Mengunjungi Rumah Papermoon, Markas Papermoon Puppet Theatre - Ardian Kusuma

A blog about lifestyle and photography

Latest Update
Fetching data...

Monday, July 11, 2016

Mengunjungi Rumah Papermoon, Markas Papermoon Puppet Theatre


Secangkir Kopi Dari Playa
Masih ingat adegan Rangga dan Cinta di film Ada Apa Dengan Cinta 2 saat keduanya menonton sebuah teater boneka? Nah, nama kelompok teater tersebut adalah Papermoon Puppet Theatre. Papermoon Puppet Theatre ini sekarang lagi sibuk-sibuknya melalang buana ke luar Indonesia untuk menggelar pertunjukan, terakhir mereka berada di Berlin, Singapura, dan Bangkok. Di Indonesia justru jarang sekali Papermoon Puppet Theater menggelar pertunjukan. Namun jangan khawatir, kita dapat lebih dekat dengan mereka dengan mengunjungi studionya yang bernama Rumah Papermoon.


Siang yang panas tak menyurutkan niat saya untuk mengunjungi studio Papermoon Puppet Theatre. Melalui akun instagram, mereka mengabarkan akan membuka studio visit dengan batas waktu pukul 10.00 pagi hingga pukul 1.00 siang. Waktu yang hanya sebentar dan saat saya sampai Rumah Papermoon yang berada di desa Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul sudah tampak beberapa mobil berplat luar Jogja yang memenuhi jalanan sekitar studio milik mereka.

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Biasanya jika ingin berkunjung, kita harus mengirim email permintaan untuk berkunjung terlebih dahulu agar tidak kecewa saat berkunjung karena kadang studio kosong tidak ada penunggunya, mengingat anggota Papermoon Puppet Theatre juga memiliki kesibukan pribadi masing-masing. Nah, studio visit menjadi kesempatan untuk mengenal Papermoon Puppet Theatre dengan personel yang lengkap. Tidak ada jadwal pasti studio visit diadakan. Jadi harus sering melihat postingan di instagram mereka.

Masuk ke Rumah Papermoon, kita akan melihat banyak properti yang digunakan untuk pertunjukan. Saya melihat boneka pertunjukan "Secangkir Kopi Dari Playa", yang terkenal lewat film Ada Apa Dengan Cinta 2 terpajang di salah satu sudut Rumah Papermoon. Cerita lengkap Secangkir Kopi Dari Playa dapat dilihat disini. Ceritanya hampir mirip dengan kisah Rangga dan Cinta. Boneka ini menjadi paling favorit pengunjung untuk diabadikan. Di beberapa sisi lain terdapat boneka-boneka lain yang juga digunakan untuk pertunjukan. Beberapa properti seni juga tertempel di dinding, dengan penataan yang artistik. Area bangunan yang luas dan jendela besar di Rumah Papermoon membuat kesan nyaman dan sejuk walau di dalam ruangan.

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Rumah Papermoon ini berlantai dua. Di lantai dua yang luasnya tidak seluas lantai satu digunakan untuk mini workshop saat saya berkunjung. Pesertanya adalah anak-anak. Anak-anak diajari untuk membuat kesenian dengan media kertas karton. Mereka sangat antusias dan terlihat senang. Di lantai dua terlihat juga beberapa properti boneka yang ditumpuk, jumlahnya cukup banyak. Papermoon Puppet Theatre tentunya butuh properti yang memadai. Mereka membuat sendiri properti boneka dan lain-lain yang akan digunakan di studio ini.

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Yang sedikit mengejutkan saya, Rumah Papermoon ini tepat berada di samping kuburan. Kreatif juga ide mereka, karena pasti akan mendapat kesunyian yang lebih untuk menghasilkan karya. Kesunyian dan karya adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Di luar bangunan utama Rumah Papermoon terdapat kios kecil berbentuk rumah unik yang menjual merchandise mereka. Pendiri Papermoon Puppet Theatre, mbak Ria terlihat bercengkerama dengan beberapa personelnya. Saya tak sempat berbincang dengan dia. Saya lalu menuju kios saja untuk mengobati penasaran saya. Melihat apa saja merchandise yang dapat menjadi kenang-kenangan.

Yang paling utama di kios ini adalah kaos, merchandise kaos dengan gambar boneka dijual di kios kecil ini. Lalu ada beberapa kartu pos, properti seni dan yang paling menarik menurut saya adalah DVD pertunjukan mereka. DVD tersebut dikemas dengan sangat unik. Masing-masing sampul DVD dibuat berbeda-beda menurut judul pertunjukan yang ditampilkan. Sayang saya tidak sempat bertanya berapa harga-harga merchandise yang ditawarkan.

