Tempat-tempat di Jogja Ini Bakalan Lebih Ramai Karena AADC 2

5/03/2016
Minggu kemarin saya dan istri menonton film Indonesia yang lagi booming. Apa lagi kalau bukan Ada Apa Dengan Cinta 2. Kisah Rangga dan Cinta yang ngambang selama 9 tahun menurut versi filmnya. Padahal kita menanti kelanjutan kisah ini 14 tahun di kehidupan nyata. Sebenarnya saya lebih senang jika menonton Captain America: Civil War, namun istri berkehendak lain. Ya sudah, nonton AADC 2 sajalah.


Kisah Rangga dan Cinta berlanjut di Jogja yang justru tidak terduga. Rangga ingin menemui ibunya yang telah berpisah selama 25 tahun dan Cinta ingin berlibur bareng Geng Cinta sebelum melangsungkan pernikahan dengan Trian (Ario Bayu) yang mbuh tidak tahu ini orang asalnya darimana, kan bedebah banget Cinta malah mau nikah. Keduanya akhirnya bertemu, dengan drama yang kalian tahulah. Gemes-gemes kepiye gitu.

Akhirnya Rangga mencoba mendekati Cinta lagi. Tapi ya pasti dengan hati yang ndak karuan karena tahu Cinta sudah tunangan. Mengunjungi beberapa tempat di Jogja. Mereka berdua keren karena berduaan hampir 24, dari pagi hingga pagi sampai akhirnya tercipta adegan yang membuat Lembaga Sensor Film mati kutu. Pokoknya lihat sendiri, jangan sendirian tapi.

Nah, inilah beberapa tempat yang saya ingat ada di film Ada Apa Dengan Cinta 2. Komplit tidak hanya saat Rangga dan Cinta berduaan saja. Dimana sajakah itu?

Hotel/Villa

Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman

Hotel ini tempat pertama kali Cinta bertemu Rangga. Saat itu diceritakan Cinta sedang untuk melihat pameran Eko Nugroho. Saya ndak kenal Eko Nugroho itu siapa. Pokoknya seni instalasi begitulah. Greenhost Hotel ini berada di timur pasar Prawirotaman. Lokasinya sedikit mblusuk ke dalam, jadi jalan di utara pasar Prawirotaman itu ke timur kira-kira 100an meter. Rate harga saya nggak tahu kalau mau nginep disini, tanya saja ke hotel ya.

sumber foto: agoda.net
Villa Sunset

Tempat ini menjadi lokasi Geng Cinta menginap, lokasinya berada di desa Samikerep, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Lokasinya mblusuk banget pokoknya. Cari saja di Google Maps. Yang saya lihat di film tempatnya begitu tertutup di depan dan terbuka dibelakang dan sepertinya menghadap ke barat dengan kolam renang ukuran sedang. Sepertinya asik juga berenang sambil menikmati sunset yang ada. 

sumber foto: airbnb.no
Seni Pertunjukan

Papermoon Pupet Theater

Rangga dan Cinta diceritakan menonton pertunjukan ini. Ceritanya kurang ajar banget karena mengisahkan dua orang sepasang kekasih dalam momen lamaran. Nyesek banget kayaknya Rangga waktu itu. Tapi, pertunjukan dari Papermoon memang keren. Terbesit pikiran ingin menonton langsung pertunjukan mereka. Oh iya, alamat Pepermoon Pupet Theater ada di Jl.Langensuryo KT II, No.176, Indonesia.

sumber foto: inclovermag.com
Padepokan Bagong Kussudiardja

Tempat ini menjadi lokasi adegan favorit saya. Modyar koe Rangga, ditampar sama Cinta. Selain itu sliwar-sliwer orang nyepeda juga menjadi bagian favorit. Kayaknya yang nyepeda orangnya itu-itu saja. Padepokan ini bernuansa pedesaan dan rumah orang Jogja. Adem dan ndeso banget. Saya jadi ingat rumah di desa saya dulu. Alamatnya ada di Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta 55183

sumber foto: yogyakarta.panduanwisata.id
Pasar Tradisional

Pasar Prawirotaman

Di AADC 2, ceritanya Rangga jadi photographer jalanan. Beberapa bakul jamu difoto oleh Rangga. Ada juga adegan Geng Cinta blusukan di dalam pasar.

sumber foto: inaflorencys.wordpress.com
Pasar Kotagede

Selain Pasar Prawirotaman, blusukan Geng Cinta juga hadir di Pasar Kotagede. Adegan ini mengawali kehadiran Geng Cinta di Jogja. Gang-gang disekitar pasar Kotagede juga menjadi adegan dari AADC 2.

