Mengunjungi Rumah Papermoon, Markas Papermoon Puppet Theatre

7/11/2016

Secangkir Kopi Dari Playa
Masih ingat adegan Rangga dan Cinta di film Ada Apa Dengan Cinta 2 saat keduanya menonton sebuah teater boneka? Nah, nama kelompok teater tersebut adalah Papermoon Puppet Theatre. Papermoon Puppet Theatre ini sekarang lagi sibuk-sibuknya melalang buana ke luar Indonesia untuk menggelar pertunjukan, terakhir mereka berada di Berlin, Singapura, dan Bangkok. Di Indonesia justru jarang sekali Papermoon Puppet Theater menggelar pertunjukan. Namun jangan khawatir, kita dapat lebih dekat dengan mereka dengan mengunjungi studionya yang bernama Rumah Papermoon.


Siang yang panas tak menyurutkan niat saya untuk mengunjungi studio Papermoon Puppet Theatre. Melalui akun instagram, mereka mengabarkan akan membuka studio visit dengan batas waktu pukul 10.00 pagi hingga pukul 1.00 siang. Waktu yang hanya sebentar dan saat saya sampai Rumah Papermoon yang berada di desa Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul sudah tampak beberapa mobil berplat luar Jogja yang memenuhi jalanan sekitar studio milik mereka.

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Biasanya jika ingin berkunjung, kita harus mengirim email permintaan untuk berkunjung terlebih dahulu agar tidak kecewa saat berkunjung karena kadang studio kosong tidak ada penunggunya, mengingat anggota Papermoon Puppet Theatre juga memiliki kesibukan pribadi masing-masing. Nah, studio visit menjadi kesempatan untuk mengenal Papermoon Puppet Theatre dengan personel yang lengkap. Tidak ada jadwal pasti studio visit diadakan. Jadi harus sering melihat postingan di instagram mereka.

Masuk ke Rumah Papermoon, kita akan melihat banyak properti yang digunakan untuk pertunjukan. Saya melihat boneka pertunjukan "Secangkir Kopi Dari Playa", yang terkenal lewat film Ada Apa Dengan Cinta 2 terpajang di salah satu sudut Rumah Papermoon. Cerita lengkap Secangkir Kopi Dari Playa dapat dilihat disini. Ceritanya hampir mirip dengan kisah Rangga dan Cinta. Boneka ini menjadi paling favorit pengunjung untuk diabadikan. Di beberapa sisi lain terdapat boneka-boneka lain yang juga digunakan untuk pertunjukan. Beberapa properti seni juga tertempel di dinding, dengan penataan yang artistik. Area bangunan yang luas dan jendela besar di Rumah Papermoon membuat kesan nyaman dan sejuk walau di dalam ruangan.

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Rumah Papermoon ini berlantai dua. Di lantai dua yang luasnya tidak seluas lantai satu digunakan untuk mini workshop saat saya berkunjung. Pesertanya adalah anak-anak. Anak-anak diajari untuk membuat kesenian dengan media kertas karton. Mereka sangat antusias dan terlihat senang. Di lantai dua terlihat juga beberapa properti boneka yang ditumpuk, jumlahnya cukup banyak. Papermoon Puppet Theatre tentunya butuh properti yang memadai. Mereka membuat sendiri properti boneka dan lain-lain yang akan digunakan di studio ini.

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Yang sedikit mengejutkan saya, Rumah Papermoon ini tepat berada di samping kuburan. Kreatif juga ide mereka, karena pasti akan mendapat kesunyian yang lebih untuk menghasilkan karya. Kesunyian dan karya adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Di luar bangunan utama Rumah Papermoon terdapat kios kecil berbentuk rumah unik yang menjual merchandise mereka. Pendiri Papermoon Puppet Theatre, mbak Ria terlihat bercengkerama dengan beberapa personelnya. Saya tak sempat berbincang dengan dia. Saya lalu menuju kios saja untuk mengobati penasaran saya. Melihat apa saja merchandise yang dapat menjadi kenang-kenangan.