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre


Hanya sebentar saya bisa berkunjung di Rumah Papermoon ini. Untuk berkunjung secara pribadi silakan kirim email permintaan kunjungan ke papermoonpuppet@gmail.com. Jika malu-malu untuk kirim email, tentunya wajib selalu perhatikan postingan Papermoon Puppet Theater di instagram mereka jika ada studio visit. Untuk lokasi Rumah Papermoon ini yang pertama dan paling penting kalian harus menemukan lapangan Sembungan atau SDN Sembungan yang berada di dekatnya. Rumah Papermoon berada di desa sebelah barat lapangan Sembungan dengan melewati jalan kecil di samping utara lapangan sembungan. Untuk lebih jelasnya lihat peta dibawah ya, itu adalah letak SDN Sembungan. Jika tersesat jangan malu bertanya ya.

Rumah Papermoon (Papermoon Puppet Theatre)
Desa Sembungan RT. 2, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Utara SDN Sembungan ada lapangan Sembungan, dari lapangan masuk ke barat melalui jalan di utara lapangan, lalu belok ke utara pada pertigaan pertama melewati jalan kampung sekitar 200 meter, Rumah Papermoon ada di kiri jalan (agak masuk kedalam).
 

29 Comments

Aku pribadi kurang suka sama karakternya, wajahnya kok sendu begitu sih? Jd sedih liatnya..*kurang paham asal muasalnya sih.

Ceritanya memang menceritakan kesedihan mbak, mirip sama AADC cuman lebih lama. Mereka terpisah 40 tahun, padahal sudah merencanakan menikah..

Penasaran banget sama tempat ini sesudah liat film AADC2. One day aku ke Jogja wajib mampir kesini nih. Thanks infonya ya, mas :).

mollyta(dot)com

belom lama ini mereka pentas di Jakarta loh

Mas,
Mau tanya kalau di jogja ada jadwal pertunjukan rutin ga ya?

Saya telat dapet info tentang acara di jakarta pekan ini. :(

Tidak mbak, tp kalau mau visit studio bisa janjian ke mereka saat mereka ada di Jogja

Saya pernah lihat workshopnya. Pas mau lihat shownya, gak jadi karena saya udah keburu cape :D

Saya juga belom pernah liat shownya mbak.. Jogja malah jarang main..

Salah satu tempat yg pengen banget aku datangin. Aku ngefans berat sama Ria papermoon & salut banget sama pencapaian & kreatifitasnya :)

Wah lengkap banget reviewnya, sampe ada petanya segala. Studio ini jadi viral berkat film AADC2 ya? Hebat. Memang seharusnya di Indonesia ada lebih banyak film yg mengekspos seni dan budaya bangsa kita sendiri seperti AADC2

wah tempatnya unik...jadi pengen kesana...tapi kudu kirim email dulu yakk..

Ayo ke Jogja mbak awal Desember mereka akan pentas di UGM

studionya banyak yang nyari tapi mereka jarang di tempat.. Oh iya awal desember mereka pentas mas, di UGM...

Iya dan harus rombongan, awal desember mereka pentas di UGM loh...

ini berati ga ada jadwal tertentu pentasnya ya mas, musti hubungi dulu pihaknya ya. Itu kalau mainnya pas malem merinding juga ya apalagi deket kuburan gt huahahh

Dia pernah membaca atau melihat tentang papermoon Show di Instagram dan Facebook dan semuanya mengatakan menarik. Udahan saya juga punya kesempatan ikut menonton pertunjukan mereka. Apalagi kalau pas mereka ke Jakarta :)

Tempatnya lucu banget mbaaa...
Oh iya waktu baca tulisan "studio kosong tidak ada penunggunya" saya kok malah mikir yang aneh aneh yaa hahhaa
Apalagi di bawahnya ditulis kalau tempatnya dekat kuburan, kalau saya bukan dapat kesunyian malah takut kali ya hahaa.

Trus itu DVD nya keren euy bisa 3d gitu..
Mbak beli ?

:) Itu cuman covernya yang 3D, enggak aku gak beli, hanya temen yang beli.. #lagibokek

ini kalau dateng kesana bayar berapa mas? aku kurang cocok dengan film aadc 2. kurang sip. Tapi berkat film itu, aku penasaran sama tempat-tempatnya. salah satunya jadi pengen liat teater boneka ini langsung

Kesana gratis kok, kalau bisa rombongan biar bisa disambut tp kontak via email dulu

Kalau boleh tahu, di jogja pementasannya kapan dan dimana ya? Pengen bgt nonton

Kapan pentas lagi dijogja mas 😢, I miss this

Bantu jawab mengenai wajah boneka, mungkin yang dimaksud seram karena mereka terlihat tidak tersenyum. Menurut penjelasan dari Papermoon, saya dengar mereka sengaja dibuat dengan mimik wajah yang datar. Sehingga saat dipentaskan dalam teater boneka, ada banyak peran/karakter yang bisa muncul :)

Sukses n berstudio.. makin kreatif produktif....

Add your comment
EmoticonEmoticon