati, favorit saya selain tongseng kepala adalah gulainya. Pesan saya kalau makan olahan kambing boleh banyak asal seimbang jaga kesehatannya, olahraga dan porsi makan lainnya penurun darah tinggi dan kolesterol hehe.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
29 April 2016 01.29 delete

hmmm, jadi pingin. hahaha, jadi ngidam tongseng kepala kambing.
untuk harga, ini harganya sih bersahabat banget ya..

Reply
avatar
29 April 2016 11.31 delete

Bener ketimbang beli porsian

Reply
avatar
29 April 2016 11.31 delete

Bener tapi maemnya harus rame2...

Reply
avatar
5 Mei 2016 00.17 delete

aghh...ini wajib banget hrs aku coba sepertinya ^o^.. walopun tau ga sehat, tapi kepala kambing itu justru yg paling enak ;p kalo di sumatra sih kebanyakan di gulai mas.. aku blm prnh coba yg di tongseng nih.. tp dari penampakan udh keliatan enaknya :D.. jd ga sabar pgn mudik..

Reply
avatar
6 Mei 2016 21.09 delete

Loh asli Jogja kah? salam kenal

Reply
avatar
29 Oktober 2016 12.50 delete

wah bisa dcoba nih..
bagi saya, yang namanya tongseng itu ya kambing. kalau ayam atau lainnya, kurang deh...

Reply
avatar