Yang paling utama di kios ini adalah kaos, merchandise kaos dengan gambar boneka dijual di kios kecil ini. Lalu ada beberapa kartu pos, properti seni dan yang paling menarik menurut saya adalah DVD pertunjukan mereka. DVD tersebut dikemas dengan sangat unik. Masing-masing sampul DVD dibuat berbeda-beda menurut judul pertunjukan yang ditampilkan. Sayang saya tidak sempat bertanya berapa harga-harga merchandise yang ditawarkan.

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre

Papermoon Puppet Theatre


Hanya sebentar saya bisa berkunjung di Rumah Papermoon ini. Untuk berkunjung secara pribadi silakan kirim email permintaan kunjungan ke papermoonpuppet@gmail.com. Jika malu-malu untuk kirim email, tentunya wajib selalu perhatikan postingan Papermoon Puppet Theater di instagram mereka jika ada studio visit. Untuk lokasi Rumah Papermoon ini yang pertama dan paling penting kalian harus menemukan lapangan Sembungan atau SDN Sembungan yang berada di dekatnya. Rumah Papermoon berada di desa sebelah barat lapangan Sembungan dengan melewati jalan kecil di samping utara lapangan sembungan. Untuk lebih jelasnya lihat peta dibawah ya, itu adalah letak SDN Sembungan. Jika tersesat jangan malu bertanya ya.

Rumah Papermoon (Papermoon Puppet Theatre)
Desa Sembungan RT. 2, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Utara SDN Sembungan ada lapangan Sembungan, dari lapangan masuk ke barat melalui jalan di utara lapangan, lalu belok ke utara pada pertigaan pertama melewati jalan kampung sekitar 200 meter, Rumah Papermoon ada di kiri jalan (agak masuk kedalam).
 

Share this

Content Creator, Founder @nyetritbareng, Admin @kopi.web.id, 5th Place Winner APWI Kemenpar 2018 & 4th Place Winner APWI Kemenpar 2019.

Related Posts

Previous
Next Post »

31 comments

Write comments
15 Juli, 2016 07:32 delete

Aku pribadi kurang suka sama karakternya, wajahnya kok sendu begitu sih? Jd sedih liatnya..*kurang paham asal muasalnya sih.

Reply
avatar
15 Juli, 2016 13:26 delete

Ceritanya memang menceritakan kesedihan mbak, mirip sama AADC cuman lebih lama. Mereka terpisah 40 tahun, padahal sudah merencanakan menikah..

Reply
avatar
07 Oktober, 2016 10:07 delete

Penasaran banget sama tempat ini sesudah liat film AADC2. One day aku ke Jogja wajib mampir kesini nih. Thanks infonya ya, mas :).

mollyta(dot)com

Reply
avatar
08 Oktober, 2016 12:29 delete

belom lama ini mereka pentas di Jakarta loh

Reply
avatar
08 Oktober, 2016 23:24 delete

Mas,
Mau tanya kalau di jogja ada jadwal pertunjukan rutin ga ya?

Saya telat dapet info tentang acara di jakarta pekan ini. :(

Reply
avatar
10 Oktober, 2016 08:56 delete

Tidak mbak, tp kalau mau visit studio bisa janjian ke mereka saat mereka ada di Jogja

Reply
avatar
20 Oktober, 2016 22:30 delete

Saya pernah lihat workshopnya. Pas mau lihat shownya, gak jadi karena saya udah keburu cape :D

Reply
avatar
28 Oktober, 2016 08:38 delete

Saya juga belom pernah liat shownya mbak.. Jogja malah jarang main..

Reply
avatar
08 November, 2016 08:20 delete

Agak seram gitu ya bonekanya.