sumber foto: yogyakarta.panduanwisata.id
Restoran/Kafe

Gudeg Jogja Mantrijeron

Oke sekilas saya seperti pernah lewat warung gudeg ini. Entah kenapa adegan makan gudeg hanya lesehan saja tidak di sentra gudeg Wijilan. Namun bagus biar gudeg tidak di monopoli daerah tertentu saja. Gudeg Jogja Mantrijeron ini berada di sekitaran Green House Hotel dan Pasar Prawirotaman, jadi tahukan kira-kira lokasinya.

sumber foto: kapanlagi.com
Viavia Artisan Bakery

Tempat ini ada di adegan Karmen pertama kali melihat Rangga di Jogja lalu melaporkannya ke Cinta. Lokasinya di timur Radio Yasika FM, tepatnya Jalan Menukan, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Tempatnya gampang ditemukan karena lumayan mencolok.


sumber foto: www.heytheresia.com
Lokal Resto

Tempat ini menjadi rapat Geng Cinta soal apakah Cinta mau menemui Rangga. Dan jawabannya adalah tidak. Tapi ya si Rangga tetap aja nekat nyusul di acaranya Eko Nugroho di Greenhost Hotel. Tempatnya kelihatan rapi sih. Belum pernah mampir kesana saya, lokasinya di Jalan Jembatan Merah NO.104C.

sumber foto: ririmaulidina.wordpress.com
Sellie Coffe

"Rangga, apa yang kamu lakukan ke saya itu, jahat!" Sebenarnya mau tertawa saya saat dialog itu diutarakan Cinta ke Rangga. Modyar kowe le! Serasa pengen mengucap kata itu. Sayang penonton bioskop rata-rata terdiam menghayati. Sellie ini terletak mblusuk juga menurut saya. Sepertinya lokasi syuting AADC 2 memang hanya sekitaran kawasan Prawirotaman. Alamat Sellie Coffe tepatnya di Jalan Prawirotaman II, Yogyakarta.

sumber foto: makanjogja.com
Warung Bu Ageng

Warung Bu Ageng milik istri budayawan Butet Kertaradjasa juga hadir di AADC 2. Warungnya khas masakan Jawa. Disinilah Geng Cinta berkumpul menunggu Rangga dan Cinta yang sedang jalan-jalan berdua. Lokasi restoran ini gampang ditemukan, tepatnya di Jalan Tirtodipuran No. 13.

sumber foto: warungbuageng.com
Klinik Kopi

Nah ini yang kemungkinan tempat tongkrongan yang bakal makin ngehits. Warung kopi keren yang ditampilkan melalui penjabaran yang ciamik. Saya rasa sang sutradara ada rasa kagum kepada konsep warung kopi ini karena begitu baik dalam adegannya. Disini terdapat adegan Cinta ngerjain Rangga untuk ngobrol dengan Pepeng, staf Klinik Kopi yang ceriwis jelaskan macam-macam kopi di warungnya. Lokasi di Jalan Kaliurang KM. 7,8, Gang Bima, Sinduharjo, Ngaglik, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

sumber foto: travel.kompas.com
Sate Klathak Pak Bari

Ini favorit saya, akhirnya ada sate klathak dalam sebuah film. Di tempat ini Rangga dan Cinta makan malam meninggalkan Geng Cinta. Suasana keren sekali, atau ah karena saya pecinta kuliner kambing, tapi memang lokasinya Jogja banget. Lokasi berada di tengah pasar Wonokromo. Jadi perempatan Jejeran dekat Man Wonokromo itu ke selatan dikit banget lalu masuk gang ke timur, nah ketemu. 


sumber foto: sonofmountmalang.wordpress.com
Destinasi

Pantai Parangkusumo

Udah lokasi gampang ini mah. Dekat pantai Parangtritis tepatnya di barat pantai Parangtritis. Disini Geng Cinta berfoto-foto setelah sampai Jogja. 

sumber foto: eryan1808.wordpress.com
Candi Ratu Boko

Katanya ini tempat favorit ayah Rangga. Ya, namanya juga usaha apa-apa diceritain dah. Ada dialog juga nanya-nanya kemaren pilpres milih siapa. Yang sekarang sukses jadi presiden nih kayaknya. Disini cukup lama Rangga dan Cinta ngobrol ngalor-ngidul. Lokasi sangat gampang dicari, dekat candi Prambanan yang jelas cuman harus naik-naik sedikit.

