Koling Cafe, Kedai Kopi Keliling Unik dari Jogja

7/15/2016

Biasanya kalau ingin ngopi ditempat wisata, yang ada hanya penjual kopi instan dengan gendongan termos di bahunya. Jarang ada tempat wisata yang ada kedai kopi nikmat. Saya selalu memikirkan, di Tugu Jogja misalnya ada sebuah kedai kopi yang dapat saya tongkrongi. Menikmati Tugu Jogja sembari menikmati kopi racikan seperti di cafe atau kedai kopi alangkah luar biasa nikmatnya. Pemikiran saya itu ternyata sudah jauh lebih dulu dipikirkan Ilman, dia bersama teman-temannya menggagas kedai kopi bernama Koling Cafe, apa itu Koling Cafe?


Koling Cafe adalah singkatan dari Kopi Keliling Cafe. Konsepnya sama dengan kopi keliling pada umumnya. Yang membedakan dan unik adalah, kopinya jelas bukan kopi instan dan biar anti-mainstream mereka menggunakan media gerobak sepeda untuk menjajakan kopi racikan mereka. Dan terbukti dengan gerobak sepeda, mereka mampu menarik perhatian para penikmat kopi yang ingin menjajal sensasi ngopi di pinggir jalan.


Ilman, penggagas Koling Cafe
Kisah Koling Cafe dimulai kira-kira sembilan bulan yang lalu. Awalnya Koling Cafe bernama Coffee Road. Ilman yang memiliki ide Coffee Road menginginkan sebuah kedai kopi yang dapat berpindah secara leluasa dan menjangkau tempat-tempat wisata di Jogja. Waktu berjalan, karena masukan beberapa pelanggan, maka belum lama ini Coffee Road rebranding dengan berganti nama menjadi Koling Cafe. Tidak hanya nama, sekitar dua minggu ini armada gerobak Koling Cafe juga berubah lebih sedap dipandang.

Menu kopi favorit saya di Koling Cafe adalah kopi susu dengan biji kopi robusta sebagai bahan dasar kopinya. Di emperan pinggir trotoar jalan saya nikmati kopi ini sambil memandang wisatawan yang berfoto di seputaran Tugu Jogja. Karena kopi hasil brewing, rasa pahit lebih terasa namun rasa manis tetap pas dilidah. Harga satu cup kopi susu dibanderol Rp 8.000 saja, sangat murah untuk sebuah kopi racikan. Selain robusta, Koling Cafe juga menyediakan kopi arabica yang siap dinikmati rasa asamnya. 




Bocoran rencananya akan ada lima gerobak Koling Cafe yang akan "nongkrong" di tempat-tempat wisata strategis di Jogja. Sementara ini hanya dua gerobak saja yang beroperasi. Pertama di tempat favorit yakni Tugu Jogja, kedua di seputaran kawasan Malioboro Jogja. Melalui Koling Cafe saya dapatkan dua kebahagiaan sekaligus. Menikmati suasana Jogja di malam hari dan kopi nikmat hasil racikan. 

Walaupun memang biasanya Koling Cafe mangkal di seputaran Tugu Jogja namun gerobak yang lain akan selalu berpindah-pindah. Jika bosan sementara dengan Tugu Jogja, kalian bisa sambangi gerobak Koling Cafe yang lain. Untuk mengetahui posisi mereka, kalian bisa koling-kolingan (Jawa: saling menghubungi) mereka di nomor WhatsApp/Line: 0857-2592-5137. Ingin sewa mereka untuk privat party atau acara pribadi? Sangat bisa! Kebetulan pertama kali kenal Koling Cafe adalah saat saya diundang pada sebuah acara launching bakpia hasil karya William Wongso, chef yang terkenal itu. William Wongso pun sempat icip-icip kopi racikan Koling Cafe, pendaparnya? "Ini Kopi serius, surprise bagi saya dijual secara keliling dan rasanyapun enak".





Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

14 komentar

Write komentar
15 Juli 2016 13.46 delete

Wuih, mantap. Unik ya. Kayaknya Magelang belum ada. Hmm cari modal buat bikin Kopi Keliling di Magelamg. Haha

Reply
avatar
20 Juli 2016 21.39 delete

ihh keren benerrr
seharusnya di jakarta ada yang bikin juga kayak begini .. pasti bakalan laku deh

Reply
avatar
21 Juli 2016 08.04 delete

Awal mula koling cafe generasi pertama gerobaknya sederhana kok mas. Mirip yang dipake penjual cendol keliling. Jadi biayanya ndak mahal. Ayo dibikin mas, nanti saya beli

Reply
avatar
21 Juli 2016 08.06 delete

Ayok mas dibikin, tapi kira2 sama Satpol PP dikejar2 gak ya, secara Jakarta agak ketat banget...

Reply
avatar
31 Agustus 2016 20.42 delete

Mas saya tertarik mau buka koling di wilayah Palembang... Tapi masih dangkal ilmunya... Ada nomor HP yg bisa di koling gak...

Reply
avatar
1 September 2016 08.45 delete

Hubungi nomor whatsapp di artikel ya

Reply
avatar
17 Oktober 2016 23.11 delete

Kebetulan banget nemu artikel ini. Sya mau buka kedai kopi keliling ini. Kira kira berapa ya budget buat koling sperti itu

Reply
avatar
15 Februari 2017 21.35 delete

Pesan gerobak ya dimana ya minta infonya bro

Reply
avatar
20 Februari 2017 07.55 delete

Berapa ya, silahkan mampir di Jogja untuk ketemu Koling langsung

Reply
avatar
20 Februari 2017 07.56 delete

Silahkan kunjungi Koling untuk info lebih detail

Reply
avatar
17 Maret 2017 11.47 delete

Sangat menginspirasi. :-bd
Saya dan kawan2 tertarik dgn bisnis koling ini

Reply
avatar
23 Maret 2017 14.29 delete

Kalo kolong sya bakalan cabang di kalimantan tengah gmki mas?

Reply
avatar
23 Maret 2017 14.35 delete

Kalo sya buka cabang di kalimantan tengah gmn acaranya mas?

Reply
avatar