Reply
avatar
08 November, 2016 10:40 delete

Salah satu tempat yg pengen banget aku datangin. Aku ngefans berat sama Ria papermoon & salut banget sama pencapaian & kreatifitasnya :)

Reply
avatar
08 November, 2016 11:27 delete

Wah lengkap banget reviewnya, sampe ada petanya segala. Studio ini jadi viral berkat film AADC2 ya? Hebat. Memang seharusnya di Indonesia ada lebih banyak film yg mengekspos seni dan budaya bangsa kita sendiri seperti AADC2

Reply
avatar
08 November, 2016 14:01 delete

wah tempatnya unik...jadi pengen kesana...tapi kudu kirim email dulu yakk..

Reply
avatar
09 November, 2016 06:47 delete

Ayo ke Jogja mbak awal Desember mereka akan pentas di UGM

Reply
avatar
09 November, 2016 06:53 delete

studionya banyak yang nyari tapi mereka jarang di tempat.. Oh iya awal desember mereka pentas mas, di UGM...

Reply
avatar
09 November, 2016 06:54 delete

Iya dan harus rombongan, awal desember mereka pentas di UGM loh...

Reply
avatar
09 November, 2016 18:50 delete

ini berati ga ada jadwal tertentu pentasnya ya mas, musti hubungi dulu pihaknya ya. Itu kalau mainnya pas malem merinding juga ya apalagi deket kuburan gt huahahh

Reply
avatar
09 November, 2016 20:16 delete

Dia pernah membaca atau melihat tentang papermoon Show di Instagram dan Facebook dan semuanya mengatakan menarik. Udahan saya juga punya kesempatan ikut menonton pertunjukan mereka. Apalagi kalau pas mereka ke Jakarta :)

Reply
avatar
15 November, 2016 12:09 delete

Tempatnya lucu banget mbaaa...
Oh iya waktu baca tulisan "studio kosong tidak ada penunggunya" saya kok malah mikir yang aneh aneh yaa hahhaa
Apalagi di bawahnya ditulis kalau tempatnya dekat kuburan, kalau saya bukan dapat kesunyian malah takut kali ya hahaa.

Trus itu DVD nya keren euy bisa 3d gitu..
Mbak beli ?

Reply
avatar
17 November, 2016 08:27 delete

:) Itu cuman covernya yang 3D, enggak aku gak beli, hanya temen yang beli.. #lagibokek

Reply
avatar
17 November, 2016 08:29 delete

Ke Jogja mbak ayo nonton lagi

Reply
avatar
30 Desember, 2016 06:29 delete

ini kalau dateng kesana bayar berapa mas? aku kurang cocok dengan film aadc 2. kurang sip. Tapi berkat film itu, aku penasaran sama tempat-tempatnya. salah satunya jadi pengen liat teater boneka ini langsung

Reply
avatar
03 Januari, 2017 10:36 delete

Kesana gratis kok, kalau bisa rombongan biar bisa disambut tp kontak via email dulu

Reply
avatar
24 Maret, 2017 01:16 delete

Kalau boleh tahu, di jogja pementasannya kapan dan dimana ya? Pengen bgt nonton

Reply
avatar
15 April, 2017 21:22 delete

Kapan pentas lagi dijogja mas 😢, I miss this

Reply
avatar
26 Mei, 2017 14:06 delete

Bantu jawab mengenai wajah boneka, mungkin yang dimaksud seram karena mereka terlihat tidak tersenyum. Menurut penjelasan dari Papermoon, saya dengar mereka sengaja dibuat dengan mimik wajah yang datar. Sehingga saat dipentaskan dalam teater boneka, ada banyak peran/karakter yang bisa muncul :)

Reply
avatar
23 November, 2018 09:26 delete

Sukses n berstudio.. makin kreatif produktif....

Reply
avatar
Anonim
20 September, 2020 19:56 delete

ini lokasinya bisa ditempuh kendaraan bermotor saja atau bisa mobil?

Reply
avatar
20 September, 2020 20:24 delete

untuk menuju kesana bisa hanya naik motor saja atau mobil juga bisa?

Reply
avatar

Add your comment EmoticonEmoticon