sumber foto: pegipegi.com
Punthuk Setumbu

Ini lokasi ajakan Rangga saat udah larut malam dan Cinta belum pulang. Cinta kepikiran mau diajak ngamar mungkin, sempet ragu dan akhirnya mau. Sampai sana tidak ada orang dalam adegan, padahal kalau pagi ramai apalagi kalau liburan. Lokasi ini ditujukan untuk melihat matahari terbit dengan candi Borobudur sebagai penghias. Lokasi dekat candi Borobudur tentunya.

sumber foto: liburmulu.com
Rumah Doa Bukit Rhema

Lebih dikenal dengan Gereja Ayam, dari bentuknya yang mirip ayam padahal pernah dengar menurut pendirinya adalah itu Merpati. Gereja ini didirikan untuk tempat berdoa. Tersiar kabar lokasi ini cukup angker. Dan karena semakin banyak yang datang ke tempat ini. Mahkota kepala sudah diberi pagar agar tidak terlalu berbahaya. Di tempat ini pembicaraan Rangga dan Cinta agak berat dan serius, jadi disimak baik-baik ya. Lokasi dekat dengan Setumbu jadi bisa sekalian liburan dari Setumbu.

sumber foto: rynarui.wordpress.com

Tambahan

Jl. Ngadisuryan No. 51

Itu lokasi alamat ibu Rangga yang mau ditemui di Jogja. Rumah pribadi kayaknya, tapi siapa tahu ada yang iseng mau kesana.



Nah, tonton dulu filmnya agar tahu lokasi-lokasinya tapi jangan sendirian nontonnya, kalau sendiri ya Captain America saja bung.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

22 komentar

Write komentar
3 Mei 2016 08.50 delete

Yang punya tempat pd panen abis ini. Hihihi ayok ke pak bari mas :D

Reply
avatar
3 Mei 2016 09.00 delete

Ayo Ji aku di japri saja... siap ngancani...

Reply
avatar
3 Mei 2016 11.44 delete

Hahaha saya kira cuma saya aja yang habis kelar nonton AADC2 langsung mikir "Waah, ini sih bakalan habis diserbu para anak gaul kekinian tempat lokasi syuting AADC2" ..sama persis mendadak demam anak gunung waktu 5cm booming, bentar lagi demaman liburan mesti ke jogja' termasuk saya haha

Naksir sekaligus penasaran pengen nonton langsung "Papermoon Pupet Theater"

Btw, Thanks infonya loh ini alamatnya lengkap semua XD

Reply
avatar
3 Mei 2016 13.22 delete

Wah, liat postingan ini saya jadi pengen jalan-jalan ;p

Reply
avatar
4 Mei 2016 19.20 delete

Keren banget review film dan lokasi2nya.. maturnuwun mas.. siyap meluncur

Reply
avatar
5 Mei 2016 00.10 delete

kalo filmnya terus terang ga tertarik blas mas :D.. lah yg pertama aja aku males nonton apalagi yg kedua.. ini malah suami yg minta dtemenin -__-.. tp tetep emoh, mnding Captain america lah..

tapiiii tempat2 yg kamu tulis, bikin tertarik mau ngunjungin ^o^... tempat makannya terutama... makin banyak aja tempet keren di jogja ;)

Reply
avatar
5 Mei 2016 06.58 delete

Ya Tuhan! You are so so sooooo awesome! Nah, segunung terima kasih buat kamu :D

Reply
avatar
5 Mei 2016 23.49 delete

Maaf, itu yg di greenhouse boutiqe hotel eka kurniawan atau eko nugroho ya?

Reply
avatar
6 Mei 2016 21.06 delete

loh kok kebalik, aku mending civil war bgt...

Reply
avatar
6 Mei 2016 21.08 delete

sorry, salah ketik... kepikiran eka kurniawan terus saya hahaha.. yg benar eko nugroho

Reply
avatar
Liz
8 Mei 2016 07.03 delete

Kalo utk lokal resto juga recommended, mas. Makanannya enak dan tempatnya bersih. Hotelnya juga oke

Reply
avatar
8 Mei 2016 21.30 delete

Beuuuh Mantep infonya mas,cem detektif aj ud dikupas tuntas-ksh alamatnya T.O.P thx u

Reply
avatar
16 Mei 2016 04.21 delete

Nice recomend. Apalagi buat yg mau nostalgia yg dulu2...

Reply
avatar
2 Juni 2016 13.07 delete

Saya tertarik dengan tulisan anda,
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Pariwisata

Reply
avatar
30 September 2016 19.47 delete

Walah jogja emang keren

monggo mampir mas ke blog saya : tu-ru.blogspot.com

Reply
avatar